Jangan Nekat, Begini Tips Tetap Terjaga Saat Perjalanan Jauh

19/06/2019 | Abdul

Memang tidak dipungkiri, perjalanan jauh dapat membuat pengemudi kelelahan. Sehingga rasa kantuk timbul dan merupakan hal yang wajar. Sebagai pengemudi hanya bisa berusaha dan selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap prima agar selamat sampai tujuan dan tidak terjadi masalah. Berikut ini merupakan tips tetap terjaga saat perjalanan jauh dengan mobil yang bisa dilakukan pengemudi.

1. Berbincang Dengan Penumpang

Dalam hal ini penumpang bisa meliputi semua yang ada di dalam mobil, baik itu keluarga, teman ataupun pacar, tergantung bepergian dengan siapa. Dengan melakukannya selama perjalanan maka rasa bosan tidak akan menghampiri. Karena rasa kantuk timbul saat seseorang merasa bosan selama perjalanan dengan mobil.

Gambar ini menunjukkan 4 orang berada di dalam kendaraan

Berbicara tentang berita terpanas membuat tidak mengantuk

>>> Lihat Juga, Benarkah Mobil Sarana Transportasi Paling Berbahaya?

2. Mengatur Temperatur Sedikit Dingin

Selanjutnya untuk tips terjaga saat perjalanan jauh adalah dengan mengatur temperatur suhu dalam kabin lebih dingin. Jika suhu dalam kabin hangat dan nyaman maka biasanya dapat membuat rasa kantuk datang melanda. Sobat bisa menurunkan suhunya beberapa derajat sekiranya bisa menjadikan berkendara tetap fokus.

3. Menyalakan Musik

Saat akan menempuh perjalanan jauh sebaiknya mempersiapkan lagu kesukaan yang bisa membuat semangat timbul dan menghilangkan rasa kantuk. Biasanya lagu yang hafal liriknya sehingga bisa mengikuti atau ikut menyanyikannya. Sobat bisa menyiapkannya di ponsel ataupun flashdisk yang nantinya disambungkan pada audio mobil. Bahkan dari pihak Southern State Insurance melakukan penelitian dan menyebutkan bahwasanya menyanyi bisa membantu fokus dan juga membuat lebih santai saat mengemudi.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang memasang kabel pada ponsel

Menyalakan musik bisa dengan mengandalkan flashdisk atau ponsel

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

4. Sistem Peringatan Jalur

Memang fitur ini hanya terdapat pada beberapa kendaraan saja dan tidak semuanya memiliki. Nah bagi pemilik mobil yang mempunyai fitur ini akan lebih tenang. Hal tersebut dikarenakan saat pengemudi mengantuk dan keluar jalur maka fitur ini akan memberikan peringatan. Dengan begitu pengemudi bisa berhenti sejenak untuk membuat tubuh kembali fit.

5. Mengkonsumsi Kafein

Tips tetap terjaga saat perjalanan jauh selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi sedikit kopi. Dengan melakukannya fokus pengemudi bisa tetap terjaga. Sobat bisa membuatnya sendiri atau membelinya, pahitnya kopi bisa membuat pengemudi tetap terjaga saat berkendara. Bisa juga dengan menyiapkan minuman energi untuk langkah berjaga-jaga.

>>> Baca Juga, Jangan Paksa Mobil LCGC Buat Mudik Jarak Jauh

Gambar ini menunjukkan beberapa orang sedang makan bersama di depan kendaraan

Istirahat diperlukan untuk mengembalikan stamina tubuh

6. Beristirahat

Ketika berkendara jarak jauh dan terasa lelah maka jangan memaksakan untuk mengemudi sampai ke lokasi yang dituju. Alangkah baiknya beristirahat sejenak di rest area atau tempat yang dirasa tepat untuk mengembalikan stamina tubuh, apalagi jarak ke tempat tujuan masih jauh. Jika tubuh lelah bisa menimbulkan rasa kantuk dan jika dipaksakan tetap mengemudi akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips tetap terjaga saat perjalanan jauh dengan mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Berita sama topik

  • 15/10/2019 | Abdul

    Tips Hemat BBM, Ini Hal Yang Dilakukan Selain Teknik Eco Driving

    Mobil yang hemat bahan bakar biasanya akan lebih laris manis, hal tersebut dikarenakan dapat menekan biaya pengeluaran. Seperti yang diketahui, bahwa untuk membuat mobil lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar biasanya dengan mengandalkan teknik berkendara atau biasa disebut dengan Eco Driving. Namun ternyata tidak hanya itu saja, masih ada tips hemat BBM lainnya.

  • 24/09/2019 | Fatchur Sag

    PPJT Diteken, Jalan Tol Semarang-Demak 27 Km Segera Digarap

    Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) untuk proyek Jalan Tol Semarang-Demak resmi ditandatangani antara Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jakarta, Senin (23/9/2019). Dengan demikian proyek pembangunan jalan tol Semarang-Demak bisa segera digarap.

  • 23/09/2019 | Fatchur Sag

    Ada Smart SIM, Yang Lama Perlu Ganti?

    Selain berlaku sebagai Surat Izin Mengemudi, Smart SIM menawarkan berbagai layanan digital yang sangat menarik seperti identitas diri layaknya KTP serta jadi uang elektronik yang bisa dipakai beragam keperluan. Lantas, perlukan SIM lama diganti dengan Smart SIM?