Ternyata Terdapat Biaya Tambahan Saat Membeli Mobil Bekas Yang Perlu Diketahui

27/03/2018 | Mobilmo.com

Mobil bekas sangat digemari oleh sebagian masyarakat, terutama bagi mereka yang memiliki budget pas-pasan. Namun perlu diketahui, ternyata terdapat biaya tambahan saat membeli Mobil bekas. Tujuannya memang demi kebaikan pembeli bukan untuk siapa-siapa. Oleh sebab itu bagi Anda yang berniat membeli Mobkas sebaiknya menyiapkan budget lebih untuk berjaga-jaga.

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, namanya Mobil bekas pasti ada sesuatu yang membutuhkan biaya. Tidak seratus% tanpa masalah, kecuali Anda membelinya dalam kondisi baru. Lantas apa saja biaya tambahan saat membeli Mobil bekas yang harus dipersiapkan. Mari kita simak ulasannya di bawah ini:

  1. Biaya Provisi

Pada saat Anda membeli Mobil bekas dengan cara bertahap atau cicilan, maka akan ada biaya provisi yang harus dikeluarkan. Biaya ini bisa juga disebut dengan biaya administrasi. Untuk besarnya tergantung dari pihak perusahaan yang memberikan pinjaman kepada Anda. Faktor lainnya yang berpengaruh dengan besarannya adalah harga dari Mobil bekas yang Anda beli.

Saat membeli mobil bekas ada biaya provisi yang harus dikeluarkan

Selain biaya provisi yang dikeluarkan terdapat pula hal lain yang namanya fidusia. Biaya ini merupakan tanda bukti yang digunakan sebagai ungkapan kepercayaan. Pada saat Anda melakukan pengajuan terhadap pihak leasing , maka akan terdapat biaya fidusia dengan kisaran Rp. 50 ribu.

>>> Mungkin tertarik, Beberapa Keuntungan Jika Mengecek Mobil Bekas Sebelum Pembelian

  1. Biaya untuk pengecekan

Ketika akan melakukan pembelian, hal yang sangat disarankan adalah menyewa jasa inspeksi. Tujuannya adalah untuk melakukan pengecekan terhadap Mobil yang Anda pilih apakah masih dalam kondisi bagus atau sudah tidak layak. Dengan begitu Mobil idaman yang Anda beli benar-benar dalam kondisi prima.

Pengecekan bertujuan untuk mendapatkan Mobil bekas berkualitas

Untuk biaya pemeriksaan yang dilakukan oleh jasa inspeksi tergantung dari harga Mobil yang akan dibeli. Selain itu keuntungan yang didapat juga lebih, karena Mobil sudah pasti bagus dan tidak ada biaya perawatan yang berarti kedepannya. Kadangkala ditemui Mobil dengan bagian luar tampak bagus ternyata terdapat masalah serius di dalamnya. Dengan menyewa jasa inspeksi hal tersebut bisa dihilangkan.

>>> klik di sini untuk mengupdate tips jual beli lainnya

  1. Biaya untuk balik nama

Biaya tambahan saat membeli Mobil bekas selanjutnya adalah untuk balik nama. Tentunya Anda ingin bukan memiliki kendaraan atas nama sendiri. Karena jika masih dengan nama orang lain akan ada tambahan dana ketika membayar pajak kendaraan.

Balik nama diperlukan untuk mengubah identitas pemilik Mobil

Dalam pembagian biaya yang harus dibayar ketikan melakukan pembayaran yakni biaya pajak dan non pajak. Untuk poin yang masuk dalam biaya pajak meliputi:

  • Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang nominalnya 1,5% dari nilai jual kendaraan.
  • Biaya Balik Nama Kendaraan bermotor (BBN KB) yaitu 2/3 dari PKB.
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).
  • Administrasi STNK.
  • Biaya Administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Sedangkan poin yang termasuk dalam kategori non pajak meliputi:

  • Biaya pengesahan hasil cek fisik.
  • Pendaftaran balik nama STNK.
  • Biaya pendaftaran balik nama BKPB.

Untuk jumlah biaya yang harus dibayar tergantung dari daerah masing-masing, jadi tidak terpatok di satu daerah saja.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik lainnya

  1. Biaya asuransi

Untuk biaya tambahan saat membeli Mobil bekas yang terakhir adalah dan asuransi. Hal ini menurut Saya cukup penting, karena fungsinya untuk melindungi Anda dan juga Mobil Anda ketika mengalami kecelakaan atau masalah lain. Memang hal ini tergantung Anda, saat membeli Mobkas dengan menggunakan sistem cash maka biayanya memiliki sifat opsional. Maksud dari opsional adalah bisa diambil atau tidak. Akan tetapi untuk pembelian secara kredit, biasanya hal ini diharuskan untuk menjaga Mobil tetap aman.

Jangan lupa mengansuransikan Mobil anda

Untuk besaran biaya premi memang tergantung dari Mobil apa yang akan dibeli. Karena hal tersebut dipengaruhi oleh usia Mobil, misal Mobil tua yang dapat beresiko mengalami kerusakan lebih besar.

Meskipun terdapat biaya tambahan saat membeli Mobil bekas, namun hal tersebut tidak masalah. Biaya di atas sebenarnya untuk kebaikan pembeli dan penjual sebagai langkah keamanan dan juga kenyamanan dalam bertransaksi serta keamanan di jalan.