Tips Berhenti di Pinggir Jalan yang Aman | Mobilmo.Com
Home / Tips Trik / Pengemudian mobil / Tips Berhenti di Pinggir Jalan yang Aman

Tips Berhenti di Pinggir Jalan yang Aman

Berhenti di pinggir jalan memang sering dilakukan oleh pengendara Mobil. Hal tersebut dikarenakan faktor istirahat atau sedang ada telpon dari teman. Sebenarnya hal tersebut tidak masalah, akan tetapi kadang pengendara Mobil tidak melihat keadaan sekitar sehingga hal yang memang diperlukan menjadi berbahaya bagi pengendara lain. Oleh sebab itulah sangat diperlukan tata cara berhenti di pinggir jalan yang baik dan benar demi keamanan pribadi dan juga pengendara lainnya.

Bagi Anda pengendara Mobil yang ingin berhenti di pinggir jalan sebaiknya mengetahui beberapa tips yang akan diberikan di bawah ini. Tulisan ini terinspirasi dari Saya sendiri yang geram melihat atau berpapasan dengan pengemudi yang asal belok minggir tanpa melihat keadaan. Jika pengendara lain kurang waspada maka bisa terjadi hal yang tidak diinginkan.

Nah berikut ini merupakan beberapa tips berhenti di pinggir jalan yang baik dan benar, mari kita simak.

  1. Cari tempat yang tepat

Tips pertama bagi pengendara ketika akan berhenti sejenak adalah dengan mencari tempat yang tepat. Adapun untuk masalah ini tidak boleh dianggap remeh, karena dengan berhenti di tempat yang tepat menjadikan pengendara lain tidak terganggu dengan Mobil Anda.

Jadi jika ingin berhenti carilah tempat yang dimana di pinggir jalan ada ruang yang kosong atau lebar sekiranya Mobil dapat keluar dari jalan lebih dari 50% badan Mobil atau seluruh badan Mobil. Sering kita temui bukan Mobil berhenti namun badan Mobil masih seluruhnya berada di jalan sebelah pinggir.

  1. Lihat situasi atau belakang Anda

Untuk tiops yang kedua adalah cara berbelok ke pinggir. Jadi sebelum Anda menepi sebaiknya melihat kondisi belakang Mobil Anda, apakah terdapat pengendara lain yang terlalu dekat atau tidak. Jadi ketika ada kendaraan yang terlalu dekat sebaiknya nyalakan lampu sein dan kasih kode klakson atau tangan melambai sambil mengurangi kecepatan secara perlahan supaya kendaraan di belakang menyalip terlebih dahulu. Jika dipastikan aman barulah Anda bisa berbelok, jangan sampai saat ingin berbelok dengan mengerem mendadak langsung berbelok karena hal tersebut sangat berbahaya.

  1. Jangan berhenti di tikungan

Hal ini yang sering membuat geram pengendara lain. Saat Mobil berhenti atau menepi di belokan tentunya pandangan ke arah depan menjadi terhalang, hal tersebut membuat pengendara lain tidak tahu apakah terdapat Mobil yang berpapasan atau tidak. Jika pengendara di belakang langsung menyalip dan di depannya ada Mobil lain berpapasan pastinya dapat berakibat fatal. Oleh sebab itu hindari berhenti di belokan demi keselamatan pengendara lain.

  1. Berhenti setelah belokan

Selanjutnya yang juga tak kalah membahayakan adalah berhenti sehabis belokan. Bagaimana tidak, ketika pengendara melewati belokan dan tiba-tiba terdapat Mobil yang sedang berhenti pastinya dapat mengagetkan. Jika kurang kewaspadaan bisa saja menabrak Mobil yang sedang berhenti tersebut.

  1. Hindari Berhenti di turunan atau tanjakan

Tips terakhir bila ingin berhenti di pinggir jalan adalah jangan berhenti di jalan yang menanjak atau menurun. hal tersebut tentunya juga sangat berbahaya, karena saat Mobil melaju turun otomatis menggunakan sistem pengereman guna memperlambat mobilnya. Akan tetapi saat melihat Mobil di depannya dapat membuat pengereman bekerja dengan keras dan ketika akan menyalip dan di depan ada Mobil lain berpapasan bisa menabrak Mobil yang sedang berhenti tersebut.

Begitu juga sebaliknya, ketika kita melaju di tanjakan akan menggunakan gas yang agak tinggi supaya dapat melintasinya dengan lancar. Akan tetapi bila ada pengendara lain yang sedang berhenti dapat membuat kita menurunkan gas kita. Kalau kondisinya masih bagus tidak masalah, namun bagaimana jika kondisi Mobil sudah tua maka bisa saja akan sulit menaikkan gas kembali.

Jalanan bukan milik pribadi, jadi jangan egois harus saling menghormati antara sesama pengendara baik itu Mobil atau motor dan lainnya.