Jangan Nekat, Begini Tips Tetap Terjaga Saat Perjalanan Jauh

19/06/2019 Abdul Pengemudian mobil

Mempunyai sebuah mobil tidak hanya untuk beraktifitas keseharian. Bahkan banyak orang yang menggunakannya untuk menempuh perjalanan jauh seperti mudik ataupun wisata ke tempat yang diinginkan. Namun rasa kantuk kadang melanda, tapi jangan khawatir karena kali ini kami memberikan tips tetap terjaga saat perjalanan jauh menggunakan mobil.

Memang tidak dipungkiri, perjalanan jauh dapat membuat pengemudi kelelahan. Sehingga rasa kantuk timbul dan merupakan hal yang wajar. Sebagai pengemudi hanya bisa berusaha dan selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap prima agar selamat sampai tujuan dan tidak terjadi masalah. Berikut ini merupakan tips tetap terjaga saat perjalanan jauh dengan mobil yang bisa dilakukan pengemudi.

1. Berbincang Dengan Penumpang

Dalam hal ini penumpang bisa meliputi semua yang ada di dalam mobil, baik itu keluarga, teman ataupun pacar, tergantung bepergian dengan siapa. Dengan melakukannya selama perjalanan maka rasa bosan tidak akan menghampiri. Karena rasa kantuk timbul saat seseorang merasa bosan selama perjalanan dengan mobil.

Gambar ini menunjukkan 4 orang berada di dalam kendaraan

Berbicara tentang berita terpanas membuat tidak mengantuk

>>> Lihat Juga, Benarkah Mobil Sarana Transportasi Paling Berbahaya?

2. Mengatur Temperatur Sedikit Dingin

Selanjutnya untuk tips terjaga saat perjalanan jauh adalah dengan mengatur temperatur suhu dalam kabin lebih dingin. Jika suhu dalam kabin hangat dan nyaman maka biasanya dapat membuat rasa kantuk datang melanda. Sobat bisa menurunkan suhunya beberapa derajat sekiranya bisa menjadikan berkendara tetap fokus.

3. Menyalakan Musik

Saat akan menempuh perjalanan jauh sebaiknya mempersiapkan lagu kesukaan yang bisa membuat semangat timbul dan menghilangkan rasa kantuk. Biasanya lagu yang hafal liriknya sehingga bisa mengikuti atau ikut menyanyikannya. Sobat bisa menyiapkannya di ponsel ataupun flashdisk yang nantinya disambungkan pada audio mobil. Bahkan dari pihak Southern State Insurance melakukan penelitian dan menyebutkan bahwasanya menyanyi bisa membantu fokus dan juga membuat lebih santai saat mengemudi.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang memasang kabel pada ponsel

Menyalakan musik bisa dengan mengandalkan flashdisk atau ponsel

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

4. Sistem Peringatan Jalur

Memang fitur ini hanya terdapat pada beberapa kendaraan saja dan tidak semuanya memiliki. Nah bagi pemilik mobil yang mempunyai fitur ini akan lebih tenang. Hal tersebut dikarenakan saat pengemudi mengantuk dan keluar jalur maka fitur ini akan memberikan peringatan. Dengan begitu pengemudi bisa berhenti sejenak untuk membuat tubuh kembali fit.

5. Mengkonsumsi Kafein

Tips tetap terjaga saat perjalanan jauh selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi sedikit kopi. Dengan melakukannya fokus pengemudi bisa tetap terjaga. Sobat bisa membuatnya sendiri atau membelinya, pahitnya kopi bisa membuat pengemudi tetap terjaga saat berkendara. Bisa juga dengan menyiapkan minuman energi untuk langkah berjaga-jaga.

>>> Baca Juga, Jangan Paksa Mobil LCGC Buat Mudik Jarak Jauh

Gambar ini menunjukkan beberapa orang sedang makan bersama di depan kendaraan

Istirahat diperlukan untuk mengembalikan stamina tubuh

6. Beristirahat

Ketika berkendara jarak jauh dan terasa lelah maka jangan memaksakan untuk mengemudi sampai ke lokasi yang dituju. Alangkah baiknya beristirahat sejenak di rest area atau tempat yang dirasa tepat untuk mengembalikan stamina tubuh, apalagi jarak ke tempat tujuan masih jauh. Jika tubuh lelah bisa menimbulkan rasa kantuk dan jika dipaksakan tetap mengemudi akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips tetap terjaga saat perjalanan jauh dengan mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca

  • Minimalkan Korban Kecelakaan, Karoseri Bus Laksana Terapkan Uji Kekuatan Kursi Berstandar Eropa

    Minimalkan Korban Kecelakaan, Karoseri Bus Laksana Terapkan Uji Kekuatan Kursi Berstandar Eropa

    16/07/2019

    Karoseri bus Laksana Ungaran, Jawa Tengah menerapkan standar uji keselamatan Seat and Anchorage Strength Test untuk menghasilkan kekuatan terbaik kursi bus dan anchorage yang terpasang pada struktur bus. Uji kekuatan kursi berstandar Eropa ini dilakukan sebagai upaya meminimalkan korban kecelakaan yang mungkin terjadi saat bus melintas di jalan raya.

  • Mengetahui Cara Kerja Airbag Pada Mobil

    Mengetahui Cara Kerja Airbag Pada Mobil

    11/07/2019

    Beragam teknologi dan fitur disematkan pada mobil untuk mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara. Hal tersebut ditujukan kepada pengemudi dan penumpang agar bisa selama perjalanan dapat terasa menyenangkan dan selamat sampai tujuan. Salah satu fitur jaman sekarang yang menjadi standar pada kendaraan adalah airbag. Lantas bagaimana cara kerja airbag?

  • Penting Tak Penting Lampu DRL, Ini Fungsinya Bagi Keselamatan
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Penting Tak Penting Lampu DRL, Ini Fungsinya Bagi Keselamatan

    10/07/2019

    Lampu Daytime Running Light (DRL) bukanlah lampu utama. Namun, keberadaannya sangat membantu meningkatkan keselamatan pengendara. Sebenarnya seberapa besar lampu DRL dibutuhkan dan apa saja fungsinya, simak info berikut!