Menyiasati Agar Harga Jual Kembali Mobil Toyota Tidak Jatuh | Mobilmo.Com
Home / Tips Trik / Jual beli mobil / Menyiasati Agar Harga Jual Kembali Mobil Toyota Tidak Jatuh

Menyiasati Agar Harga Jual Kembali Mobil Toyota Tidak Jatuh

Bosan dengan mobil Toyota yang Anda miliki dan ingin menggantinya dengan yang lebih baik, maka salah satu jalan keluarnya adalah dengan menjual kendaraan tersebut. Anda dapat menjual kendaraan tersebut pada seseorang, atau Anda dapat melakukan tukar tambah dengan dealer, dan menggantinya dengan mobil Toyota yang baru. Hal seperti ini mudah saja terjadi, namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar harga jual mobil Toyota tetap stabil atau tidak jatuh.

Tentunya Anda tidak ingin mobil yang Anda miliki dihargai dengan harga yang cukup murah. Oleh karena itu, ikuti tips berikut ini :

1. Memperhatikan jarak tempuh

Calon pembeli biasanya mengecek bagian odometer,  yang biasanya ada dashboard. Apabila ukuran jarak ada pada Odometer cukup besar, maka secara tidak langsung hal ini akan berimbas pada kinerja mesin kelak. Semakin panjang jarak tempuh yang kendaraan Anda miliki, secara otomatis kinerja mesin juga semakin berkurang. Itu artinya kondisi ini berimbas pada kondisi mesin mobil.

Beberapa orang mengistilahkan sebuah kendaraan yang memiliki angka yang cukup tinggi pada odometer dengan “mobil capek”. Lain lagi istilah untuk angka odometer lebih kecil dibanding usianya, mobil jenis ini disebut “mobil koleksi”.Toyota Avanza Panel

2. Perawatan berkala

Selain odometer, hal lain yang juga diperhatikan oleh calon pembeli adalah perawatan, bagaimana perawatan kendaran yang dilakukan oleh pemilik sebelumnya. Anda yang dalam hal bertindak sebegai ini sebagai pemilik mobil tersebut, sebaiknya merawat kendaraan secara berkala di bengkel resmi.

Dengan merawat kendaraan secara berkala, baik kendaraan tersebut sering digunakan atau jarang digunakan, maka hal ini akan tertulis pada catatan record mobil. Hal ini yang secara tidak langsung meyakinkan calon pembeli, bahwa kendaran tersebut dalam kondisi yang baik, karena telah dirawat secara berlaka oleh pemilik yang lama. Efeknya harga jual kendaraan Anda jadi lebih naik.Nasmoco, Bengkel resmi Toyota

3. Dokumen legal

Hendak menjual mobil Toyota yang Anda miliki, maka Anda perlu memeriksa, melengkapi berbagai macam dokumen kendaraan secara lengkap, dan pastikan dokumen tersebut legal, mulai dari STNK /Surat Tanda Nomor Kendaraan, BPKB /Buku Pemilik Kendaraan Bermotor, dan lain-lain. Ketika berbagai dokumen kendaraan tersebut lengkap, secara tidak langsung memperlihatkan bahwa kendaraan terbut resmi, dan legal.

Ketika proses jual beli ini terjadi, Anda juga perlu memperhatikan masalah pajak kendaraan, bayarlah pajak kendaraan secara rutin, karena sebenarnya hal ini juga mempengaruhi harga jual kembali mobil tersebut. Calon pembeli biasanya enggan membeli kendaraan seperti ini, karena enggan berurusan dengan masalah keterlambatan pajak yang dilakukan oleh pemilik sebelumnya. Apabila hal ini terjadi, maka harga purna jual kendaran tersebut akan turun.

4. Karat

Tips agar harga jual kendaraan Toyota Anda tidak jatuh berikutnya adalah dengan melapisi anti korosi atau anti karat. Ketika Anda membeli mobil baru, sebaiknya melapisi kendaraan tersebut dengan cat anti korosi atau anti karat. Ini yang membuat kendaraan Anda, lebih awet serta bebas karat. Jadi, jika suatu hari nanti Anda berniat menjual kendaraan tersebut, mobil dalam kondisi bagus dan mulus. Calon pembeli biasanya merasa kesulitan, ketika membeli kendaraan dengan noda karat, itu artinya pembeli harus mengeluarkan uang tambahan guna mengatasi noda karat tersebut.

5. Warna eksterior

Perhatikan juga warna eksterior kendaraan, ketika kendaraan tersebut hendak dijual. Mobil yang warna eksteriornya cerah, terawat, dan bebas noda, tentunya mempunyai nilai tambah tersendiri.

6. Kondisi fisik mobil

Ketika Anda ingin menjual kendaaran tersebut, pastikan, kendaraan tersebut, bebas dempul, apabila mobil memiliki lecet atau noda dempul, segera atasi dengan baik. Karena adanya noda seperti ini, sedikit banyak mempengaruhi harga kendaraan.diskon mobil avanza xenia

7. Modifikasi dan aksesoris

Banyak orang yang melakukan kodifikasi pada mobil Toyota yang dibelinya. Modifikasi seperti ini biasanya tidak terlalu disukai oleh para calon pembeli. Karena pada dasarnya setiap orang mempunyai seleranya masing-masing. Hal  ini juga yang secara tidak langsung membuat harga kendaran jadi turun, lain halnya jika Anda menjualnya pada komunitas yang menyukai modifikasi mobil Toyota tersebut.