Cara Mengatasi Mesin Mobil Ngelitik dan Penyebabnya

16/10/2017 | Mobilmo.com

Mesin Mobil merupakan komponen pada kendaraan roda 4 yang berguna sebagai penggerak. Dengan adanya mesin serta komponen lainnya menjadikan Mobil dapat melaju dan digunakan untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Akan tetapi mesin Mobil juga memerlukan perawatan, jika tidak akan menjadikan masalah. Adapun masalah yang sering dialami oleh mesin Mobil adalah overheat. Namun selain itu juga kadang terjadi knocking atau biasa disebut mesin Mobil ngelitik.

  • Tekanan Kompresi tinggi
  • Saringan bahan bakar dalam kondisi kotor
  • Bahan bakar yang digunakan berkualitas rendah
  • bahan bakar yang dipakai di bawah standar yang telah direkomendasikan oleh pihak pabrikan. Jangan tergiur dengan harga murah, tapi fikirkan juga akan kualitas bahan bakar yang akan digunakan pada Mobil Anda. Setelah mengetahui penyebab mesin Mobil ngelitik tentu Anda akan berusaha memperbaikinya. Karena memang mengatasi mesin Mobil ngelitik harus tahu dulu penyebabnya baru bisa dilakukan perbaikan. Nah berikut cara mengatasii mesin Mobil ngelitik.

    Cara Mengatasi Mesin Mobil Ngelitik dengan mudah

    Untuk mengatasi masalah mesin Mobil yang terdengar ada suara nglitik bisa dilakukan setelah mengetahui penyebabnya. Untuk penyebabnya sudah disebutkan diatas ada 4 masalah, nah untuk mengatasinya juga memiliki cara tersendiri. Seperti untuk masalah bahan bakar yang mempunyai kualitas di bawah standar, untuk mengatasinya hanya dengan mengikuti anjuran dari pihak pabrikan. Misalnya Mobil Anda diharuskan untuk menggunakan bbm dengan oktan 92, jadi jangan sampai bahan bakar yang Anda gunakan dibawah oktan 92. Hal tersebut dikarenakan, jika menggunakan bahan bakar di bawahnya bisa menyebabkan mesin tidak bekerja dengan maksimal dan menghadirkan masalah seperti mesin ngelitik. Selanjutnya jika saringan udara yang menyebabkan mesin ngelitik, maka harus dilakukan pembersihan. Jika saringan udara dalam keadaan kotor bisa menyebabkan masalah lain yang berakibat kerusakan pada mesin. cara simpel untuk membersihkan saringan udara yang kotor adalah dengan menyemprotkan angin menggunakan kompresor ke saringan udara tersebut. Sedangkan jika masalah mesin Mobil ngelitik disebabkan oleh kompresinya yang terlalu tinggi, maka bisa dilakukan perbaikan dengan mengurangi kompresinya. Adapun caranya dengan mengatur serta menyeting ulang kompresi pada kinerja mesin Mobil supaya normal kembali. Untuk hal ini bisa diserahkan ke bengkel langganan. Demikianlah informasi tentang penyebab dan cara mengatasi mesin ngelitik yang disajikan untuk pembaca. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya di Mobilmo.com.