Hati-Hati, Pedal Gas Mobil Tertahan Bisa Menyebabkan Kecelakaan Fatal

07/05/2019 | Abdul

Jika pedal gas mobil tertahan akan beresiko terjadi kecelakaan. Bahkan selain membahayakan pada diri sendiri juga bisa membahayakan pengendara lain. Salah satu langkah antisipasi yang dapat dilakukan agar tidak terjadi adalah dengan melakukan pengecekan dan perawatan pada kendaraan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan melakukan servis berkala di bengkel resmi atau bengkel langganan.

Gambar ini menunjukkan seseorang pengemudi sedang melaju di jalanan

Melakukan perawatan berkala dapat meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan

>>> Baca Juga, Miris, Sopir Daihatsu Taft Tak Sengaja Injak Pedal Gas 5 Orang Tewas Seketika

Beberapa kejadian yang terjadi pada saat pedal gas tersangkut atau tertahan maka mobil melaju dengan sangat kencang. Apabila tidak segera dilakukan penanganan maka terjadinya kecelakaan sangat  tinggi, walaupun sebenarnya dalam hal ini sistem pengereman masih dapat digunakan.

Kejadian seperti itu pernah terjadi di Missouri, Amerika Serikat pada beberapa tahun lalu. Jadi saat itu seorang wanita sedang mengemudikan mobil dan menyadari bahwa ternyata pedal gas kendaraan nyangkut. Mobil tersebut melaju dalam kecepatan 193 kpj dan lajunya terbilang mengerikan. Pada momen tersebut si wanita berhasil mengembalikan pedal gas pada mobilnya.

Yang jadi masalah adalah ketika pedal gas tidak bisa kembali dan tetap dalam keadaan ngegas. Dalam hal ini dari pihak National Geographic memberikan tayangan dan juga pilihan yang dapat dilakukan supaya mobil bisa berhenti.

Yang pertama adalah dengan mengandalkan rem tangan atau emergency brake, yang kedua memindahkan gigi pada posisi netral dan yang ketiga adalah mematikan mesin.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah mpobil putih terjadi kecelakaan

Pedal gas yang nyangkut bisa menyebabkan kecelakaan

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Dalam hal ini butuh pemahaman supaya dapat melakukannya untuk langkah berjaga-jaga jika mengalami kondisi pedal gas nyangkut.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan mengetahui jenis mobil yang dikendarai, apakah bertransmisi manual atau otomatis.  Apabila menggunakan transmisi manual maka sobat bisa mengatasi masalah tersebut dengan menginjak pedal kopling. Suara mobil akan meraung namun tenaga tidak disalurkan ke roda dan sobat bisa menghentikan mobil dengan menginjak pedal rem dengan pedal kopling masih diinjak.

Namun berbeda jika mengandalkan transmisi otomatis, pengemudi perlu memindahkan tuas pada posisi netral. Hal ini merupakan salah satu langkah yang terbilang baik, walaupun menurut pengakuan dari seorang wanita asal Sorento tersebut mengakui bahwa hal tersebut memang sulit dilakukan atau bisa dibilang tuas macet.

Pilihan lainnya adalah dengan melakukan penarikan pada rem darurat. Hanya saja untuk langkah ini mempunyai resiko saat mobil dalam keadaan melaju kencang. Mungkin untuk opsi selanjutnya adalah dengan mematikan mesin mobil. Walaupun setelahnya pengemudi masih perlu untuk menetralkan gigi transmisi dan juga mengendalikan laju kendaraan agar tidak keluar dari jalur.

>>> Lihat Juga, Ketahui Penyebab Pedal Rem Mobil Bergetar

Gambar ini menunjukkan beberapa pedal pada mobil

Beberapa cara dapat dilakukan untuk menghentikan mobil yang pedalnya nyangkut di jalan

Dengan melihat beberapa hal tentang tips mengatasi pedal gas mobil tertahan, maka pemilik kendaraan diharapkan untuk mencoba mencegahnya. Adapun langkah yang tepat untuk melakukannya adalah dengan melakukan servis berkala di bengkel resmi atau bengkel langganan yang sudah terpercaya. Dengan begitu maka terjadinya pedal yang mengunci dapat dicegah. Selain itu, apabila dirasakan pedal gas sudah terasa tidak seperti biasanya atau kurang nyaman, sebaiknya segera diatasi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik