Pentingnya Memakai Sabuk Pengaman Di Kursi Belakang

07/02/2018 | Mobilmo.com

Saat mengendarai Mobil tentunya yang diharapkan oleh pengemudi serta penumpang belakang adalah selamat sampai tujuan. Hal tersebut memang sesuatu yang sangat penting karena keselamatan merupakan harga yang mahal. Namun seringkali ada hal yang sering dilupakan oleh penumpang bagian belakang. Hal yang sering diabaikan adalah memakai sabuk pengaman di kursi belakang. Biasanya yang memakai sabuk pengaman adalah penumpang depan saja, padahal keselamatan yang diinginkan adalah semua yang berada di dalam Mobil. Sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan bisa saja terjadi oleh siapa saja dan kapan saja. Tentunya jika terjadi hal tersebut namun sabuk pengaman tidak dipakai akan sangat beresiko. Mungkin bagi penumpang depan akan terbantu dengan penggunaan sabuk pengaman sehingga tidak terbentur kaca depan atau kemudi. Tetapi bagaimana pada penumpang belakang yang tidak menggunakannya, tentunya akan terpental ke depan dan beresiko cidera parah. Oleh sebab itulah sangat dianjurkan memakai sabuk pengaman di kursi belakang demi menjaga keselamatannya.

  • Dapat membahayakan penumpang lainnya
  • Selain resiko di atas, bagi penumpang yang tidak memakai sabuk pengaman bisa menimpa atau berbenturan dengan penumpang lain yang memakainya. Bagaimana tidak, penumpang akan terbentur kesana dan kemari, sementara penumpang yang menggunakan sabuk pengaman berdiam di tempat mereka duduk.

    Cara kerja sabuk pengaman

    Pada saat mengalami kecelakaan maka penumpang belakang yang tidak memakai sabuk pengaman bisa bergerak begitu cepat mengikuti laju Mobil. Hal tersebut terjadi sebelum benturan. Biasanya gerakan meluncur tersebut ke arah depan, akan tetapi kadang juga bergerak menuju samping. Akan tetapi yang lebih parah adalah terpental keluar dari Mobil. Apabila memakai sabuk pengaman di kursi belakang akan terasa lebih aman. Resiko terjadinya benturan atau kontak dengan benda lain yang berada pada interior Mobil juga semakin kecil. Hal tersebut dikarenakan penumpang yang menggunakan sabuk pengaman akan tetap berada di kursi saat terjadi kecelakaan karena ditahan oleh sealt belt tersebut.