Cara Mengatasi Karet Wiper Berbunyi Mencuit | Mobilmo.Com
Home / Tips Trik / Perawatan mobil / Cara Mengatasi Karet Wiper Berbunyi Mencuit

Cara Mengatasi Karet Wiper Berbunyi Mencuit

Wiper merupakan salah satu komponen Mobil yang berfungsi sebagai pembersih. Adapun tugasnya adalah membersihkan kaca Mobil saat keadaan berdebu atau basah. Dengan kondisi kaca Mobil yang selalu bersih tentu pandangan pengemudi akan fokus dan mampu berkonsentrasi secara penuh ketika mengemudikan mobilnya. Lantas bagaimana jika karet wiper berbunyi mencuit atau mendecit, tentu akan mengganggu konsentrasi pengemudi. Jika tidak segera diatasi bisa menjadikan ketidaknyamanan saat mengemudi.

Jika karet wiper berbunyi mencuit harus segera diatas. Kali ini akan diberikan beberapa cara untuk mengatasi atau menghilangkan bunyi berdecit pada karet wiper yang merupakan salah satu komponen yang memiliki manfaat bagi pengemudi.

Cara mengatasi karet wiper berbunyi mencuit atau berdecit

  1. Cek kondisi wiper

Dalam hal ini melakukan pengecekan pada wiper sangatlah penting. Lihatlah kondisi wiper apakah bergeraknya normal, ditambah lagi kondisi wiper darisegi bentuk. Jika kondisi wiper tidak mengikuti lekukan kaca mungkin itu masalahnya. Jangan sampai wiper kndisinya malah lurus tidak mengikuti lengkungan kaca. Jika terjadi masalah ini sabiknya menggantinya dengan yang baru.

  1. Men

 

Selanjutnya jika sudah dipastikan kondisi wiper dalam keadaan baik. Maka langkah selanjutnya untuk mengatasi wiper berbunyi mencuit adalah dengan membersihkan kaca Mobil. Terdapat beberapa bahan atau produk yang bisa dicoba, namun perlu diingatkan bahwa jangan dilakukan pencampuran. Cobalah satu persatu bahan ini, bahannya adalah Cuka, Soda Kue dangan ditaburkan pada tisu lembab dan Windex.

  1. Mengganti karet wiper secara teratur

Bisa saja bunyi berdecit yang terjadi pada karet wiper dikarenakan usia pakainya. Jangan lupa mengganti karet wiper 1 tahun sekali sebelum datang musim hujan. Harga wiperpun terbilang cukup murah, jadi jangan ragu untuk melakukan pergantian karet wiper secara teratur.

  1. Mengisi cairan penyemprot kaca

Biasanya wiper berbunyi berdecit karena ketika melakukan tugasnya tidak dibarengi dengan semprotan cairan penyemprot kaca. Jadi pastikan cairan tersebut dapat menyemprot dengan baik, periksalah ketinggian semprotan yang terjadi. Karena apabila terdapat bagian yang tidak terkena cairan tersebut maka wiper akan melompat.

  1. Melembutkan karet wiper

Mengatasi karet wiper berbunyi berdecit bisa dilakukan dengan melembutkannya. Adapun caranya bisa Dengan menggunakan Cairan Alkohol. Tidak perlu kawatir karena cairan wiper tidak akan merusak karet wiper. Caranya denga membasahi tisu dengan alkohol, kemudian kaeret wiper diusap menggunakan tisu tersebut. Alkohol berfungsi untuk membersihkan minyak dan kotoran yang menempel pada karet wiper. Ulangi sampai karet wiper benar-benar bersih.

  1. Memeriksa gagang dan rangkaian wiper

Langkah selanjutnya untuk mengatasi karet wiper berbunyi mendecit adalah dengan memerikasa gagang wiper serta rangkaian karetnya. Apakah gagang dan karetnya terlalu kencang atau longgar, karena ini juga yang merupakan penyebab karet wiper berbunyi mencuit.

  1. Mengganti wiper

Nah jika karet wiper berbunyi mendecit dan usianya sudah lama, maka lebih bijak untuk menggantinya dengan yang baru. Apabila wiper sudah rusak parah seperti bentuknya sudah tidak mengikuti kaca, maka itu tandanya harus menggantinya dengan yang baru. Jangan dipaksakan, karena bisa saja malah menggores kaca Mobil Anda.

Tambahan yang perlu diwaspadai

– Saat kaca Mobil membeku sebaiknya jangan menggunakan wiper. Hal tersebut dapat menggores karet wiper.

– Jangan melakukan pemolesan kaca Mobil dengan menggunakan wax, hal tersebut mengakibatkan kaca menjadi sangat licin sehingga sangat sulit dalam melihat jalan ketika cuaca sedang tidak baik.

– Pegangan wiper berbeda-beda tergantug pada jenis Mobil.

– Hindari berdekatan dengan Mobil di depan ketika hujan. Hal tersebut dikarenakan cipratan dari arah depan yang mengenai kaca bisa saja terdapat kotoran atau benda lain yang merusak kaca Mobil ataupun wiper.

– Hindari penggunakan detergen untuk pengisian cairan yang disemprotkan oleh wiper. Jika dilakukan maka karet wiper berbunyi mencuit.