Cara Membersihkan Kolong Mobil Tanpa Merusak Cairan Anti Karat

25/03/2018 | Mobilmo.com

Salah satu hal yang membanggakan adalah mempunyai Mobil dengan kerja keras sendiri. Dengan begitu bisa mengajak teman dan keluarga untuk pergi jalan-jalan dan wisata. Sangat berbeda dengan menggunakan kendaraan umum yang terkesan panas, berdesak-desakkan dan terdapat batasan waktu. Akan tetapi disamping hal tersebut perlu juga dilakukan perawatan. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah membersihkan kolong Mobil.

Namun yang perlu diperhatikan adalah kolong Mobil menggunakan bahan besi atau juga lempengan plat yang sudah dilapisi anti karat. Tujuannya supaya Mobil tidak mudah timbul karat ketika terkena panas ataupun air.

Membersihkan kolong Mobil tidak boleh merusak cairan anti karat

Membersihkan kolong Mobil tanpa merusak lapisan anti karat sangat diperlukan. Caranya juga sangat berbeda dengan membersihkan bodi Mobil. Bagi Anda yang penasaran bisa menyimak informasi lebih jelasnya di bawah ini.

Untuk melakukan pembersihan pada bagian kolong Mobil memang sedikit rumit. Hal tersebut dikarenakan selain pembersihan juga harus menjaga kondisi lapisan anti karat tetap baik.

Untuk membersihkan kolong Mobil pertama harus menggunakan stream. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran debu dan tanah serta kotoran lain yang menempel tanpa adanya penggosokan. Dengan begitu maka kotoran akan menghilang tanpa merusak lapisan anti karat yang ada pada kolong Mobil.

>>> Mungkin tertarik, Mengetahui Penyebab Temperatur Mobil Naik Yang Perlu Diwaspadai

Apabila menggunakan cara pertama masih belum bisa membersihkan kotoran yang membandel, maka Anda bisa melakukan langkah kedua. Adapun caranya adalah menggosoknya dengan menggunakan spoons untuk bagian kasar kotoran. Tapi jika masih bandel juga maka Anda perlu bantuan sabun khusus untuk mencuci Mobil. Dalam menggunakan bahan ini jangan berlebihan, secukupnya saja asal bisa merontokkan kotoran yang membandel pada kolong Mobil.

Gunakan stream untuk membersihkan kolong Mobil

Pada umumnya dengan sabun khusus sudah bisa membersihkan dengan maksimal. namun apabila masih gagal, Anda bisa beralih menggunakan sabun colek. Kadar pembersihan yang terdapat pada sabun colek lebih keras. Oleh sebab itu berhati-hatilah menggunakannya karena bisa merusak cairan anti karat. Bersihkan khusus pada kotoran yang menempel saja, jangan sampai menyeluruh demi keawetan cairan anti karat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya

Namun apabila dengan menggunakan sabun colek masih bandel juga kotoran yang menempel pada kolong Mobil, maka bahan terakhir yang digunakan adalah cairan HF. Cairan ini merupakan cairan khusus yang diperuntukkan untuk membersihkan Mobil terutama bagian kolong. Namun perlu diketahui bahwa cairan ini sangat keras, jadi dalam penggunaannya perlu dicampur dengan bahan lain yakni air yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan cairan HF.

Untuk campuran yang dianjurkan adalah berbanding 1:8. Maksudnya untuk 1 tutup botol cairan HF dicampurkan dengan air 8 tutup botol. Apabila campurannya tidak seimbang maka sangat beresiko untuk merusak kulit pada tangan. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk membersihkan kolong Mobil dengan cairan keras ini.

Jadi cairan HF sangat ampuh untuk menghilangkan kotoran baik yang ringan sampai berat. Selain itu cairan ini juga tidak merusak anti karat yang terdapat pada kolong Mobil. Namun yang perlu diperhatikan adalah campurannya haruslah tepat. Dengan menggunakan cairan ini maka anti karat lebih aman dan tahan lama. Namun saat membersihkan sangat disarankan untuk menggunakan kaos tangan supaya tidak terjadi masalah pada kulit tangan Anda.

Gunakan bahan yang tepat jika kotoran tidak bisa hilang dengan disemprot

>>> Klik di sini untuk mengupdate Tips dan trik lainnya

Dengan menggunakan beberapa bahan di atas, Anda bisa memilih yang pertama terlebih dahulu. Jangan langsung menggunakan cairan HF, karena bisa saja kotoran disemprot sudah rontok semua. Jadi cairan HF disarankan setelah mencoba bahan sebelumnya yang lebih mudah dan murah. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih hanya untuk membeli cairan HF.