Lebih Dari 1,52 Juta Unit Kendaraan Listrik Toyota Terjual Di Tahun 2017

06/02/2018 | Mobilmo.com

Toyota boleh terlempar ke peringkat tiga disalip Volkswagen group dan aliansi Nissan, tapi untuk yang satu ini Toyota pasti tersenyum. Sepanjang tahun 2017 Toyota global mencatatkan sebuah rekor baru yang luar biasa yaitu penjualan kendaraan listrik berhasil menembus angka lebih dari 1.52 juta unit, termasuk model hybrid. Dibanding dengan tahun sebelumnya, 2016 hasil ini meningkat sebesar 8 persen. Perolehan ini tercatat lebih cepat tiga tahun dari waktu yang diproyeksikan sejak kali pertama meluncurkan model mobil listrik. Secara akumulasi, total penjualan mobil listrik Toyota telah mencapai lebih dari 11.47 juta unit di seluruh dunia.

Toyota Mirai 2014

"Hanya dalam waktu 20 tahun, kami telah melihat kenaikan penjualan kendaraan listrik, dari yang hanya kurang dari 500 unit menjadi lebih dari 1,5 juta unit," tutur Shigeki Terashi, Executive Vice President Toyota Motor Corporation dalam keterangan resminya, Jumat (2/2/2018). Toyota pertama kalinya memperkenalkan mobil listrik lewat Prius yang dijual di Jepang tahun 1997. Tahun-tahun berikutnya, Toyota terus berupaya "melistrikkan" berbagai model terbarunya melalui peningkatan teknologi. Secara bertahap namun pasti, Toyota mulai meluncurkan berbagai model kendaran elektrik mulai dari Mirai di tahun 2014 sebagai kendaraan Fuel Cell Electric Vehicle (hidrogen) hingga Prius tahun 2016 atau generasi keempat Prius dan Prius Plug-In Electric Vehicle ( PHEV) generasi kedua di 2017.

Toyota Prius 2016

Tahun terus berjalan, Toyota sudah memiliki rencana jangka panjang terkait dengan pengembangan teknologi kendaraan listrik, diantaranya:
  • Produksi massal battery electric vehicles (BEV) mulai 2020. Model ini akan diluncurkan pertama kali di China dan India, lalu di Jepang, Amerika Serikat dan Eropa.
  • Memperluas penjualan kendaraan listrik Hybrid di negara-negara berkembang dengan target tahunan sebesar 5,5 juta unit di tahun 2030.
  • Meluncurkan setidaknya 10 mobil battery electric vehicles (BEV) di pasar dunia pada tahun 2020.
  • Meluncurkan versi listrik untuk semua model Toyota di seluruh dunia tahun 2025.
Kita tunggu saja seperti apa model-model kendaraan listrik Toyota tersebut beberapa tahun mendatang.
Baca :