Karena Konsumen, Pasar MPV Rasa SUV Diyakini Bakal Makin Gemuk

15/11/2017 | Mobilmo.com

Beberapa hari yang lalu, Jum'at 10 November 2017 Daihatsu mengumumkan peluncuran varian baru, Great New Xenia Custom di di Daihatsu Astra Biz Center, BSD, Tangerang, Banten. Dengan konsep tough and sporty, Great New Xenia Custom memiliki penampilan bak mobil-mobil sport utility vehicle (SUV) alias MPV rasa SUV. Ya, penampilan Great New Xenia Custom memang gagah dan sporty meski secara teknis belum ada perubahan baik dari suspensi maupun ground clearancenya.

Menurut Daihatsu, desain Great New Xenia Custom bukan hanya sebagai produk baru biasa, tapi juga jawaban atas minat konsumen. Studi pasar yang dilakukan Daihatsu mendapatkan kesimpulan bahwa peminat mobil low multi purpose vehicle (LMPV) menghendaki Xenia baru punya tampilan sporty. “Kebetulan konsumen sukanya sepeti itu sekarang. Jadi biasanya yang namanya sporty dan tangguh itu miliknya SUV, kali in bergeser sedikit, kalau customer MPV-pun maunya seperti itu,” tutur Supranoto selaku Deputy Chief Executive PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) di sela-sela peluncuran Great New Xenia Custom, Jumat (10/11/2017). “Secara berkala kami melakukan survey kepada customer keinginannya seperti apa. Hasilnya walaupun itu family car tapi kesan sporty itu juga ternyata diinginkan, maka dari itu kami masuk ke line up ini (Xenia Custom),” sambung Supranoto.

SUV dan MPV Dua segmen tersebut memang memiliki perbedaan cukup jauh dari segi apapun. Secara kasat mata, model SUV biasanya memiliki dimensi yang lebih besar dan gagah sejak dari kaki-kaki hingga bagian atas. Namun hal tersebut sepertinya mulai terkikis. Kehendak konsumen yang menginginkan ada mobil keluarga harga terjangkau tapi berasa gagak seperti petualang semakin besar. Hal itu yang lantas ditangkap oleh para industri otomotif dalam negeri untuk kemudian mendesain produk baru MPV rasa SUV. Diawali dengan kehadiran Mitsubishi Xpander yang cukup fenomenal, berhasil mengejutkan pasar dan para kompetitor.

Perbedaan antara segmen keduanya pun lambat laun kian tipis. Diyakini banyak pihak model MPV rasa SUV ataupun sebaliknya bakal makin menggemuk dan membingungkan masyarakat untuk memilih. “Keduanya akan tetap berkembang. Seperti yang saya sampaikan, sekarang mulai ada percampuran antara SUV dan MPV. Karena memang SUV pun sekarang sudah 7-seater, dan itu berarti adalah family yang melekat pada model MPV,” papar Supranoto. Saat dimintai komentar apakah model-model MPV andalan Astra bakal menjadi MPV rasa SUV, tidak ada jawaban pasti dari Supranoto. Kita tunggu saja fakta yang bakal terjadi?