Penyebab Body Roll Pada Mobil Dan Cara Mengatasinya

13/04/2018 | Mobilmo.com

Istilah pada kendaraan banyak sekali jenisnya. Apalagi saat melihat review di pameran ataupun melihatnya di youtube, banyak istilah yang digunakan. Berbagai macam istilah seperti eksterior, interior, ground clearance dan masih banyak lagi yang lainnya. Salah satu dari banyaknya istilah adalah body roll pada mobil.

Body roll pada Mobil merupakan salah satu kondisi dimana bodi Mobil dalam keadaan terlempar ke luar jalur. Hal tersebut biasanya terjadi saat berbelok atau ketika melakukan manuver tajam. Untuk istilah sederhananya adalah Mobil terasa limbung atau terlempar.

Terjadinya body roll mobil bisa dikarenakan ground clearance yang terlalu tinggi

Bagi Mobil dengan ground clearance yang tinggi, hal tersebut sudah tidak asing lagi. Mobil yang masuk seperti yng dijelaskan sebelumnya adalah Mobil low MPV. Untuk pengemudi diharuskan supaya mengetahui tingkat body roll pada mobilnya. Hal ini bertujuan saat melintasi tikungan tajam bisa menentukan kecepatannya dengan tepat. Jika tidak, maka bisa saja terlalu cepat dan menyebabkan kendaraan terlempar.

Sebab body roll pada Mobil terjadi

Jadi body roll juga ada penyebabnya seperti mjsalnya bodi Mobil yang terlalu tinggi. Tidak hanya itu, ground clearance yang terlalu tinggi juga dapat berkemungkinan menyebabkan  body roll. Biasanya hal tersebut dapat terlihat jelas saat Mobil melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi dan akan melakukan perpindahan jalur. Maka bodi belakang Mobil seperti berat untuk mengikuti gerakan kendaraan saat melakukan perpindahan.

>>> Mungkin tertarik, Benarkan Melakukan Engine Brake dapat menyebabkan Mobil Rusak

Penyebab lainnya adalah bagian suspensinya yang terlalu empuk atau lembut. Jadi jika suspensi yang dimilikinya empuk maka bodi akan terjadi gaya sentrifugal ketika Mobil melaju dalam kecepatan tinggi dan selanjutnya suspensi akan menopangnya. Kejadian ini membuat bodi terlempar dari chasisnya sehingga Mobil terasa tidak stabil atau limbung. Melihat kondisi tersebut maka diketahui alasan mengapa Mobil yang memiliki mesin dengan kecepatan tinggi akan menggunakan suspensi yang rigid.

Suspensi yang terlalu empuk juga menjadi penyebab body roll

Cara mengatasi Body Roll pada Mobil

Apabila body roll sudah cukup parah akan terasa limbung dapat mengganggu kenyamanan ketika berkendara. Baik itu dari segi pengemudi ataupun penumpang, jadi sangat disarankan untuk melakukan beberapa hal supaya dapat mengurangi gejala yang terjadi akibat body roll.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips pengemudian lainnya

Adapun hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan pergantian suspensi dengan yang lebih rigid atau keras. Dengan begitu gejalanya akan berkurang dan Mobil terasa lebih nyaman. Namun untuk keamanan tidak akan sejajar dengan kenyamanan, jadi dengan menggantinya akan meningkatkan keamanan dalam berkendara tapi mengurangi kenyamanannya. Seperti misalnya Mobil lebih stabil namun suspensi agak terasa keras.

Untuk cara selanjutnya mengatasi body roll pada Mobil adalah dengan memperkuat rangka dengan memasang sway bar, anti-roll bar atau bisa juga stabilizer link. Pada umumnya terdapat banyak istilah yang diberikan pada benda tersebut, namun jika Anda mengatakannya pada toko aksesori pasti banyak yang paham.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik lainnya

Cara yang termudah adalah dengan mengggunakan sway bar yang cara kerjanya dengan mengikat suspensi belakang bagian kanan dan kiri. Jika dilihat dari bentuk akan seperti besi yang melintang di bawah Mobil bagian belakang, akan tetapi seringkali warnanya sangat mencolok seperti orange dan merah.

Swaybar merupakan salah satu cara mengatasi Body roll

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menambahkan strut bar di ruang mesin. Bentuknya sama seperti sway bar, hanya saja letaknya berada di depan dan mengikat suspensi kanan dan kiri bagian depan yang melintang di ruang mesin. Dengan pemasangan kedua aksesori tersebut dapat menambahkan keamanan ketika dalam perjalanan.

Demikianlah informasi mengenai istilah Body Roll pada Mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.