Konsumen Toyota Voxy Didominasi Warga Jabodetabek | Mobilmo.Com
Home / Berita Mobil / Konsumen Toyota Voxy Didominasi Warga Jabodetabek

Konsumen Toyota Voxy Didominasi Warga Jabodetabek

Produk baru Toyota di segmen Multi Purpose Vehicle, Voxy mendapat respon positif dari masyarakat. Belum mencapai satu bulan diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 sudah terjual lebih dari seribu unit. Jumlah konsumen Toyota Voxy ini jauh melebih target yang diproyeksikan yang hanya 150 unit per bulan.

Terhitung sejak tanggal 10 Agustus 2017 sampai 4 September 2017, penerus Toyota NAV1 ini berhasil mencatatkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sebanyak 1.048 unit. Ini merupakan perolehan yang tidak disangkat sebelumnya, sekaligus menunjukkan bahwa produk Toyota tidak perbah berhenti diminati konsumen.Toyota Voxy 2017

Dari sekian banyak banyak pemesan, Jakarta khususnya dan Jabodetabek pada umumnya paling mendominasi. Rata-rata dipesan untuk kebutuhan pribadi. Executive General Manager PT. Toyota Astra Motors (TAM) menuturkan, ada lebih dari 70 persen untuk komposisi wilayah Jabodetabek. Sedangkan kelebihannya terbagi di beberapa daerah.

“Saat ini, hampir semua pembeli Voxy berasal dari individu. Kemudian sebanyak 71,8 persen di antaranya berasal dari daerah Jabodetabek,” kata Soerjopranoto kepada media, Selasa (5/9/2017).

Perolehan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk Toyota Voxy tidak pernah disangkakan sebelumnya. Toyota mengakui bisa jadi itu adalah hasil kajian sebelum kendaraan resmi diluncurkan. Fransiscus menuturkan, berbagai riset sudah dilakukan guna menyesuaikan dengan pasaran dan keinginan masyarakat.

“Saat meluncurkan suatu produk, kami terlebih dahulu melakukan riset mengenai market yang ingin dituju, karakter dari segmen tersebut, kebutuhan dari penggunanya, serta masih banyak lagi, termasuk saat kami menghadirkan All New Voxy,” tutur Fransiscus.

“Kami menghadirkan Voxy dengan desain yang sporty dan modern, serta beragam fitur dan teknologi. Kami juga memberikan sentuhan lokal pada All New Voxy, seperti ground clearance setinggi 165 mm, atau 10 mm lebih tinggi dari Voxy Jepang, untuk menyesuaikan karakter geografis di Indonesia yang beragam,” tambahnya.Toyota Voxy 2017 - White Pearl

Seperti diberitakan sebelumnya, Toyota tak bisa menyembunyikan rasa terkejut sekaligus bahagia atas angka penjualan Toyota Voxy. Mobil setengah mewah yang penuh dengan berbagai fitur teknologi itu hanya ditarget 150 unit per bulan saja. Mungkin melihat kondisi pasar Indonesia yang sedang mengalami kelesuan pada dua bulan terakhir sebelum Agustus 2017. Ditambah dengan euforia publik dengan hadirnya Low MPV baru dari kompetitor, Mitsubishi Xpander.

Walau beda kelas, mau tidak mau hal itu bisa memecah konsentrasi calon konsumen yang sebelumnya sudah mantap menentukan pilihan. Dan target 150 unit per bulan dianggap sangat realistis.

Pada kenyataannya, Toyota Voxy masih mendapat sambutan yang cukup luar biasa untuk kategori mobil setengah mewah. Terbukti dengan berlipatnya jumlah pembelian dari masyarakat dari target yang sudah ditetapkan Toyota.

“Kami bersyukur atas antusiasme masyarakat terhadap Voxy. Hal ini terlihat dari jumlah SPK yang melebih target, yaitu 150 unit atau 699 persen dibanding target SPK dan proyeksi penjualan per bulanya,” kata Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager PT Toyota Astra Motor kepada media, Selasa (5/9/2017).

Konsekuensi dari membludaknya SPK, konsumen Toyota Voxy harus rela bersabar untuk bisa menerima hantaran. Toyota mengatakan ada kemungkinan pengiriman antrean paling belakang saat ini bisa mencapai tujuh bulan terhitung sejak September 2017, mengingat Toyota Voxy ini langsung di import dari negeri asalnya, Jepang.

“Paling lama Maret tahun depan. Pada dasarnya, inden di setiap daerah akan berbeda-beda, karena bergantung pada availability stok masing-masing. Namun kami berusaha semaksimal mungkin, agar pelanggan bisa segera merasakan berkendara bersama Voxy,” kata Fransiscus Soerjopranoto.Toyota Voxy 2017 - Dashboard

Toyota Voxy memang menawarkan berbagai kemewahan. Meski jauh dibawah sang kakak, Toyota Alphard, tapi dijamin konsumen tidak akan kecewa saat sudah memiliki dan menggunakannya. Semua desainnya baik eksterior, interior dan berbagai fitur dibikin sesempurna mungkin dari material terbaik.

Menggunakan mesin 2.0L dengan Continously Variable Transmission (CVT) calon konsumen Toyota Voxy cukup merogoh uang Rp 446 juga untuk membawa pulang mobil keluarga baru dari Toyota ini.