Fokus Pengiriman Unit Ke Konsumen, Mitsubishi Belum Berpikir Perubahan Xpander

30/10/2017 | Mobilmo.com

Ledakan penjualan Xpander cukup membuat produsennya, Mitsubishi berbangga hati. Tidak pernah disangka dan dinyana, Xpander hanya butuh waktu kurang dari tiga bulan untuk mencatatkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sebanyak lebih dari 23.000 unit. Terhitung mulai awal diluncurkan di ajang GIIAS Agustus 2017 di BSD City Tangerang Banten. Tidak hanya pihak Mitsubishi Indonesia yang dibuat senang, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di Jepang juga dibuat terkejut. Hasil riset yang dikerjakan selama ini sebelum produk diluncurkan mendapat respon luar biasa dari masyarakat Indonesia.

Belum kelar Mitsubishi mengirimkan Xpander kepada lebih dari 23.000 pemesan, muncul berbagai pertanyaan. Apakah Mitsubishi sudah berpikir untuk mengupdate Xpander dengan sedikit perubahan atau beberapa fitur tambahan? Mengingat para kompetitor sudah mulai ambil ancang-ancang meluncurkan produk mereka dengan berbagai perubahan. "Untuk saat ini tentu tidak. Kami sekarang berkonsentrasi penuh pada upaya untuk mengantarkan produk tersebut kepada konsumen. Itu prioritas saat ini," tutur Guillaume Cartier selaku Corporate Vice President Global Marketing and Sales MMC di sela-sela pameran otomotif Tokyo Motor Show (TMS) belum lama ini. Meski begitu, menurut Cartier segala masukan dari berbagai pihak akan diterima dan menjadi bahan pertimbangan usai proses pengiriman produk ke konsumen benar-benar kelar. Hal ini penting agar ke depan produk yang dipasarkan semakin sempurna. Salah satu rencana besar yang sedang dipersiapkan adalah ekspor Mitsubishi Xpander ke berbagai negara. Terutama negara-negara di kawasan Asia Tenggara seperti Thailand dan Filipina. Rencananya akan dilakukan pada awal tahun 2018 atau sekitar bulan Januari hingga Februari tahun depan.

"Tapi sebenarnya kami lebih berharap memenuhi permintaan dalam negeri terlebih dahulu ketimbang harus berusaha untuk ke luar. Bagaimana konsumen yang sudah memesan jauh-jauh hari segera mendapatkan mobil impiannya, itu yang kami utamakan," sambung Cartier. Seperti diketahui, Xpander adalah produk baru Mitsubishi di segmen Low MPV. Resmi diluncurkan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2017 lalu, mobil yang memiliki tampilan sangat segar, unik, namun modern ini sangat menyita perhatian. Pengunjung sampai harus antre untuk sekedar melihat dari dekat serta menjajal kabin Xpander lewat Cutting model yang disediakan di booth. Antusias pengunjung tidak hanya terjadi di hari-hari awal pameran, tapi terus menerus hingga pameran usai. Di beberapa daerah lain pun demikian, peluncuran Xpander juga mendapat sambutan luar biasa dari publik.

Efeknya luar biasa, dalam waktu singkat Mitsubishi menerima pesanan untuk Xpander dengan jumlah yang fantastis mencapai puluhan ribu unit. Meski kini unit Xpander mulai dikirimkan ke konsumen, antrean SPK yang menunggu masih lebih banyak dari pada yang sudah menerima.