Duel City Car, New Brio RS Vs New Mirage Mana Lebih Unggul | Mobilmo.Com
Thursday , January 19 2017
Home / Berita / Honda / Duel City Car, New Brio RS Vs New Mirage Mana Lebih Unggul

Duel City Car, New Brio RS Vs New Mirage Mana Lebih Unggul

New Brio RS Vs New Mirage – Genderang perang segmen City car mulai terlihat. Dua raksasa pabrikan mobil ternama dari jepang,  Honda dan Mitsubishi kembali turun gunung dengan strategi facelift dikelas city car hatchback. Setelah  Honda New Brio RS didebutkan pada bulan April yang lalu tepatnya disaat ajang IIMS 2016, kini giliran Mitsubishi New Mirage mulai diperbincangkan oleh publik sejak tanggal 26 Juli 2016. Jadwal yang pasti, Mitsubishi bakal membuka terudung New Mirage pada perhelatan GIASS 2016 yang kan datang tepatnya dibulan Agustus 2016.

New Brio RS VS New Mirage

Melihat dari prestasi sebelumnya, kedua model ini memang dibilang cukup beriringan menjamu konsumen sebagai mana data dari  wholesales Honda Brio selalu menduduki posisi pertama sedangkan Mirage selalu berkutat diposisi ketiga. Nah setelah penyegaran ini siapakah yang bakal unggul diperingkat teratas selanjutnya?

Saat ini Mitsubishi memang belum resmi mengumumkan tentang spesifikasi ataupun performa mesin yang bakal digendong New Mirage. Namun sebagai gambaran, kami akan mencoba menulis informasi dari laman resmi Mitsubishi Thailand. Nah selengkapnya berikut ulasan perbandingan New Brio RS Vs New Mirage.

Desain Eksterior

Desain eksterior keduanya masih menjunjung gaya khas dari masing masing pendahulunya. Hal ini dilakukan agar nama identitas keduanya tetap bertahan dimata konsumen meskipun telah dibangun lebih apik dari sebelumnya. Bahkan, pihak Mitsubishi sangat berhati hati melakukannya, hal ini dibuktikan dengan ubahan yang lebih sedikit dibandingkan dengan Brio RS.

New Brio RS warna merah

Tahun ini Honda meringkas Brio mejadi satu varian yang berada dikasta tertinggi yang mereka juluki Brio RS. Delapan perubahan desain dilakukanya menjadikan Brio RS tampil beda ketimbang produk sebelumnya. dimulai dari lampu depan projector serta lampu yang serupa dengan Mobilio RS, bumper depan nampak sporty, apalagi jika diaplikasikan dengan grill yang berlabur kelir hitam, bagian belakang terdapat garnis kaca pada pintu bagasi, paduan palek dua warna kian menambah sporty, side skirt, serta kaca spion retractable dengan lampu sein di dalamnya. Secara penampilan Brio RS memang lebih segar dibandingkan dengan pendahulunya, hanya saja desainya kembali diinstalasikan pada varian LGCG sebelumnya yaitu New Brio Satya, sehingga cukup mengurangi daya tarik para konsumen menurut saya.

New Mirage warna merah

Giliran Mirage, tahun ini memperoleh penyegaran di lima sektor body luar, meliputi bumper depan warna hitam yang dipadukan dengan list crome beraksen huruf y fertikal di sepanjang cluster lampu kabut, bagian grillnya diperbesar dengan konsep floating, kap mesin diberi sentuhan garis ganda tebal sehingga tampak sedikit sporty, kombiasi dua warna pada palek yaitu hitam dan abu abu, serta yang terakhir bumper belakang lebih modern dengan sentuhan guratan garis dinamis yang disertai lampu reflektor dengan bentuk persegi yang memanjang.

Secara umum, perubahan New Brio RS cukup dikatakan mengarah ke unsur sporty, meski nyatanya masih mirip Brio Satya. Sedangkan pada New Mirage lebih mengedepankan penyegaran yang lebih dewasa. Namun bagaimanapun juga masalah selera memang tidak bisa diukur sebab masing masing orang memiliki penilaian yang berbeda.

