Musim Mudik Telah Berlalu, Trafik Jalan Tol Tetap Tinggi

24/06/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol masih cukup tinggi meski musim mudik telah usai. Itulah yang terpantau di ruas jalan tol Solo-Ngawi dalam beberapa hari terakhir.

Jadi tumpuan perjalanan saat arus mudik lebaran 2019, jalan tol wajarnya kembali normal usai momen berlalu. Namun itu belum terjadi di jalan Tol Trans Jawa khususnya ruas tol Solo-Ngawi. Menurut Jasamarga Solo Ngawi (JSN) hingga saat ini trafik jalan tol Solo-Ngawi masih terpantau cukup tinggi meski lebaran sudah berlalu lebih dari 15 hari.

"Khususnya dari arah barat ke timur, lalu lintasnya masih terpantau di atas normal," tutur Direktur Utama PT JSN, Ari Wibowo seperti dikutip dari Suaramerdeka, (22/6/2019).

Foto menunjukkan lalu lintas di jalan tol Trans Jawa dalam kondisi ramai

Jalan Tol Trans Jawa, jarak tempuh Jakarta-Surabaya makin singkat

>>> Ini 3 Pelanggaran Lalu Lintas Paling Banyak Dilakukan Pengguna Jalan Tol

JSN mencatat ada sekitar 17 ribu kendaraan melintas di ruas tol Solo-Ngawi setiap harinya baik yang dari arah timur ke barat maupun sebaliknya. Angka tersebut lebih tinggi dari trafik normalnya yang hanya berkisar 10 ribu sampai 12 ribu kendaraan setiap hari. Sampai kapan trafik ini bakal tetap tinggi JSN tidak bisa memprediksi. "Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata normal, yaitu di kisaran 11.000 s.d. 12.000 kendaraan/hari," ungkapnya.

Sementara itu fasilitas layanan 'Top Up' saldo e toll yang disediakan di setiap gerbang tol saat musim mudik lebaran hingga arus balik sudah dihentikan. Pengemudi harus memastikan uang elektroniknya masih tersedia dan cukup saat hendak melintasi jalan tol. Atau melakukan top up di rest area bila tengah berada di perjalanan.

Penutupan lain yang dilakukan JSN adalah gerbang tol Gondangrejo. Gerbang tol ini dibuka secara fungsional pada saat H-10 hingga H+10 Lebaran untuk kelancaran arus mudik dan arus balik. Setelahnya gerbang tol ditutup kembali sampai mendapatkan surat uji layak fungsi dari Kemenhub. "Termasuk gerbang tol Gondangrejo, sudah kembali ditutup setelah H+10 Lebaran kemarin," kata Ari. "Operasionalnya masih terbatas karena statusnya masih belum mengantongi surat uji layak fungsi," tutupnya.

>>> Terlanjur Masuk Tol Dan Saldo E-Toll Tidak Cukup, Ini Solusinya

Foto Gerbang Tol Gondangrejo, belum difungsikan seratus persen

Gerbang Tol Gondangrejo menunggu hasil uji kelaikan sebelum resmi dioperasikan penuh

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca