Konsumen “Zaman Now” Ogah Ke Dealer Kalau Cuma Cari Info Soal Mobil

09/12/2017 | Mobilmo.com

Untuk ketiga kalinya dalam lima tahun terakhir, PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meraih penghargaan Sales Satisfaction Index (SSI) dari lembaga riset JD Power Singapura. Info sebelumnya, MMKSI pernah mendapatkan penghargaan serupa pada tahun 2015 dan 2013. Sales Satisfaction Index (SSI) adalah indeks kepuasan pelanggan terhadap suatu produk. Diraihnya penghargaan tersebut selama tiga kali dalam lima tahun terakhir menandakan bahwa kepuasan pelanggan terhadap produk Mitsubishi adalah paling tinggi.

Dalam hal penjualan mobil baru, diakui oleh Irwan Kuncoro selaku Direktur Pemasaran PT. MMKSI tidak seperti jaman dulu. Telah terjadi pergeseran karakter pada konsumen sebagai dampak berkembangnya teknologi. Pembeli jaman sekarang lebih mudah mendapatkan info soal produk melalui internet sehingga mereka makin kritis membandingkan satu merek dengan merek yang lain. Kebiasaan datang ke dealer untuk menggali informasi dan melihat langsung display produk bagi masyarakat yang minat membeli mobil sudah jarang sekali dilakukan bahkan banyak yang ogah. "Konsumen sekarang itu tidak seperti dulu yang datang ke diler untuk mendapatkan informasi, sekarang mencari informasi produk kendaraan sudah bisa lewat internet," tutur Irwan kepada media di kawasan Pulomas, Jakarta Timur, Jumat (8/12/2017).

Di tempat yang sama Mochamad Yani selaku Departemen Heat Sales Satisfaction Departement Sales & Marketing Division PT. MMKSI mengungkapkan hal lain soal perubahan karakter konsumen. Menurutnya, konsumen sekarang adalah konsumen zaman now. Mereka maunya serba mudah, cepat dan ekonomis. Tak bisa menyajikan tiga hal tersebut, jangan harap mereka akan sukarela ke dealer buat deal beli mobil. Oleh karena itu, mau tidak mau pihak dealer juga harus bisa mendukung kondisi tersebut. "Kita sudah ada call center 24 jam yang bisa diakses oleh konsumen. Sehingga, jika ada yang ingin disampaikan bisa terbuka dan tanpa batas," tutur Moch. Yani.

Selain call center yang siap sedia 24 jam, ada lagi cara mudah menggali informasi produk Mitsubishi, yaitu melalui aplikasi resmi mobile “My Mitsubishi Motors ID” yang bisa di download di Google Play Store. Konsumen bisa lebih mudah mengakses info seputar produk serta layanan yang disediakan oleh PT. MMKSI. "Kita juga harus bisa menyesuaikan dengan keinginan dan kondisi sekarang ini," imbuh Yani.