Kapasitas Sama Tapi Tenaga New Honda Brio Satya Lebih Tinggi, Apa Rahasianya ? | Mobilmo.Com
Saturday , August 19 2017
Home / Review Mobil / Mobil Honda / Kapasitas Sama Tapi Tenaga New Honda Brio Satya Lebih Tinggi, Apa Rahasianya ?

Kapasitas Sama Tapi Tenaga New Honda Brio Satya Lebih Tinggi, Apa Rahasianya ?

New Honda Brio dan Brio Satya belum lama ini telah mendapatkan penyegaran, da telah dipamerkan saat ajang IIMS 2016 yang lalu. beberapa ubahan diusung oleh mobil LCGC dari Honda ini termasuk di bagian dapur pacu nya yang diklaim lebih bertenaga.

New Brio Satya warna biru

Muhamad Zuhdi Service Senior Manager PT Honda Prospect Motor (HPM) Mengatakan, meskipun kapsitas mesinnya sama dengan generasi yang sebelumnya, mesin terbaru New Honda Brio dan Honda Brio saat ini mampu menghasilkan tenaga sekitar 89 Tk dari generasi yang sebelumnya sebesar 87 Tk.

“Mesin new HondaBrio naik dari 87 Tk jadi 89 Tk. Meskipunkapasitasnya sama 1,2 liter,” kata dia.

Zuhdi juga menuturkan, untuk membuat tenaga mesin New Honda Brio dan Brio Satya menjadi naik, pihak Honda melakukan beberapa ubahan dibagian mesinya diantaranya Penerapan piston pattern coat , gunanya untuk meningkatkan ketahanan aus piton serta dinding silinder. “Ini diterapkan untuk mengurangi friksi.”

Tak hanya itu saja mesin kapsitas 1,2 liter tersebut juga menerapkan molybdenum shot coating pada main bearing, intake manifold dari bahan plastik guna memangkas bobot dan colling control spacer. Apkikasi tersebut berguna untuk menjaga temperature mesin agar tetap stabil.

Berbeda dengan generasi yang sebelumnya yang hanya mengususng transmisi manual saja, kali ini New Brio dan Satya telah mengususng sisitem transmisi otomatis (CTV) sehingga membuat akselerasi mesin lebih halus. “Beda dengan otomatis AT yang masih ada gejala shock shift. Di CVT lebih halus,”tambah Zuhdi.

Adapun teknologi mesin yang diusung New Honda Brio dan Satya adalah i-VTEC 1,2 liter yang menghasilkan tenaga 89 Tk pada 6.000 rpm serta Torsi 110 Nm pada 4.800 rpm. Sedangkan generasi sebelumnya adalah teknologi mesin 1.2 L SOHC dengan tenaga sekitar 87 Tk pada 6.000 rpm serta torsi 109 Nm pada 4.500 rpm.