Mobil Desa Buatan Universitas Negeri Semarang Ini Siap Diproduksi Massal | Mobilmo.Com
Home / Berita / Mobil Desa Buatan Universitas Negeri Semarang Ini Siap Diproduksi Massal

Mobil Desa Buatan Universitas Negeri Semarang Ini Siap Diproduksi Massal

Mobil Desa, sekilas bila kita mendengar nama tersebut memang cukup aneh, mengapa harus dinamai dengan nama Mobil Desa.

Jika selama ini kita sering kali mendengar nama mobil Esemka yang baru-baru ini dikhabarkan sedang dalam persiapan untuk diproduksi secara masal, namun ternyata para mahasiswa dari Universitas Negeri Semarang juga sudah memiliki kendaraan yang sudah siap untuk menjadi mobil nasional. Mobil tersebut diberi nama Mobil Desa.

Pemberian nama tersebut mungkin bukan hanya sekedar nama saja melainkan disesuaikan dengan wilayah pembuatannya. Artinya mobil tersebut memang diciptakan khusus untuk digunakan di wilayah pedesaan sesuai dengan karakter Jawa Tengah.

Mobil Desa Buatan UNNES

Untuk pembuatan Mobilnya sendiri tetap melibatkan pabrik-pabrik lokal, seperti sasis dibuat di Tegal, sedangkan untuk rangka bodi dan juga mesinnya diproduksi di Semarang.

Walikota Semarang, Hendra Prihadi menjelaskan bahwa mobil tersebut sangat cocok sekali dugunakan di daerah Semarang dan sekitarnya, mengingat masyarakat saat ini lebih membutuhkan mobil yang tangguh. Apalagi kontur atau medan di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta lebih banyak tanah pegunungannya.

Bahkan dirinya juga menambahkan bahwa mobil terbaru yang diupayakan menjadi mobil nasional ini pun juga siap digunakan untuk membantu dalam berbagai upaya penanggulangan bencana. “Kita akan usahakan mobil asli Semarang ini dapat digunakan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), ” imbuhnya.

Masih menurut Hendra, untuk kapasitas mesin Mobil Desa buatan Nniversitas Negeri Semarang tersebut masih menggunakan mesin dengan kapasitas 1.0 liter. Namun, untuk kedepannya diharapkan nantinya bisa menggunakan mesin yang lebih besar lagi hingga mencapai 2.0 liter.

Mobil Desa Semarang

Sementara itu, pelopor produksi Mobil Desa Semarang, Widya Ariadi mengungkapkan bahwa kendaraan yang diciptakan tersebut sudah memenuhi dan lulus standar Emis Euro 2. Bahkan uji coba Mobil Desa tersebut juga sudah dilakukan dengan melintasi jalan hingga 100 ribu kilometer di berbagai medan berat.

Adapun untuk harga Mobil Desa Semarang ini kemungkinan akan dijual ke pasar lokal dengan harga dibawah Rp. 100 juta. Secara pastinya kita tunggu khabar berikutnya. Dan simak terus berita otomotif Indonesia terbaru di www.mobilmo.com.