7 Langkah Tepat Dalam Perawatan Mobil Matic Anda

07/12/2017 | Mobilmo.com

Perawatan mobil matic menjadi bagian penting yang wajib untuk Anda perhatikan, utamanya jika Anda memiliki mobil matic. Berbeda dengan jenis mobil manual untuk mobil matic ia hadir dengan transmisi otomatis, sehingga penggunaannya pun jauh lebih mudah, utamanya jika dibandingkan dengan jenis kendaraan atau mobil manual. Berikut ini adalah beberapa langkah tepat yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perawatan mobil matic, diantaranya :

  1. Lakukan service mobil

Service mobil adalah kegiatan rutin yang wajib untuk dilakukan oleh mobil matic. Pasalnya dengan service secara rutin, maka performance dari mobil matic itu pun akan berjalan dengan lebih lancar, tenang dan sesuai dengan harapan para penggunanya.

  1. Penggantian oli mesin dan oli transmisi

Ketika melakukan service hal lain yang juga tidak kalah penting untuk Anda lakukan dalam perawatan mobil yang satu ini adalah mengganti oli mesin yang dimilikinya, sehingga mesin dari kendaraan itu pun dapat berjalan dengan lebih aman dan nyaman. Sedangkan untuk oli transmisi otomatis juga wajib untuk diganti secara rutin, hal ini berkaitan dengan fungsinya yang berperan penting dalam penggunaan mobil matic.

  1. Cek valve serta oli transmisi

Untuk mobil matic  ia seringkali mengalami masalah pada bagian gasket yang dimilikinya, baik itu masalah dalam bentuk kebocoran atau bahkan kerusakan. Hal ini berbeda dengan jenis mobil manual. Lebih dari itu valve dari mobil matic juga seringkali mengalami kerusakan serta kebocoran utamanya jika mobil tersebut telah melakukan pemindahan tuas dengan keras yang juga disertai dengan hentakan gas.

  1. Ganti oli transmisi ketika musim hujan, dan lingkungan di sekitar banjir

Memasuki musim hujan, dan lingkungan di sekitar Anda pun berubah menjadi banjir, tidak jarang hal ini menimbulkan beberapa masalah pada mobil yang Anda miliki seperti halnya air yang masuk ke bagian gearbox dan juga lainnya, masalah yang satu ini tidak bisa Anda biarkan begitu saja. pasalnya jika dibiarkan maka mobil matic yang Anda miliki pun akan mudah rusak, utamanya pada bagian transmisi serta kemacetan pada bagian gear yang dimilikinya.

  1. Menjaga kinerja transmisi

Untuk menjaga kinerja transmisi dari kendaraan atau mobil yang Anda miliki, maka hal ini dapat dilakukan dengan mudah melalui pengecekan sendiri. Seperti halnya menyimpan tuas pada transmisi D atau bahkan R, setelah itu pastikan untuk melepas rem. Apabila mobil matic yang Anda miliki tidak bermasalah , maka ia pun akan langsung bergerak dan begitu pun sebaliknya.

  1. Uji jalan

Perawatan lain yang juga tidak kalah penting untuk dilakukan oleh jenis mobil yang satu ini adalah pengujian yang dilakukan dengan cara berkala. Pengujian pun dapat dilakukan dengan menjalankannya , setelah itu cobalah untuk memindahkan perseneling. Dalam melakukan hal yang satu ini Anda dapat merasakan pemindahan perseneling dengan seksama. Jika pada saat melakukan pemindahan perseneling terdapat bunyi atau suara berisik sera mobil yang terguncang, maka dapat dipastikan bahwa mobil yang Anda miliki telah bermasalah.

  1. Panaskan mobil

Memanaskan mobil matic sebelum melakukan perjalanan menjadi bagian penting yang wajib untuk Anda lakukan. Hal yang satu ini seringkali dianggap sebagai hal sepele, namun jika tidak dilakukan, maka bukan tidak mungkin mobil matic Anda mengalami masalah yang cukup fatal, karena itulah ada baiknya untuk melakukan hal yang satu ini sebagai bentuk perawatan sederhana bagi mobil matic yang Anda miliki agar lebih tahan lama.

Itulah kiranya penjelasan singkat dari 7 langkah perawatan mobil matic yang tepat untuk Anda lakukan.