Mengetahui Penyebab Temperatur Mobil Naik Yang Perlu Diwaspadai

25/03/2018 | Mobilmo.com

Temperatur Mobil naik adalah sesuatu yang tidak bisa dianggap sepele. Hal ini perlu penanganan agar Mobil dapat bekerja dengan semestinya. Jika temperaturnya terlalu tinggi melebihi dari panas kerja mesin maka perlu kewaspadaan. Dengan melihat kondisi tersebut maka perlu pengecekan beberapa komponen pada Mobil.

Mesin Mobil menjadi panas diakibatkan oleh pembakaran yang terjadi antara campuran udara dan bahan bakar. Panas yang terjadi pada mesin sebenarnya telah diminamilisir dengan adanya penambahan komponen radiator atau pendingin yang sudah dipasangkan oleh pihak pabrikan. Radiator mempunyai beberapa komponen yang memiliki tugas masing-masing yang intinya mengatur suhu mesin agar tidak terlalu panas.

Selalu melihat panel indikator jika terasa ada yang mengganggu

Untuk mengetahui suhu mesin Mobil yang terlalu panas akan ditandai dengan indikator panel yang terletak di bagian dashboard Mobil. Tujuannya adalah saat temperatur Mobil terlalu panas maka disarankan untuk berhenti. Tandanya biasanya lampu indikator mesin akan berkedip.

>>> Mungkin tertarik, Tips Memasangkan Kursi Bayi Pada Mobil Agar Aman

Nah untuk lebih detail mengenai penyebab temperatur Mobil naik bisa melihat informasinya di bawah ini:

  1. Kondisi kipas radiator tidak mau berputar pada saat temperatur mesin sudah mencapai tahap kerjanya. Selain itu putaran kipas yang terlalu pelan atau ekstra fan yang mati juga dapat membuat temperatur Mobil mengalami panas yang berlebih pada saat menyalakan Ac Mobil.
  2. Tutup radiator bermasalah. Seperti misalnya tidak bisa menutup rapat atau hal lainnya yang membuatnya tidak menutup secara maksimal.
  3. Penyebab temperatur Mobil naik selanjutnya adalah air radiator yang tidak mau melakukan sirkulasi. Hal ini bisa disebabkan oleh water pump yang tidak mau berputar karena v-belt putus, thermostat mesin mengalami kemacetan atau radiator yang tersumbat.
  4. Sistem pendingin Mobil yang mengalami masalah seperti kebocoran. Kebocoran dalam hal ini meliputi selang radiator, selang buntu, baypass, pompa air mesin, packing silinder head mesin dan radiator itu sendiri. Jika kebocoran pada salah satu bagian tersebut bisa menyebabkan temperatur naik secara drastis.
  5. Permasalahan selanjutnya berasal dari oli mesin. Apabila sirkulasi oli tersumbat atau sampai kehabisan bisa menyebabkan mesin Mobil cepat panas. Oleh sebab itu;ah sangat disarankan untuk mengganti oli mesin secara berkala atau tergantung pemakaian.

Lampu indikator memiliki fungsi sebagai penanda jika terjadi masalah

Selain mengetahui penyebab temperatur Mobil naik, perlu juga diketahui tentang dampak yang didapat akibat hal tersebut. Jadi bisa menjadi masalah apabila temperatur mesin Mobil terlalu panas. Berikut informasinya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya

Dampak yang pertama apabila temperatur mesin Mobil naik secara drastis adalah kerusakan yang terjadi pada bagian mesin. dampaknya bisa terjadi pada beberapa komponen vital seperti kop silinder yang bengkok, piston menjadi macet, dan terjadi cacat pada sektor silinder mesin dan bantalan mesin. hal tersebut bisa terjadi ketika mesin overheat namun masih tetap dipaksakan untuk melaju. Biasanya hal ini dilakukan saat pengemudi tidak melihat lampu indikator mesin yang sudah berkedip. Untuk yang masih menggunakan jarum, tandanya biasanya indikator sudah mengalami kenaikan lebih dari setengah.

Temperatur Mobil yang naik drastis dapat menyebabkan Overheat

Dampak selanjutnya adalah untuk Mobil yang sudah memiliki umur yang lama atau Mobil tua. Pengaruhnya terjadi pada bagian Ac Mobil seperti kehabisan freon karena panas yang berlebih atau tekanannya terlalu tinggi melebihi kapasitas dalam sistem Ac. Hal tersebut bisa saja terjadi jika pada saat temperatur Mobil naik bersamaan dengan Ac Mobil yang menyala.

>>> Klik di sini untuk mengupdate Tips dan trik lainnya

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang penyebab temperatur Mobil naik. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.