Cara Mengenali Tanda Bushing Rusak Yang Perlu Diperhatikan | Mobilmo.Com
Home / Tips Trik / Pengemudian mobil / Cara Mengenali Tanda Bushing Rusak Yang Perlu Diperhatikan

Cara Mengenali Tanda Bushing Rusak Yang Perlu Diperhatikan

Bushing adalah komponen yang fungsinya terbilang cukup penting. Akan tetapi komponen ini sering kali terlupakan, hal tersebut dikarenakan letaknya tersembunyi dan bentuknya yang berupa karet kecil. Namun perlu diketahui bahwa bushing juga berpengaruh pada kenyamanan pengendara saat dalam perjalanan. Oleh sebab itu Anda juga harus mengenali tanda bushing rusak supaya lekas dilakukan pergantian dan kendaraan kembali nyaman.

Tidak berbeda dengan komponen lainnya, bushing juga tentu mempunyai batas pemakaian atau usia pakai. Untuk kerusakan pada bagian bushing dapat mempengaruhi kenyamanan serta keamanan dalam pengendara terutama bagian handling. Jadi jangan menyepelekan komponen ini jika ingin merasakan kenyamanan yang maksimal.

Bushing Mobil mempunyai 2 jenis yang sudah dikenali oleh pemilik Mobil. Kedua jenis tersebut dibedakan berdasarkan letak dari komponen tersebut. Kedua komponen tersebut adalah bushing swing arm dan bushing stabilizer.

Gambar Bushing kondisi baru
Bushing Mobil

Adapun fungsi dari bushing stabilizer adalah untuk menyeimbangkan antara suspensi bagian kanan dan kiri serta sebagai pengikat ke bagian sasis Mobil. Sedangkan untuk bushing swing arm memiliki fungsi untuk meredam munculnya getaran yang berasak dari bagian mesin atau dari Mobil saat berjalan.

Pada umumnya bushing yang mengalami kerusakan dikarenakan adanya beban berat yang diterima oleh bushing. Penyebab lainnya seperti suhu mesin yang terlalu panas atau Mobil menghantam keras pada lubang yang berada di jalan. Adapun ciri bushing mengalami kerusakan bisa dirasakan ketika sedang dalam kecepatan tinggi atau melewati jalanan yang bergelombang maka Mobil akan terasa limbung. Tentunya hal tersebut sangat berbahaya, oleh sebab itulah ada perlu mengenali tanda bushing rusak.

Dengan melihat hal di atas tentang fungsi dan akibat bushing mengalami kerusakan, tentunya perlu pengetahuan lebih lanjut mengenai komponen tersebut. Nah berikut ini tanda bushig rusak yang perlu Anda ketahui supaya bisa segara melakukan perawatan atau pergantian.

Tempat Bushing Mobil yang perlu diperhatikan
Lokasi Bushing mobil
  1. Muncul suara yang mengganggu

Salah satu tanda bushing rusak adalah munculnya suara yang tentunya mengganggu pengemudi saat berkendara. Bunyi tersebut terdengar seperti adanya gesekan atau kriket-kriket pada saat Mobil Anda melewati jalanan yang berlubang. Suara yang timbul tersebut biasanya berasal dari dalam kabin dan terdengar sangat jelas. Oleh sebab itulah perlu dilakukan perawatan supaya mendapatkan kendaraan yang nyaman serta mempunyai performa yang maksimal dan juga seimbang dalam masalah handling.

  1. Karet bushing retak

Tanda bushing rusak selanjutnya adalah terdapat keretakan pada komponen tersebut. Jika terdapat retak segera dilakukan pergantian, karena hal tersebut menandakan bahwa bushing sudah habis masa pakainya. Keretakan tersebut muncul karena sering melintasi jalanan yang berlubang ataupun karena sering membawa beban berat.

Kerusakan yang terjadi pada karet bisa memunculkan suara seperti ada yang beradu berasal dari bawah jok bagian depan. Suara yang muncul karena karet strut sudah aus atau getas bahkan bisa saja pecah. Apabila sudah begitu sebaiknya segera dilakukan pergantian dengan yang baru.

  1. Merasakan saat mengemudi

Adapun cara selanjutnya untuk mengenali tanda bushing rusak adalah dengan mengemudikan Mobil Anda di jalanan yang tidak rata atau bergelombang. Jadi jika bushing mengalami kerusakan maka dapat merubah arah Mobil walaupun sedikit padahal kemudi tidak digerakkan.

Baca juga: Awas, Kebiasaan Merokok Saat Mengemudi Bisa Berakibat Celaka

  1. Mobil melayang atau oleng

Tanda bushing rusak yang terakhir adalah oleng atau melayang saat dikendarai. Apabila Anda merasakan Mobil agar oleng sebaiknya melakukan perbaikan di bengkel. Bisa saja terjadi kerusakan pada bushing aram. Jangan memaksakan untuk terus melaju, karena hal tersebut sangat berbahaya da bisa menyebabkan kecelakaan.