Belajar Mengemudi Mobil di Tikungan Sempit Agar Cepat Bisa

25/03/2018 | Mobilmo.com

Mengemudi Mobil terbilang cukup mudah bila berjalan di lapangan atau jalanan sepi yang lurus. Yang sulit itu ketika melewati belokan atau di jalanan yang ramai. Sebenarnya yang terpenting adalah skill dan juga waktu yang tepat untuk berbelok. Selain itu yang perlu diperhatikan lagi adalah lebar jalanan. Mungkin jika jalanannya lebar hal tersebut tidak sesulit yang dikira. Akan tetapi apabila mengemudi Mobil di tikungan sempit tentu hal yang lebih susah.

Jalanan yang sempit biasanya kita temui di jalanan perumahan atau pedesaan. Bahkan jalan menuju garasi rumah pun ada yang sempit. Oleh sebab itu sangat diperlukan untuk dapat mengontrol Mobil saat membelok di gang sempit. Namun tenang, kali ini akan diberikan pembelajaran mengenai cara mengemudi Mobil di tikungan sempit. Tujuannya supaya Anda bisa melewati tikungan walaupun tidak selebar di jalan raya.

Kali ini pembelajarannya untuk menghadapi tikungan, jadi bagi Anda yang masih belum mengerti cara mengontrol gas dengan baik sebaiknya belajar terlebih dahulu sebelum masuk tahapan ini. Nah berikut ini merupakan tutorialnya dengan jelas, semoga bisa membantu Anda untuk lebih lihai dalam membelokkan Mobil di tikungan.

  1. Nyalakan lampu sein

Lampu sein merupakan hal terpenting ketika akan melintasi belokan. Jangan sampai Anda langsung belok tanpa lampu sein dinyalakan. Karena hal ini bisa berbahaya akibat tidak ada tanda sehingga membuat pengendara lain kaget karena Anda tiba-tiba berbelok.

Lampu sein merupakan hal penting saat akan berbelok

  1. Memutar kemudi Mobil

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memutar kemudi Mobil. Jika dilihat memang sepele, namun dalam hal praktek tidak semudah yang dikira. Setelah Mobil berada di jalan yang lurus dan ditemukan belokan atau pertigaan maka Anda harus memutar kemudi untuk berbelok. Jika Mobil dalam keadaan pelan, Anda bisa memutar kemudi saat ban depan tepat berada sejajar dengan pojokan jalan lurus.

Melintasi belokan sempit perlu konsentrasi yang berlebih

Namun hal tersebut tidak berlaku apabila laju Mobil agak cepat. Jadi pada intinya memutar kemudi tergantung kecepatan Mobil. Hal ini bisa dilakukan dengan perkiraan yang pas dan kebiasaan melewati tikungan. Oleh sebab itu Anda harus fokus ketika akan menghadapi tikungan, apabila dirasa waktunya berbelok tinggal putar kemudi saja.

>>> Mungkin tertarik, Memanaskan Mobil Dengan Sembarangan Bisa Menimbulkan Bahaya

  1. Menahan Putaran kemudi

Langkah selanjutnya untuk mengemudi Mobil di tikungan sempit adalah menahan kemudi. Setelah Anda memutar kemudi secukupnya Anda harus menahan kemudi agar tidak kembali ke posisi awal. Tahanlah dengan kuat namun tetap dalam keadaan rilex, supaya konsentrasi tidak buyar.

Jangan lupa melihat spion Mobil saat melintasi belokan

  1. Koreksi

Untuk langkah selanjutnya adalah mengoreksi kemudi Mobil saat berada di belokan. Langkah ini paling penting ketika Anda melewati belokan.  Jadi ketika kemudi diputar maka Mobil akan mulai bergerak membelok, barulah Anda tahan sampai melaju sedikit dan koreksilah. Apabila terasa kurang membelok maka Anda bisa menambah putarannya. Begitu juga sebaliknya, jika terasa Mobil berbelok terlalu ke dalam maka Anda bisa mengurangi putaran kemudi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips pengemudian lainnya

  1. Kembali ke jalan

Langkah terakhir dalam mengemudi Mobil di tikungan sempit adalah mengembalikan Mobil ke jalan yang lurus. Jadi sebelum Anda menyelesaikan belokan secara penuh, membalikkan kemudi ke arah berlawanan sangat diperlukan. Tujuannya adalah untuk meluruskan Mobil dengan jalanan. Jika menunggu jalanan menikung sampai habis baru membalikkan kemudi, maka Mobil akan terlalu berbelok dan akan sulit untuk meluruskannya.

Selalu rilex saat mengemudi atau melintasi belokan

Ingin lebih jelas, bisa melihat video di bawah ini:

Nb. Dalam melakukan langkah di atas sangat perlu untuk memperhatikan spion Mobil. Tujuannya adalah untuk melihat kondisi sekitar apakah terlalu berdekatan dengan pinggir jalan atau benda yang berada di pinggiran.

Demikianlah informasi tentang tips mengemudi Mobil di jalan sempit. Utamakan keselamatan dan jangan terlalu naik darah saat terjadi masalah dengan pengendara lain.