Mesin Legendaris Toyota, Harganya Cuma 400 Ribuan

24/03/2018 | Mobilmo.com

Produksi kendaraan Toyota memang sudah tak terhitung model dan banyaknya. Banyaknya tipe yang tengah di produksi menuntut pihak Toyota juga harus mengembangkan tipe mesin. Dan salah satunya adalah mesin legendaris tipe A yang merupakan produk perdana Toyota.

Dilansir dari Pressroom Toyota pada 23 Maret 2018, sebenarnya pihak Toyota memulai memproduksi mobil dan juga mesin sejak tahun 1930 an. Mesin tipe A adalah mesin Toyota yang dikembangkan dan diproduksi selama 12 Tahun, yakni dari tahun 1935 sampai 1947.

Mesin tipe A Toyota tahun 1935 (replika)

Tenaga yang dihasilkan dari mesin ini pun besar juga, dengan kapasitas 3.389 cc dan 6 silinder, 3 bearing dan juga mengatur intake manifold menambah mesin semakin sempurna.

Mobil Toyota Model AA merupakan mobil pertama yang dibekali mesin tipe A ini. Sedangkan mobil ini sendiri pertama kali di publikasikan pada Juli 1936 di kota Nagoya. Dan di tahun yang sama juga kendaraan ini diperkenalkan di kota Tokyo pada bulan September.

Pihak Toyota pada saat itu membandrol harga mesin tipe A ini sekitar 3.350 yen atau sekitar Rp.435.373. Terhitung murah, bahkan sangat amat murah sekali. Hingga produksi dihentikan tahun 1942, mesin tipe A ini mampu mencapai angka 1.404 unit penjualan.

Dengan adanya mobil tipe AA ini, Toyota menjadi perusahaan otomotif pertama kali yang memproduksi mobil penumpang secara utuh.

Mobil penumpang pertama Toyota yang menggunakan mesin tipe A

Dengan kesuksesan menggunakan mesin tipe A ini, Toyota kemudian mulai merambah segmen lain yaitu kendaraan niaga. G1 Truck jadi model pertama kendaraan niaga yang mengaplikasikan mesin legendaris tipe A, persis sama dengan yang digunakan pada mobil penumpang model AA. Secara teknis kapasitas tenaga juga akan sama seperti mobil tipe AA bila di lihat dari mesinnya yang sama.

Tahun 1935, Toyota G1 resmi diperkenalkan ke pasar. Selang setahun secara berturut-turut Toyota meluncurkan penerus dari G1, yaitu Model GA tahun 1936 dan Model GY tahun 1937. Dikatakan sebagai penerus sebab dari GA dan GY hanya mengalami perubahan pada sisi desain dan daya angkut. Sedangkan dari mesin masih menggunakan mesin yang sama dengan G1.

GA1 jadi truk pertama Toyota yang menggunakan mesin tipe A

Tak berhenti di situ saja, pihak Toyota juga memproduksi bus Model DA. Kendaraan ini juga dibekali dengan mesin tipe A. Sementara itu, Toyota juga memproduksi mobil tipe AB Phaeton. Mobil ini merupakan kendaraan penumpang tanpa atap (convertible) pertama yang menggunakan mesin tipe A.

AB Phaenton, mobil Toyota pertama dengan atap terbuka yang menggunakan mesin tipe A

Pengembangan untuk mesin legendaris tipe A inipun terus dilakukan oleh Toyota. Dan pada tahun 1947 tercipta mesin tipe B yang secara kualitas lebih baik tentunya. Dengan kapasitas mesin 3.386 cc, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sampai 82 tenaga kuda.