Begini Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil yang Benar

17/10/2017 | Mobilmo.com

Rem tangan merupakan salah satu komponen  yang dijadikan sistem keselamatan pada Mobil. Gunanya  adalah sebagai pengunci roda belakang supaya tidak dapat bergerak maju ataupun mundur saat melakukan parkir. Bayangkan jika tidak ada rem tangan, maka Anda tidak bisa melakukan parkir di turunan ataupun tanjakan. Bahkan jalan yang lurus akan repot karena harus mengganjal roda Mobil. Namun banyak sekali orang yang kadang tidak tahu menahu cara menggunakan rem tangan dengan benar. Menggunakan rem tangan yang keliru, menjadikan kabel rem lebih cepat putus. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda harus mengeluarkan dana tambahan untuk memperbaikinya. Jangan menggunakan rem tangan secara sembarangan, karena jika kabel putus  harus dilakukan pergantian dan harga kabel rem cukup lumayan mahal. Pada rem tanga terdapat 2 kabel rem, jika terjadi masalah seperti putus maka harus segera diganti. Harga kabel rem adalah sekitar 500 ribuan per kabelnya.

mengemudi di jalan tanjakan dan menggunakan rem tangan sebagai sistem pengeremannya, maka sebelum Anda menambahkan gas pada Mobil Anda pastikan rem tangan dalam keadaan unlock. Jadi saat Anda melepaskan rem tangan dan menambahkan gas, harus stabil dan seimbang. Jangan sampai saat Anda menambahkan gas terlalu besar dan rem tangan masih keadaan mengunci kencang. Hal tersebut menjadikan kabel rem tangan tertarik dan dapat beresiko mudah putus.

Cara Merawat Rem Tangan

Selain penggunaan, rem tangan juga memerlukan perawatan. Dalam merawat rem tangan Mobil sebenarnya bisa dibilang susah –susah gampang. Hal tersebut harus dilakukan dengan membongkar ban dan dilakukan penyetelan pada bagian rem. Hal tersebut memang susah dilakukan, akan tetapi Anda bisa melakukannya saat Anda melakukanb servis secara berkala dan meminta bengkel Mobil untuk melakukan penyetelan, dengan kondisi sudah disetel tentu akan lebih nyaman dalam menggunakan rem tangan.