Dimensi Bodi

Gaya desain kedua city car ini memang sama sama berubah, namun bagaimanakah dengan ukuran dimensinya? Mengingat PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) masih menutup rapat mengenai data spesifikasi New Mirage, maka untuk hal ini kami akan merujuk data New Mirage yang belum lama ini dipasarkan dinegara Thailand.

Data yang ditulis, New Mirage memiliki dimensi panjang 3.795 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.505 mm sedang jarak sumbu rodanya berukuran 2.450 mm. sebagi lawanya, Brio RS hanya memiliki dimensi panjang 3.640 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.485 mm serta jarak sumbu roda hanya 2.345 mm.

Melihat angka diatas maka dapat kita simpulkan bahwa Mitsubishi  New Mirage memiliki keunggulan body yang lebih panjang 155 mm, namun memiliki lebar yang lebih kecil 25 mm serta lebih tinggi 20 mm dengan jarak sumbu roda yang lebih pajang 105 mm di bandingkan dengan Honda New Brio RS. Skor satu untuk New Mirage.

Tampilan Interior

kali ini PT Honda Prospect Motor (HPM) merubah interior Brio RS secara signifikan. New Brio RS dimodali dashboard berkonsep lebih modern jika dibandingkan produk sebelumnya, hampir serupa dengan yang digunkan pada mobi Honda Jazz serta Mobilio. Brio RS juga sudah dilengkapi fitur pengatur pendingin udara bergaya digital layaknya Mirage yang memang lebih dahulu sudah memakainya. Namun cukup disayangkan, konsep jok baris pertama serta kedua masih saja meyatukan sandaran kepala, sehingga interior New Brio RS masih nampak seperti mobil LCGC.

Interior Brio RS
Desain Interior New Honda Brio RS

Masih mengadopsi informasi dari Thailand, Mitsubishi Mirage masih saja mengandalkan tema dashboard seperti produk sebelumnya, dengan warna hitam glossy di area tengahnya. Untuk piranti hiburanyapun masih mengandalkan head unit yang terintegrasi dengan pengatur AC digital serta lampu belakang warna Orange.

Tak seperti Brio RS, New Mirage sudah melengkapi jok baris pertama dan kedua dengan sandaran kepala yang bisa diatur sesuai keinginan penumpang.

Dengan penyematan Bangku berkelas membuat interior New Mirage lebih unggul ketimbang Brio RS yang masih menyematkan jok bergaya mobil LCGC. Skor 2 – 1 untuk Mitsubishi New Mirage.

Desain Interior New Mitsubishi Mirage
Desain Interior New Mitsubishi Mirage

Performa Mesin

Perihal jantung pacu keduanya masih mengandalkan mesin yang sama dengan pendahulunya dimana New Brio RS masih mempercayakan mesin 4-silinder berkekuatan 1.2 L dengan teknologi SOHC i-VTEC yang sanggup menyemburkan daya puncak sebesar 90 PS serta torsi maksimal 110 Nm. Sebagai pengaturnya, Honda telah memberikan dua pilihan transmisi yaitu manual lima percepatan serta otomatis berteknologi CVT.

Masih mengambil informasi dari Thailand, New Mirage mengandalakan mesin berkode 3A92 3-silinder dengan kapasitas 1.2 L. informasi tersebut menunjukkan kesamaan dengan mesin yang digunakan Mirage di Indonesia saat ini. untuk segi kemampuan mesin tersebut hanya mampu mengeluarkan tenaga puncak 57 Kw atau sebesar 77 PS serta torsi 100 Nm. Sama pada Brio RS, mesin tersebut dikawinkan dengan dua pilihan transmisi  ( otomatis CVT atau Manual lima percepatan ).

Angak angka diatas menunjukkan keunggulan Brio RS ketimbang New Mirage denga selisih 13 PS pada tenaga mesinya serta 10 Nm pada torsi maksimalnya. Untuk aspek ini Brio RS diganjarsatu poin sehingga skor kedua City car ini menajdi imbang menjadi 2-2.

Perbandingan New Brio RS Vs New Mirage diatas masih belum melibatkan pada sektor harga , mengingat KTB secara resmi belum mengumumkan serta masih mengunci rapat tentang harga Mirage terbaru. Untuk perbandingan harga masih menunggu kabar dari KTB saat membuka selubung new Mirage tepat pada saat pagelaran GIASS 2016 berlangsung.