Ini dia Kesalahan Pengendara Mobil Manual yang Sering Terjadi

04/10/2017 | Mobilmo.com

Berbagai jenis Mobil dikeluarkan oleh pihak produsen. Mereka berlomba-lomba memjasarkan produk terbaru mereka supaya laris manis di pasaran. Selain itu pengemudi Mobil semakin kesini skill mereka bertamabah, kepiawaian mereka dalam mengendalikan Mobil tidak diragukan lagi. Banyak yang bilang pengendara Mobil transmisi manual lebih mahir dibandingkan pengemudi transmisi otomatis. Padahal masalah sekill belum tentu begitu adanya.  Masih banyak kesalahan pengendara Mobil manual yang sering dilakukan dan sering terjadi.

Mobil manual sebaiknya menjaga cara berkendara mereka agar tetap baik dan juga tidak merugikan kita sendiri. Nah berikut ini merupakan 7 kesalahan pengendara Mobil manual yang memang harus dihindari dan jangan mencobanya.

Kesalahan pengendara Mobil manual yang perlu dihindari

  1. Posisi kaki di Pedal kopling

  • Transmisi tidak netral saat berhenti dan tanjakan
  • Pada saat berhenti atau daslam kondisi lampu merah, alangkah baiknya pengemudi mengistirahatkan kaki mereka. Kebanyakan pengemudi saat di lampu merah masih menekan kopling Mobil yang menjadikan kaki cepat pegal. Lebih baik apengendara memposisikan transmisi ke posisi netral dan menunggu hingga lampu kuning menyala. Tidak hanya itu saja, ketika dalam posisi menanjak sebaiknya menghindari menekan setengah kopling. Hal ini menjadikan kopling cepat aus dan juga kaki cepat menjadi pegal. Untuk menangani tanjakan sebaiknya masukkan gigi transmisi yang dirasa kuat melintasi tanjakan tersebut.
    1. Menginjak gas saat mulai jalan
    Pada saat menjalankan Mobil Anda, sebenarnya bisa dilakukan hanya dengan memainkan kopling saja sudah bisa bergerak. Setelah Mobil mulai melaju barulah ditambahkan gas. Akan tetapi kebanyakan orang terburu-buru dalam melakukan hal tersebut dan langsung menginjakgas Mobil mereka. Hal ini menjadikan bahan bakar Mobil Anda menjadi lebih boros.
    1. Tidak Manfaatkan engine brake
    Jangan terpaku dengan rem Mobil yang Anda punya, manfaatkan juga penggunaan engine brake agar umur rem Mobil Anda lebih panjang. Dengan menggunakan engine brake menjadikan beban pada rem berkurang.

  • Tidak penuh dalam mengkopling
  • Kesalahan pengendara Mobil manual lainnya masih tentang kopling. Yang dimana pengendara kadang tidak menekan penuh kopling saat melakukan perpindahan gigi transmisi. Hal tersebut merupakan kebiasaan buruk yang bisa mengakibatkan dog clutch menjadi cepat rusak.
    1. Tidak tepat dalam menggunakan gigi transmisi

  • Pergantian gigi transmisi yang kurang tepat
  • Dalam mengganti posisi gigi transmisi memang harus dipelajari dengan seksama. Seperti misalnya mengganti gigi transmisi saat dalam kecepatan tinggi yaitu di atas 2.500 rpm. Perilaku tersebut dapat menyebabkan bahan bakar Mobil Anda terbuang sia-sia. Demikianlah ulasan tentang kesalahan pengendara Mobil manual yang harus dihindari. Berkendaralah dengan baik dan benar, selain untuk kenyamanan dan keamanan juga sebagai salah satu langkah perawatan untuk Mobil Anda.