Modal 5000 Membersihkan Mesin Mobil sampai Kinclong

17/02/2018 | Mobilmo.com

Merawat Mobil adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh pemilik Mobil, supaya kondisinya tetap maksimal. Perawatan sendiri terdapat bermacam-macam, seperti servis, ganti oli, cek angin, mencuci Mobil bagian eksterior dan interior. Selain itu pada bagian mesin Mobil juga tidak ketinggalan untuk dilakukan pembersihan. Kadangkala mesin Mobil tidak dibersihkan oleh pemiliknya dengan alasan tempatnya tertutup dan tidak terkena kotoran. Padahal jika tidak dibersihkan akan ada debu dan kotoran yang menempel yang semakin lama semakin banyak dan mengganggu kinerja dari mesin Mobil. Oleh sebab itulah sangat perlu untuk membersihkan mesin Mobil supaya tetap prima dan tidak mudah timbul karat. Sebenarnya membersihkan mesin Mobil tidak perlu biaya yang mahal. Cukup dengan uang 5.000 rupiah saja dan meluangkan waktu sudah bisa membuat mesin kembali kinclong seperti baru. Tentunya penasaran bukan karena biaya murah sudah mendapatkan hasil yang maksimal. Daripada penasaran, mari kita simak ulasannya tentang membersihkan mesin Mobil sampai kinclong dengan modal 5.000 rupiah saja. Adapun hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan eksekusi adalah mempersiapkan peralatan dan bahan terlebih dahulu. Untuk alatnya meliputi:

  • Kuas
  • Wadah/ Gayung/ Botol bekas + Air
  • Botol semprot bekas
  • Mama lemon Mama lime
  • Garam asam/ Citrun
  • Batang kayu bersih/ Besi sebagai pengaduk
  • Kain Lap atau handuk bersih

Setelah bahan yang dibutuhkan sudah dimiliki semuanya, Anda baru bisa mengerjakannya dengan mudah dan mengikuti tutorialnya di bawah ini.

  1. Dalam melakukan pembuatan bahan Anda bisa mengisi air pada wadah yang telah disiapkan dengan ukuran setengah liter.

  2. Masukkan Sabun Mama lemon tersebut dengan takaran 1 sampai 3 sendok makan, setelah itu masukkan juga garam asam satu sachet.

  3. Aduklah secara merata dengan menggunakan tangkai atau alat yang telah disiapkan sampai benar-benar rata.

  4. Jika proses pengadukan telah selesai sepenuhnya, Anda bisa mengisi botol semprot dengan air yang sudah tercampur dengan bahan tersebut.

  5. Tahapan selanjutnya dalam membersihkan mesin Mobil adalah dengan menyemprotkan cairan yang dibuat tadi ke seluruh permukaan mesin sampai merata. Jangan sampai ada yang tertinggal supaya hasilnya maksimal.

  6. Ratakan dengan menggunakan kuas supaya dapat menyeluruh pada bagian yang sulit dijangkau dan merata. Yang perlu diperhatikan adalah saat melakukan penyemprotan pada bagian sensor jangan sampai berlebihan, secukupnya saja. Selain itu kuas ini bertujuan supaya kotoran yang menempel dapat hilang seutuhnya. Untuk hasil maksimal sebaiknya bagian ujung kuas dilakukan pemotongan.

  7. Setelah selesai menggunakan kuas, tahapan selanjutnya adalah melakukan pengelapan pada bagian mesin Mobil secara merata jangan sampai ada yang tertinggal.

  8. Diamkan supaya mesin Mobil dapat mengering seutuhnya dengan sendirinya.

Pada saat dilakukan pembersihan menggunakan kuas akan tampak warna asli seperti kabel dan bagian yang kotor. Jadi sudah terlihat bersih tiap bagian yang sebelumnya ada kotoran yang membandel. Jika terdapat kotoran yang sulit hilang semprotkan kembali dan dilakukan pengelapan kembali. Baca juga: 10 Tips Tepat Merawat Mesin Mobil Manual Banyak sekali yang khawatir akan penggunaan garam, mereka takut timbul karat pada komponen mesin tersebut. Namun tenang, karena dengan menggunakan garam asam hal tersebut tidak terjadi. Oleh sebab itu perlu diingat, bahwa jangan menggunakan garam biasa sebagai campuran membuat bahan untuk membersihkan mesin Mobil. Tutorial ini sudah dibuktikan dan terbukti akan kemanjurannya. Mesin Mobil akan menjadi kinclong seperti baru setelah dilakukan pembersihan. Demikian ulasan dari kami, semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.