Akankah Mitsubishi XM Concept Bakal Geser All New Pajero Sport? | Mobilmo.Com
Sunday , February 26 2017
Home / Berita / Mitsubishi / Akankah Mitsubishi XM Concept Bakal Geser All New Pajero Sport?

Akankah Mitsubishi XM Concept Bakal Geser All New Pajero Sport?

Hingga sampai saat ini Mitsubishi Pajero Sport masih menjadi tulang punggung dari pada penjualan kendaraan penumpang yang dipersembahkan oleh KTB (Krama Yudha Tiga Berlian Motors) sebagai distributor resmi mobil Mitsubishi di Indonesia.

Kelihatannya hal tersebut tidak akan lagi bertahan lama dikarenakan Mitsubishi XM Concept memiliki potensi untuk menggantikan posisinya ketika sudah diproduksi secara massal.

Imama Chaeru Cahya selaku Head of MMC Sales and Marketing Group KTB menyatakan, semenjak Januari hingga bulan Desember 2016 All New Pajero Sport 4×2 laku terjual hingga 17.164 unit. Sedangkan untuk All New Pajero Sport 4×4 terjual sebanyak 1.960 unit.

Artinya, total seluruh penjualan mobil SUV yang menjadi pesaing terberat All New Toyota Fortuner ini bisa mencapai 19.124 unit, atau terjual 1.593 unit dalam setiap bulannya.

Secara keseluruhan, sepanjang tahun 2016 yang lalu PT KTB mampu menjual sebanyak 67.176 unit. Penjualan sebanyak itu termasuk didalamnya passanger car dan juga LCV (Light Comercial Vehicle).

Sedangkan yang lainnya adalah, Mitsubishi Mirage terbaru 2016 yang terjual sebanyak 3.220 unit, Mitsubishi Outlander Sport terjual sebanyak 1.683 unit, Mitsubishi Triton sebanyak 6.757 unit, Mitsubishi Colt L300 sebanyak 21.4343, serta Mitsubishi T-120 SS terjual hingga 14.648 unit.

Dalam waktu yang bersamaan Imam juga menyatakan, Mitsubishi XM Concept yang akan hadir sebagai calon mobil MPV murah itu diprediksi bakal terjual sebanyak 5.000 unit per bulannya. Meskipun Ia tak mengatakan secara eksplisit kalau model ini nantinya yang akan menggantikan kedudukan All New Pajero Sport, akan tetapi hal tersebut dapat disimpulkan melalui perbandingan dalam penjualan.

Harapannya mencapai 60.000, jadi kalau dirata-ratakan sekitar 5000 unit per bulan,” ujar Imam dalam acara Mitsubishi Special Edition di Paragon Mall, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (26/1/2017).

Sebagai tambahan informasi, Mitsubishi XM Concept merupakan mobil konsep yang pertama kalinya dikenalkan di pameran otomotif GIIAS pada bulan Agustus tahun 2016 lalu. Mobil tersebut masuk pada kelas low MPV, akan tetapi desain yang dibawanya terinspirasi dari mobil SUV. Tak heran jika kehadirannya nanti bakal menjadi pesaing terberat Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan deretan mobil-mobil MPV lainnya.

Lihat juga : Video Teaser Mitsubishi XM Concept – SUV MPV Tangguh Di Segala Medan

Sedangkan untuk perakitannya sendiri, XM Concept bakal di produksi di pabrik Mitsubishi terbaru di Indonesia, yakni di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat sekitar semester dua tahun ini.

Yang bakal menjadikan penasaran bagi konsumen, saat diproduksi massal nanti ternyata mobil tersebut tidak akan memakai nama XM, akan tetapi ada nama lain Mitsubishi XM yang sudah dipersiapkan KTB.

Imam juga berharap, Mitsubishi XM Concept ini nantinya mampu meningkatkan pangsa pasar mereka di kelas mobil penumpang.

Dalam hal penjualan secara total pun sebetulnya mobil low MPV yang menjadi sasaran Mitsubishi XM ini memang jauh lebih besar peluangnya jika dibandingkan dengan mobil SUV yang selama ini menjadi sasaran All New Mitsubishi Pajero Sport.