Mitsubishi L300 Bakal Pindah Ke Pabrik Baru Pertengahan 2018

04/03/2018 | Mobilmo.com

Setelah sekian lama diproduksi di pabrik Pulo Gadung, produksi Mitsubishi L300 bakal segera pindah ke pabrik baru.

Mitsubishi punya pabrik baru di kawasan industri Greenland International Industrial Center (GIIC) Deltamas Cikarang Jawa Barat. Peresmian pabrik ini makin istimewa sebab dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo tanggal 25 April 2017. Peresmian juga jadi penanda awal dimulainya proses produksi di pabrik yang memiliki nilai investasi sebesar Rp 7,5 triliun. Model pertama yang diproduksi adalah Pajero Sport. Xpander menyusul beberapa bulan kemudian usai diluncurkan di pameran GIIAS Agustus 2017 di BSD City Tangerang Banten dan mendapatkan banyak pesanan dari konsumen, Xpander juga diproduksi di pabrik GIIC Cikarang. Masih ada satu lagi yang bakal dirakit di pabrik Cikarang, yaitu model andalan di segmen kendaraan niaga ringan atau light commercial vehicle (LCV), Mitsubishi L300.

Di pabrik Mitsubishi Cikarang ini Xpander diproduksi secara besar-besaran

Baca : GIICOMVEC 2018 Resmi Dibuka, Mitsubishi Andalkan Colt L300 Jika diamati dengan seksama ketiga model di atas yakni Pajero Sport, Xpander dan L300 ternyata adalah andalan Mitsubishi di segmen masing-masing.

  • Pajero Sport masuk dua besar segmen sport ultility vehicle (SUV), bertarung dengan musuh bebuyutannya, Toyota Fortuner. Silahkan Baca Jarak Makin Dekat, Pajero Sport Bakal Ambil Alih Posisi Fortuner Di 2018?
  • Xpander jadi penantang utama mobil sejuta umat low MPV yang selama ini diperebutkan oleh Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga. Di bulan Januari 2018, penjualan Xpander bahkan sudah sangat mendekati Avanza dan sukses menyalip model Low MPV yang lain. Silahkan baca Penjualan Xpander yang Melebihi Ekspektasi di Januari 2018 dan menempel Ketat Avanza
  • Colt L300, mobil legendaris yang hampir lima dekade mengaspal di Indonesia. Penjualannya tak pernah surut bahkan tahun 2017 lalu menguasai pasar sebesar 80 persen dan masuk dalam poyeksi 2 juta unit kendaraan niaga ringan.

Model Colt L300 bakal segera pindah tempat produksi

Baca : Mitsubishi Bersiap Menuju 2 Juta Unit Penjualan Kendaraan Niaga Ringan Selama ini, Mitsubishi L300 sudah dirakit lokal di pabrik Pulo Gadung. Namun, semester 2 tahun 2018 nanti, Mitsubishi sudah merencanakan bakal memindah ke pabrik baru di Cikarang. “Rencana pemindahan produksi itu perkiraannya semester kedua tahun ini. Sementara terkait dengan bulan apa, kami akan informasikan lebih lanjut lagi,” tutur Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI di pameran GIICOMVEC 2018 di JCC, Kamis (1/3/2018). Di pabrik baru GIIC Deltamas Cikarang, Mitsubishi L300 bakal mendapat jatah produksi yang sama dengan Pajero Sport, yaitu 30.000 unit per tahun. Sedangkan sisa dari total kapasitas produksi pabrik yang 160.000 per tahun bakal digunakan untuk produksi Xpander, dan mungkin juga model lain. Sebab di pabrik Mitsubishi Pulo Gadung yang saat ini masih memproduksi Colt T120, Outlander Sport, dan kendaraan Fuso direncanakan bakal dipakai khusus untuk produksi kendaraan komersil Fuso milik PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).

Varian lokal Pajero Sport Exceed AT saat diluncurkan 17 Januari 2018