Awas, Berteduh Sembarangan Saat Hujan Bisa Picu Kecelakaan

20/10/2017 | Mobilmo.com

Musim berganti, hujan mulai turun di beberapa wilayah Indonesia. Bagi pengguna jalan raya, kehadiran cuaca baru yang basah menjadi hal serius yang harus diperhatikan. Agar waktu tidak terbuang untuk berteduh, persiapan dalam berkendara agar tak kehujanan menjadi prioritas bagi pengendara sepeda motor. Salah satu yang terpenting dan jangan sampai tertinggal adalah jas hujan. Sayang, untuk hal sepenting ini, masih banyak pengendara yang menyepelekan keberadaannya. Jas hujan acap kali ditinggal di rumah, atau dibawa tapi enggan untuk memakainya dengan berbagai macam alasan. Mereka lebih memilih mencari tempat berteduh.

Bukannya kenyamanan yang didapat, terkadang pilihan mereka berteduh malah menimbulkan persoalan baru bagi lingkungan sekitar. Yang paling sering, perilaku mereka kerap mengganggu pengguna jalan yang lain, baik itu motor maupun pengendara mobil karena mengambil ruang jalan yang semestinya digunakan untuk kendaraan berlalu lalang. Hampir tidak ada bedanya mereka yang berteduh di bawah jembatan penyeberangan, jembatan layang, atau yang di dalam terowongan underpass. "Ini jadi cermin keegoisan pengguna motor. Berhenti berteduh harusnya tidak di sembarang tempat karena mengganggu jalan pengendara lain," kata Jusri Pulubuhu selaku Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) beberapa waktu lalu kepada media.

Menurut Jusri, mereka yang berteduh sebenarnya tahu kalau perilaku mereka mengambil ruang jalan untuk kendaraan sebenarnya salah. Namun karena sikap menang sendiri dan egois yang tinggi mereka justru menjadi lebih galak dan mudah marah saat dimintai memberi jalan untuk kendaraan yang mau lewat. Sepertinya keadaan jalan raya membuat banyak orang jadi berubah watak dan kurang memiliki toleransi dengan yang lain. Padahal sebenarnya cara mengatasinya cukup mudah. Tanamkan kebiasaan mempersiapkan diri saat mau berkendara dengan sepeda motor, terutama membawa jas hujan pada saat musim hujan tiba. Kalau tak ingin kaki kedinginan karena kehujanan, bawalah sepatu karet yang khusus buat menembus hujan.

"Bukannya tidak boleh, namun tempat juga harus diperhatikan. Bisa jadi saat berteduh menyebabkan kecelakaan pengguna jalan lain. Ini karena saat cuaca hujan, potensi bahaya bertambah. Tidak hanya dari cuaca juga sekeliling termasuk motor atau pengendara yang berteduh sembarangan tadi," sambung Jusri. Benar memang kata Jusri, potensi bahaya musim hujan selalu meningkat. Selain kecelakaan di jalan raya karena jalan terhambat oleh orang-orang yang berteduh sembarangan, potensi bahaya juga bisa muncul karena cekcok dengan orang lain.