Kekurangan Dan Kelebihan Serta Harga Honda Accord Prestige | Mobilmo.Com
Home / Review / Mobil Honda / Kekurangan Dan Kelebihan Serta Harga Honda Accord Prestige

Kekurangan Dan Kelebihan Serta Harga Honda Accord Prestige

Honda Accord Prestige merupakan sedan premium di akhir tahun 80an. Harga Honda Accord Prestige untuk saat ini berkisar di bawah Rp 30 jutaan. Mengenai spesifikasi, berikut kami berikan ulasan singkatnya

harga-honda-accord-prestige

kelebihan dan kekurangan Honda Accord prestige merupakan seri ke tiga dari keluaran pertama. Juga merupakan seri terakhir untuk golongan sedan kompak dan kemudian digantikan dengan gen Honda Civic. Sedan ini dikenalkan pertama kali tahun 1986 danberhenti produsi dua tahun kemudian yaitu tahun 1989 dan kemudian pindah kegenerasi keempat yaitu Accord Maestro ditahun 1990.

Sejarah singkat nama Accord berkiblat dari bahasa inggris yang memiliki arti harmoni dan konsistensi, arti lainnya adalah memberi pengaruh/kekuasaan. Nama tersebut diambil oleh Honda untuk menyesuaikan diri menciptakan harmoni antara manusia, kehidupan social dan mobil.

Spesifikasi mesin Honda Accord Prestige

Sedan harga dibawah 50 jutaan ini dibekali dengan mesin A series dengan kode A20A1 SOHC 12valve, masih menggunakan  karburator untuk mensuplay bahan bakar ke mesin yang mempunyai rasio kompresi 9,2:1. Tenaga yang disemburkan dari mesin ini masih tergolong kecil yaitu sebesar 98 Hp. Namun torsinya cukup lumayan yaitu sekitar 148Nm/3500rpm. Pada masanya, Mobil Honda Accord prestige sudah menjadi mobil sedan kelas atas berbeda dengan generasi sebelumnya yang masih menjadi mobil kelas menengah.

Honda Accord Prestige

Honda Accord prestige sudah mulai mengadopsi suspensi Double Wishbone dan menggantikan mac person y7ang masih digunakan oleh para pesaingnya. Dalam catatan, kala itu hanya sedan Honda Accord lah yang menggunakan system Double Wishbone dan tidak dapat ditemukan pada merek sedan lainya. Adapun kelebihan  sistem Double Wishbone adalah handling yang lebih baik sehingga memberikan kenyamanan yang lebih jika dibandingkan dengan pesaingnya. Namun sayangnya, mungkin karena Honda pada saat itu masih dalam tahap percobaan, Accord Prestige ini terasa limbung jika dibandingkan rivalnya. Belum lagi karena jok menggunakan material gabus, kenyamanan mobil ini terasa sangat kurang. Dua hal tersebut merupakan titik kelemahan Honda Accord Prestige selain juga boros BBM dengan hitungan sekitar 1:6 untuk dalam kota dan 1:8 untuk luar kota. Kelemahan lain untuk saat ini adalah sperpartnya sudah mulai langka dipasaran.

Tahun 1987 sampai 1989 Honda accord Prestige mengalami penyegaran sebab terasa lebih jelek ketimbang keluaran sebelumnya yaitu Accord Executive. Penyegaranya adalah versi terbaru sudah meggunakan lampu pop up yang diimpor langsung dari Negara asal yaitu jepang. Varian ini dinamakan Honda Accord Vigor. Namun sayang pada saat itu  harga Accord Vigor terbilang mahal  sebab mobil ini CBU utuh dari jepang. Akhirnya varian ini hanya sedikit terjual dipasaran. Meski CBU dari jepang, namun untuk Masalah sperpart varian Accord Vigor terbilang mudah sebab sama dengan mesin Honda accord Prestige,  untuk part body masih sedikit gampang karena bagian belakangnya juga mirip dengan Accord Prestige.

Kelebihan Honda Accord Prestige

  • Memiliki kabin yang cukup luas sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi para pengendaranya karena bisa bergerak dengan leluasa.
  • Memiliki bagasi yang cukup besar yang dapat menampung banyak barang bawaan bekal perjalanan
  • Meski belum menggunakan power stering namun stering mobil Accord prestige cukup ringan. Hal ini tidak bisa ditemukan pada mobil jadul lainya keluaran tahun 90an.
  • Suara mesin Honda Accord prestige cukup halus sehingga menandakan sedan ini merupakan sedan berkelas pada masanya

Kekurangan Honda Accord Prestige

  • Memiliki desain body yang kaku dengan bentuk kotak rata pada sekujur tubuhnya
  • Meski kabin luas namun tempat duduknya kurang nyaman sebab menggunakan jok bermaterial gabus
  • Boros BBM sebab kapasitas mesin yang cukup besar serta masih menggunakan injeksi. Untuk rasio kompresinya sudah disebutkan diatas.
  • Karburator Susah Di Setting, untuk hal ini sebaiknya bawalah ke bengkel special mobil agar setinganya tak salah.
  • Kekurangan Honda Accord prestige selanjutnya adalah keempat kaki kakinya gampang ringkih. Untuk masalah ini agaknya semua mobil jadul mengalami hal ini, sebab pada masa itu produsen mobil masih belum menggunkan material yang berkualitas.
  • Biaya pajak masih cukup mahal jika dibandingkan dengan rival rivalnya
  • Biaya perawatan serta sperpartnya juga mahal karena saat ini lumayan susah mencari sperpartnya

Harga Honda Accord Prestige

Harga Honda Accord prestige berkisar antara Rp 20 juta hingga Rp 30 juta ( tergantung dengan kondisi barang. Harga ini berpatokan di daerah Jakarta dan sekitarnya dan mungkin berbeda untuk daerah lain.

Itulah tadi ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Honda Accord Prestige beserta patokan harga Honda Accord keluaran tahun 1986 sampai 1989. Semoga artikel tersebut bermanfaat.