Tips Mengerem Mobil dengan benar Supaya Aman di Jalan

04/01/2018 | Mobilmo.com

Mengerem Mobil dengan benar memang perlu dilakukan beberapa kali latihan. Apabila pengemudi telah menguasai tehnik pengereman tersebut pastinya penumpang akan betah berada di Mobil Anda. Seperti yang kita tahu, bahwa melakukan pengereman bertujuan untuk membuat Mobil menjadi pelan atau berhenti. Jadi sistem pengereman merupakan salah satu fitur keselamatan yang menurut Saya paling penting. Coba bayangkan, jika Mobil tidak disertai rem pastinya akan terus melaju tidak akan berhenti. Disamping hal tersebut, mengerem Mobil dengan benar juga tidak kalah penting. Melakukannya bertujuan supaya rasa nyaman akan tercipta ketika Mobil melaju dan mengurangi kecepatan serta memberhentikan mobilnya. Jadi usahakanlah Anda belajar cara mengerem Mobil dengan benar supaya rasa nyaman didapatkan.

pedal rem atau kopling? Untuk masalah mana yang terlebih dahulu antara pedal kopling dan pedal rem sebenarnya tergantung kecepatan Mobil. Apabila laju Mobil dalam keadaan pelan tentunya yang harus ditekan terlebih dahulu adalah pedal kopling. Hal tersebut dikarenakan jika laju Mobil lambat dan menekan pedal rem maka putaran mesin juga akan berkurang. Sementara sudah dijelaskan di atas bahwa jika putaran mesin rendah mesin Mobil bisa mati. Sedangkan untuk laju Mobil dalam kecepatan tinggi, pedal rem yang harus ditekan terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan putaran mesinnya masih tinggi, dengan menekan pedal rem tidak akan berpengaruh dengan putaran mesin. Namun jika menekan pedal kopling terlebih dahulu maka bisa saja malah bertambah cepat. Selain itu jika hanya untuk melambatkan Mobil sejenak seperti ketika akan pindah jalur karena ada Mobil di depan, maka Anda tidak perlu menekan pedal kopling cukup pedal rem saja.

mengemudikan Mobil sebaiknya mengatur jarak dengan Mobil di depan. Jangan sampai terlalu dekat, karena dalam melakukan pengereman dibutuhkan jarak tertentu agar Mobil dapat melambat sempurna atau berhenti. Apabila dalam mengerem Mobil dengan benar sudah terbiasa, hal tersebut akan terasa seperti kaki kita bergerak sendiri saat melakukan pengereman. Bagi Anda yang baru belajar mengemudi Mobil, sebaiknya belajarlah di tempat yang sepi terlebih dahulu. Jangan sampai nekat berada di jalan yang ramai dan ketiak akan mengerem Mobil malah menabrak Mobil di depan atau mesin Mobil mati. Utamakan keselamatan Anda dan pengendara lain yang kebetulan di belakang atau di depan Anda bahkan yang berpapasan dengan Mobil Anda.