Model MPV Paling Banyak Berkontribusi Terhadap Penjualan Toyota

27/09/2017 | Mobilmo.com

Toyota mencatatkan total penjualan kendaraan sebanyak 34.690 unit di bulan Agustus 2017. Angka ini naik 9.7 persen bila dibandingkan dengan bulan Juli 2017 yang terjual sebanyak 31.621 unit. Kontribusi besar masih diperoleh berkat dorongan dari beberapa produk andalan, khususnya di kelas Multi Purpose Vehicle atau MPV seperti Innova, Calya, dan mobil sejuta umat Avanza. Ketiganya menjadi tulang punggung penjualan mobil Toyota dengan kontribusi besar yang diberikan yakni mencapai 71.3 persen dari jumlah wholesales Toyota keseluruhan.

Booth Toyota di GIIAS 2017

Toyota Calya misalnya, di bulan Agustus sukses terjual sebanyak 5.992 unit, naik 7.5 persen dari bulan Juli yang terjual sebanyak 5.572 unit. Pada bulan yang sama, Toyota Innova juga mengalami kenaikan sebanyak 3.4 persen dibanding pada bulan sebelumnya. Meski harganya jauh lebih mahal dari Toyota Calya, Innova terjual lebih banyak unit, yaitu sebanyak 6.136 unit di bulan Agustus 2017. Prestasi penjualan paling unggul masih setia dipegang oleh MPV sejuta umat, Toyota Avanza. Tidak hanya mengalahkan sesama mobil merek Toyota, penjualan Avanza juga mengalahkan merek semua pabrikan. Terjual sebanyak 10.212 unit di bulan Agustus, Toyota Avanza berkontribusi paling besar dengan market share sebanyak 51.4 persen di segmen MPV. Meningkat sebanyak 12.2 persen dibanding bulan Juli 2017 yang terjual sebanyak 9.100 unit. Angka penjualan yang dibukukan Toyota menjadi bukti bahwa mobil ini masih menjadi prioritas utama pilihan keluarga Indonesia sekaligus makin mengukuhkan julukan Mobil Sejuta Umat yang disandangnya. Dari sejak diluncurkan pertama kali tahun 2003 mobil ini sudah terjual lebih dari 1.6 juta unit di pasar dalam negeri. ”Kinerja positif ini merupakan refleksi dari upaya Toyota yang berkomitmen tinggi memberikan Beyond Product, Beyond Technology, dan Beyond Service sebagai fondasi utama semangat Toyota Let’s Go Beyond,” ungkap Yoshihiro Nakata selaku Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), dalam keterangan resminya (26/9/2017).

Fortuner TRD di GIIAS 2017

Di tahun 2017 ini, PT. Toyota Astra Motor selain menghadirkan produk terbaru di Indonesia seperti Toyota Voxy, juga melakukan penyegaran pada beberapa merek yang sudah mengaspal seperti Innova Venturer, Fortuner TRD, New Corolla Altis, dan New Agya. Kesemua produk tersebut turut memberikan kontribusi terhadap naiknya penjualan bulanan mobil Toyota. Menurut Wakil Presiden Direktur PT. TAM, Henry Tanoto, Toyota selalu berupaya menghadirkan berbagai model produk Toyota yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan masyarakat. ”Kami berupaya menghadirkan produk-produk yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang kerap berkembang seiring meningkatnya taraf dan kualitas hidup,” kata Henry. Perbandingan penjualan mobil Toyota dengan merek lain Keperkasaan Toyota menguasai pasar kendaraan di Indonesia bukan tanpa ancaman. Di segmen MPV misalnya, kompetitor terus melakukan upaya untuk mengkudeta Toyota Avanza dari posisi puncak. Berbagai model mengalami pembaruan. Yang terbaru adalah meluncurnya duo Low MPV Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero. Melihat antusiasme yang tinggi dari masyarakat, Mitsubishi Xpander digadang-gadang bisa menjadi pesaing baru yang bisa mengejar dominasi Avanza. Sayang, hingga data wholesales bulan Agustus dirilis, nama Xpander dan Confero S belum masuk dalam catatan.

Secara mayoritas di bulan Agustus 2017 penjualan mobil segmen Low MPV mengalami kenaikan dari bulan sebelumnya. Berikut data penjualan empat model LMPV yang menempati peringkat empat besar di bulan Juli dan Agustus:
  • Toyota Avanza, bulan Juli terjual sebanyak 9.100 unit. Bulan Agustus naik, terjual sebanyak 10.212 unit.
  • Honda Mobilio, bulan Juli mengalami masa suram karena hanya terjual sebanyak 739 unit. Tapi di bulan Agustus penjualan meningkat mencapai 3.031 unit.
  • Daihatsu Xenia, bulan Juli terjual sebanyak 2.796 unit. Bulan Agustus naik cukup lumayan, terjual sebanyak 3.304 unit.
  • Suzuki Ertiga, bulan Juli sukses terjual sebanyak 2.894 unit. Bulan Agustus mengalami kenaikan, terjual sampai 3.028 unit.
Data wholesales tersebut seakan menjadi bukti kalau low MPV andalan Toyota tersebut masih sangat kokoh menjadi pilihan utama masyarakat meski berbagai model mengalami pembaruan. Apakah posisi itu akan tetap bertahan hingga akhir tahun 2017, tentu kita tidak bisa memastikan.