Beberapa Dokumen Penting Saat Beli Mobil Bekas Yang Perlu Diperhatikan

07/04/2018 | Mobilmo.com

Pada saat membeli Mobil bekas memerlukan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dara pengecekan tiap bagian sampai melakukan test drive. tujuannya adalah mendapatkan mobil yang cocok dengan kondisi baik tanpa ada masalah. Setelah Anda menemukan Mobil idaman terdapat beberapa dokumen penting saat beli Mobil Bekas. Jangan sampai Anda melalaikan hal ini dan lepas dari perhatian karena Mobil idaman sudah di depan mata.

Dokumen kendaraan ataupun transaksi jual beli merupakan sesuatu yang sangat penting. Fungsinya sebagai surat kendaraan ataupun bukti transaksi jual beli yang telah dilakukan. Kurangnya dokumen penting pada kendaraan bisa menyebabkan masalah di kemudian hari. baiklah, berikut ini merupakan dokumen penting saat beli Mobil bekas yang perlu diperhatikan.

1. Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)

BPKB merupakan dokumen yang harus ada pada kendaraan. Yang dimana ini merupakan bukti bahwa terdapat pemilik sah kendaraan. Jika memiliki Mobil namun tidak ada BPKB bisa saja dituduh sebagai Mobil curian. Jika sudah begitu maka pemilik tidak akan bisa membantah, karena tidak ada bukti yang kuat untuk membuktikan kepemilikan kendaraan.

BPKB merupakan bukti bahwa Mobil yang di bawa milik anda sendiri

Saat membeli Mobil bekas, cocokkan data pada BPKB dengan spesifikasi Mobil. jangan lupa pula melihat nomor rangka yang dimiliki kendaraan dan samakan dengan BPKB. Terdapat 2 macam tampilan BPKB yang sedikit berbeda berdasarkan tahun pengeluarannya.

a. BPKB lama (Dikeluarkan tahun 2008 ke bawah)

  • Memiliki warna biru.
  • Mempunyai 22 lembar halaman.
  • Nomor BPKB tercetak timbul di pojok kanan atas.
  • Terdapat kode huruf di akhir nomor BPKB.
  • Tidak ada nomor KTP pada halaman data pemilik.

b. BPKB Baru (Dikeluarkan tahun 2009 ke atas)

  • Memiliki warna coklat kehijauan.
  • Mempunyai 20 lembar halaman.
  • Nomor BPKB tercetak vertikal di sisi kanan.
  • Tidak terdapat  kode huruf di akhir nomor BPKB.
  • Terdapat Nomor KTP pemilik pada halaman data pemilik.

Untuk melakukan pengecekan masalah keaslian dari BPKB kendaraan, lihatlah pada halaman BPKB. Untuk yang asli terdapat gambar hologram Tri Brata Polri dan juga benang hologram yang akan terlihat dengan menggunakan sinar ultraviolet. Caranya adalah dengan mengarahkannya ke sinar matahari, maka akan terlihat dengan jelas.

>>> Baca juga, Ternyata Terdapat Biaya Tambahan Saat Membeli Mobil Bekas Yang Perlu Diketahui

2. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan lembar pajak

Saat membeli Mobil bekas usahakan mempunyai STNK. Di sini akan terlihat informasi penting, seperti nomor mesin, nomor kendaraan dan nomor rangka. Sesuaikan dengan Mobil yang Anda ingin beli dengan teliti. Selain itu pastikan juga pajaknya terbayar dengan tepat. Jangan sampai setelah deal baru tahu bahwa terdapat tunggakan pajak yang belum dibayarkan. Jika ternyata pajak sudah jatuh tempo, maka Anda bisa bernegosiasi kembali masalah harga.

STNK wajib dibiwa saat perjalanan menggunakan kendaraan

3. Faktur

Perlu diketahui, dokumen penting saat beli Mobil bekas memang sangat penting bagi kenyamanan transaksi Anda. Salah satunya adalah faktur, yang dimana hal ini merupakan bukti pembelian yang diberikan ketika melakukan pembelian Mobil baru. Untuk isi dari dokumen ini meliputi harga penjualan pabrik menuju dealer, nomor rangka, nomor mesin dan juga nama pembeli pertama. Dokumen ini bisa di8bilang surat lahir kendaraan, karena faktur ini yang dijadikan acuan ketika akan membuat BPKB.

Faktur merupakan bukti pembelian yang dijadikan acuan saat membuat BPKB

>>> klik di sini untuk mengupdate tips jual beli lainnya

4.  Form A

Dokumen selanjutnya adalah Form A, yang dimana berisi keterangan  tentang pemasukan kendaraan import yang telah lunas dalam pembayaran bea masuk dan pajak. Untuk Mobil dengan jenis CBU, dokumen ini sangat penting karena dijadikan dasar dalam pembuatan BPKB dan STNK. Data yang ada pada form A sebaiknya disamakan dengan data yang ada pada BPKB.

Dokumen Form A sangat penting untuk kendaraan CBU

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik lainnya

5. Fotocopy KTP pemilik dan Kwitansi kosong

Adapun dokumen penting saat beli Mobil bekas yang terakhir adalah kwitansi kosong dan fotocopy KTP. Kwitansi ini nantinya akan digunakan untuk mempermudah proses balik nama ataupun untuk penjualan kembali ke showroom Mobil bekas dan lainnya.

Fotocopy KTP berguna untuk mencocokkan data dengan dokumen lain

Kwitansi yang diberikan pada umumnya terdapat 2 yaitu:

  • Berisi tandatangan pemilik kendaraan sesuai BPKB
  • Berisi materai dan tanda tangan pemilik kendaraan sesuai BPKB
  • Untuk fotocopy KTP sendiri diperlukan sebagai pencocokan biodata antara pemilik terakhir dengan kendaraan.

Memperhatikan kelengkapan dokumen sangat penting, jika tidak akan ada masalah suatu hari nanti saat ingin menjual kembali ataupun dalam perjalanan.

Demikianlah informasi mengenai beberapa dokumen penting saat beli Mobil bekas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.