Ini 3 Pelanggaran Lalu Lintas Paling Banyak Dilakukan Pengguna Jalan Tol

21/06/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Tidak adanya pemantauan dan tindakan tegas membuat jalan tol sarat dengan berbagai macam pelanggaran. Dan berikut pelanggaran paling sering dilakukan pengguna jalan tol.

Beroperasinya jalan tol Trans Jawa dan jalan tol lain di berbagai daerah membuat perjalanan dari satu kota ke kota lain lebih menyenangkan. Selain lebih lancar, waktu tempuh antar kota juga lebih singkat sehingga waktu yang dimiliki bisa dimaksimalkan untuk hal-hal yang bermanfaat dibanding dihabiskan di jalanan.

Sayang, kondisi jalan tol yang bagus dan lalu lintas yang tak terlalu ramai justru memunculkan satu permasalahan baru, yaitu perilaku pengemudi yang tidak mengindahkan aturan berlalu lintas. Di akui atau tidak diakui, Anda yang mengemudi di jalan tol pasti menjumpainya atau bahkan Anda sendiri melakukan pelanggaran.

Di perjalanan singkat yang kami lakukan dari pintu masuk jalan tol di kota Ungaran, Jawa Tengah hingga keluar di exit tol kota Weleri Kendal Jawa Tengah kami menjumpai banyak sekali pengguna jalan tol melakukan pelanggaran berlalu lintas dengan jenis yang beragam.

Pertama; Melanggar batas kecepatan

Foto rambu-rambu batas kecepatan di jalan tol

Rambu-rambu batas kecepatan bukan hiasan jalan raya

Batas kecepatan di jalan tol ditandai dengan adanya rambu-rambu kecepatan batas maksimum dan batas minimum. Batas atas 100 km/jam dan 80 km/jam, sedangkan batas bawah 60 km/jam. Pada prakteknya mayoritas pengendara melanggar batas kecepatan ini. Kami yang melaju dengan kecepatan maksimum sesuai yang diizinkan harus rela disalip pengendara lain dengan kecepatan cukup tinggi.

>>> Jangan Asal Ngebut Lewat Jalan Tol, Perhatikan Batas Kecepatan

Kedua; Berjalan pelan di lajur kanan

Foto menunjukkan mobil menyalip melalui lajur kiri di jalan tol karena ada mobil berjalan pelan di lajur kanan

Harus tahu diri kalau kendaraan tak bisa cepat mesti berjalan di lajur kiri

Rambu-rambu lain yang banyak terpajang di sepanjang jalan tol adalah 'Lajur Kanan Hanya Untuk Mendahului'. Artinya pengendara harus selalu berada di selain lajur kanan, entah itu di lajur tengah atau di lajur kiri. Yang kami temui, banyak pengendara yang tetap menggunakan lajur kanan meski kendaraannya 'pelan' atau tidak sedang menyalip. Walhasil, hal ini membuat pengendara di belakang yang lebih cepat harus menyalip lewat kiri.

>>> Membentang Lebih Dari 1.000 Km, Ini Fakta Menarik Jalan Tol Trans Jawa

Ketiga; Menyalip lewat kiri menggunakan bahu jalan

Foto menunjukkan mobil menyalip menggunakan bahu jalan tol

Bahu jalan tidak boleh digunakan selain dalam situasi darurat

Rambu berikutnya yang sering dilanggar pengguna jalan tol yaitu larangan menyalip lewat kiri menggunakan bahu jalan. Biasanya hal ini dilakukan karena ada kendaraan lain yang berjalan konsisten di lajur kanan atau lajur kanan terlalu ramai sehingga tidak memungkinkan untuk menyalip kecuali lewat kiri. Yang lebih melanggar lagi, banyak pengendara tidak sabaran dan menyalip dengan kecepatan melebihi batas maksimum diizinkan melalui bahu jalan yang sebenarnya hanya boleh digunakan saat darurat saja.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Tiga pelanggaran tersebut paling banyak dilakukan pengguna jalan tol, namun yang paling besar persentasenya adalah pelanggaran batas kecepatan. Silahkan Anda buktikan sendiri, kalau pas bawa kendaraan di jalan tol berjalanlah dengan kecepatan maksimum diizinkan sesuai rambu-rambu. Anda pasti jadi yang paling pelan dibanding kendaraan lain.

Apapun alasannya (terkecuali darurat) melanggar rambu-rambu tetaplah pelanggaran. Dalam opini kami tidak adanya pemantauan dan tindakan tegas dari pihak berwajib atau pengelola jalan tol turut andil dalam terciptanya berbagai macam pelanggaran lalu lintas di jalan tol. Biasanya baru dipermasalahkan saat terjadi hal-hal buruk seperti kecelakaan fatal dengan banyak korban.

Foto petugas melakukan evakuasi terhadap mobil minibus yang kecelakaan di depan rest area 391A Tol Trans Jawa saat mudik

Penyesalan selalu datang belakangan

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca