Efek Samping Bahan Bakar Terlalu Penuh

21/01/2018 | Mobilmo.com

Bahan bakar Mobil merupakan sumber utama untuk menjalankan Mobil. Bagaimana jika kendaraan tanpa adanya bahan bakar di dalamnya, pastinya tidak akan berfungsi ataupun berjalan. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk selalu melakukan pengisian bahan bakar jika sudah sedikit supaya tidak berhenti di tengah jalan ketika melakukan perjalanan. Sehingga kebanyakan orang akan mengisi bahan bakar secara penuh dengan tujuan supaya lebih hemat dalam konsumsi bahan bakarnya dan tidak berulang kali melakukan pembelian. Melakukan pengisian sampai penuh tentunya terdapat efek sampingnya, bahkan kita minum obat saja jika kebanyakan malah menyebabkan masalah. Lantas apa saja efek samping bahan bakar terlalu penuh, mari kita simak di bawah ini.

bahan bakar Mobil sangat mudah terbakar ketika tersulut api. Jadi selama pemakaiannya tidak berlebihan seperti yang dianjurkan tidak akan timbul masalah. Selain itu, tangki Mobil telah dirancang supaya terdapat lubang udara guna menanggulangi pemilik Mobil yang sering mengisi bahan bakar hingga penuh. Namun kebanyakan pemilik Mobil tidak menghiraukan atau tidak tahu menahu akan hal tersebut. Sehingga seringkali mengisi tangki bahan bakar hingga penuh yang menjadikan bahan bakar meluap melalui lubang yang ada atau sela selanya. Adapun luapan inilah yang memiliki potensi bahaya yang terbilang cukup serius.

  • Tangki bahan bakar menjadi rusak
  • Selain Mobil dapat terbakar, mengisi bahan bakar terlalu penuh secara terus menerus juga dapat mengakibatkan kerusakan tangki BBM. Seperti wadah yang diisi terus menerus secara penuh maka lama kelamaan dapat rusak. Begitu juga tangki bahan bakar, jika terlalu overload dalam melakukan pengisian bahan bakar bisa menyebabkan kerusakan atau berlubang. Jika sudah terjadi tentunya harus menyediakan budget untuk melakukan perbaikan ataupun pergantian.

  • Berpotensi timbul kanker
  • Selain 2 hal di atas, efek samping bahan bakar terlalu penuh juga berdampak pada kesehatan manusia. Jadi ketika melakukan pengisian sampai penuh maka akan tercium bau bensin atau bahan bakar lainnya. nah bau inilah yang dapat mengganggu kesehatan pengendara serta penumpang Mobil dan orang di sekitarnya.
    1. Bahaya penyakit paru-paru
    Efek samping bahan bakar terlalu penuh juga dapat menimbulkan penyakit paru-paru. Yang dimana bau bahan bakar membawa zat karsinogenik yang tentunya dapat mengganggu kesehatan. Zat inilah yang berbahaya jika terus menerus menghirupnya, karena bisa timbul endapan pada organ manusia seperti paru-paru. Adapun yang disarankan dalam mengisi penuh adalah ketika pertama kali mengisi BBM. Berapa biasanya Anda mengisi BBM, jika sudah mengetahuinya untuk kedepannya dikurangi 1 atau 2 liter supaya tangki bahan bakar tidak terlalu penuh. Dengan mengetahui efek sampingĀ  bahan bakar terlalu penuh tentunya membuat pemilik Mobil dapat berhati-hati dan juga lebih menjaga kesehatan serta kondisi Mobil Anda. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.