Beginilah Cara Merawat Pintu Mobil dengan mudah

14/12/2017 | Mobilmo.com

Merawat sebuah Mobil pribadi atau keluarga merupakan tugas pemiliknya. Namun kadangkala pemilik kendaraan hanya merawat bagian mesin saja. Padahal dalam melakukan perawatan Mobil harus dilakukan secara menyeluruh pada tiap bagian. Salah satunya adalah merawat pintu Mobil yang dapat dilakukan secara berkala. Hal tersebut tentunya berguna untuk pengendara sendiri demi menambah kenyamanan dalam berkendara. Merawat pintu Mobil dilakukan supaya kondisinya tetap prima, seperti kaca pada pintu Mobil dan komponen lainnya. nah bagi Anda yang masih belum tahu, kali  ini akan diberikan tips merawat pintu Mobil dengan mudah.

Cara merawat pintu Mobil dengan mudah Dalam merawat pintu Mobil terdapat beberapa bagian yang harus diperhatikan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat di bawah ini:

  1. Membuka bagian trim
Dalam melakukan eksekusi pertama dengan membuka trim pintu atau panel penutup dengan keadaan kaca pintu Mobil diturunkan ke bawah. Setelah itu bukalah baut yang dijadikan pegangan pintu dan juga gagang pintunya dengan menggunakan bantuan obeng plus. Selanjutnya Anda melepaskan tuas pemutar kaca yang dilakukan dengan mencungkil pinnya.
  1. Membuka bagian panel pintu
Untuk tahapan kedua dalam merawat pintu Mobil adalah dengan membuka panel pintu. Untuk menggunakannya dengan bantuan obeng min (-) dengan dicungkil. Jika Mobil milik Anda sudah menggunakan power windows sebaiknya melepaskan sakelarnya terlebih dahulu. Perhatikan juga bagian list kaca, gunakanlah kuas serta solar untuk membersihkan  kotoran yang menempel. Apabila telah selesai kemudian melakukan pengelapan terhadap bekas solarnya.

  • Membersihkan bagain regulator
  • Selanjutnya membersihkan gigi regulator sampai bersih dan tidak ada kotoran yang masih menempel. Apabila dipastikan bersih olesilah dengan menggunakan gemuk sebagai pelumas supaya tidak keras. Selain itu bersihkan juga dan olesi gemuk pada bagian penimbang regulator, rel atas dan juga rela bawah yang merupakan penggerak tangkai regulator.
    1. Menyetel bagian kaca
    Untuk melakukan penyetelan bisa dilakukan dengan menaikkan kaca Mobil dalam posisi setengah. Setelah itu kendorkan baut yang digunakan untuk menimbang dan dilakukan penyetelan pada kaca Mobil. Apabila sudah dipastikan tidak miring kencangkanlah kembali baut penimbangnya.
    1. Mengecek bagian pintu
    Lihatlah pada bukaan pintu keluar, apakah terdapat pergeseran atau tidak. Apabila setelah diperhatikan ternyata ada pergeseran maka lakukanlah perbaikan dengan memberinya pelumas semprot. Hal yang memang membutuhkan perhatian adalah pada saat melakukan penyemprotan sebaiknya sambil memainkan pintu bukaannya dari luar dan dalam. Apabila setelah melakukan hal tersebut ternyata tidak terjadi pergeseran kembali, berarti Anda sukses dalam melakukannya.
    1. Memeriksa bagian tangkai besi pada pengunci pintu
    Apabila telah melakukan pengecekan di atas, selanjutnya yang harus dicek yang juga penting adalah memeriksa pada bagian tangkai besi pengunci pintu. Jangan lupa juga bagian bawah yang memiliki fungsi untuk menggerakkan kunci. Apabila dalam melakukan pengecekan ternyata menemukan karat atau kotoran, maka segeralah untuk dilakukan pembersihan dengan menggunakan air sabun atau solar. Setelah dipastikan bersih selanjutnya memberi pelumas supaya kondisinya bisa maksimal.

  • Memasang pintu kembali
  • Untuk langkah yang terakhir dalam merawat pintu Mobil adalah memasang kembali pintu Mobil ke posisi awal. Langkahnya dengan memasang panel pintu dan sakelar yang Anda lepaskan sebelumnya. Untuk sakelar ini khusus buat Mobil telah menggunakan power windows. Dalam melakukan perawatan pintu Mobil di atas hendaknya dilakukan 6 bulan sekali agar tetap dalam kondisi maksimal dan tidak cepat mengalami kerusakan.