Berkendara di Jalan Sepi, Ini Tips Sederhana Biar Tidak Dibegal

12/08/2019 | Fatchur Sag

Dalam beberapa kesempatan Anda terkadang harus berkendara di jalan sepi baik sudah direncana sebelumnya, tidak sengaja, atau dalam kondisi terpaksa. Apapun alasannya ada hal penting yang harus Anda pahami saat melintasi jalanan sepi yaitu soal risiko. Bukan rahasia jalanan sepi seringkali jadi tempat paling 'nyaman' bagi para pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya.

Foto jalan sepi di malam hari

Berkendara sendirian di jalan sepi jadi tantangan tersendiri buat pengemudi

Namun bukan berarti tidak ada cara untuk meminimalisir. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan saat berkendara di jalan sepi agar tidak jadi korban kejahatan:

1. Konsentrasi penuh dan jangan biarkan pikiran kosong

Meski sedang suntuk karena menghadapi berbagai masalah, pikiran jangan sampai kosong. Anda harus tetap dalam konsentrasi penuh dan selalu waspada dengan kondisi sekitar.

>>> Waspada, Jangan Bermain Ponsel Saat Mengemudi Resiko Bahaya

2. Sigap berkendara

Perlu kesigapan dan gesit saat berkendara di jalan sepi. Saat melihat gelagat yang kurang baik segera menghindar sejauh mungkin. Meski demikian Anda tetap harus berhati-hati mengemudikan mobil.

Pengemudi berkonsentrasi penuh saat mengemudi di jalan raya

Tetap fokus dan waspada dengan keadaan di sekitar

3. Jaga kecepatan kendaraan

Gesit dan sigap bukan berarti Anda harus ngebut dengan kecepatan tinggi. Usahakan tetap membawa mobil sewajarnya, tidak terlalu pelan dan tidak terlalu kencang. Terlalu pelan berisiko diikuti pelaku kejahatan, sedangkan jika terlalu kencang Anda bisa saja kehilangan kontrol kendaraan yang berpotensi kecelakaan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

4. Cari tempat ramai untuk berhenti

Jangan sekali-kali Anda berhenti di lokasi yang sepi saat berkendara karena hal tersebut bisa mengundang tindak kejahatan seseorang. Jika ada urusan penting yang mengharuskan Anda berhenti, cari tempat ramai paling dekat dan berhenti di sana, lalu selesaikan urusan. Tempat ramai akan membuat pelaku kejahatan berpikir dua kali untuk melancarkan aksinya.

Selain empat tips di atas, hal lain yang perlu diperhatikan saat berkendara adalah tidak membawa atau memakai barang berharga terlalu mencolok karena potensi mengundang kejahatan akan makin besar terutama saat berkendara di jalan sepi. Lebih baik ditinggal di rumah jika tidak terlalu penting dibawa. Tapi bila harus dibawa, letakkan di tempat yang sulit terlihat atau samarkan dengan bawaan lain yang tidak terlalu berharga.

>>> Tak Ingin Celaka, Jangan Paksakan Diri Berkendara Saat Lelah Dan Mengantuk

Foto Handphone sedang dicas dalam mobil

Hindari membawa barang bawaan berharga terlalu mencolok saat berkendara

Jangan lupa juga untuk berdoa agar tetap mendapat perlindungan dari Yang Maha Kuasa dan tetap diberi keselamatan hingga sampai di tujuan. Bila semua ikhtiyar sudah dilakukan, tapi tetap saja jadi sasaran kejahatan, lebih baik Anda utamakan keselamatan jiwa dari pada harus mempertahankan harta benda.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik