Bagaimana Cara Kerja NOS Menambah Tenaga Mesin?

24/01/2019 | Arfian Alamsyah

Bagi Anda yang pernah mengalami masa muda di era 2000-an awal, ataupun penyuka film layar lebar The Fast And The Furious dari seri pertama Anda pasti familiar dengan tabung NOS dan tentunya menark untuk mengetahui cara kerja NOS. NOS merupakan akronim alias kependekan dari gas Nitrous Oxide System. Ketika aliran gas NOS dialirkan ke mesin, seketika itu juga mobil seperti meledak tenaganya, dan proses akselerasi akan dapat dilakukan dengan cepat dan efektif. Lalu sebenarnya bagaimana sih cara kerja NOS?

>>> Ini bedanya VTEC dengan i-VTEC

Tabung dan perangkat sistem NOS

NOS dapat menambahkan tenaga dengan instan ke mesin mobil

“Secara umum NOS adalah pembawa oksigen, jadi di tempratur tertentu yang agak tinggi, antara Nitrogen dengan Oksigen dapat terpecah menjadi dua. Nah apabila gas tersebut ditambahkan dengan jumlah bahan bakar yang pas, maka itu sama aja seperti kita memampatkan udara paksa ke mesin. Jadi intinya cara kerja NOS itu menambahkan udara kedalam mesin, makanya ketika udara tersebut tersuntik kedalam mesin, secara otomatis tenaga dari mesin menjadi berkali lipat. Namun instalasi NOS ke mesin harus benar, agar cara kerja NOS tadi dapat sempurna,” papar Yongki Prioutomo atau yang akrab disapa Om Turbo.

>>> Temukan ulasan mobil baru terbaik dan mendalam disini

NOS sangat dipengaruhi oleh film The Fast And The Furious

Penggunaan NOS juga dipopulerkan oleh film The Fast And The Furious

Lalu mengapa NOS tidak sepopuler turbocharger? Karena sesuai penjelasan cara kerja NOS tadi, lonjakan tenaga ketika NOS tersuntik kedalam mesin begitu instan dan enggak semua pengemudi mampu mengendalikan mobilnya ketika NOS in charge. Berbeda dengan turbocharger yang lonjakan tenaganya simultan dan terprediksi, makanya penggunaan NOS biasanya hanya populer di ajang adu kebut lurus alias drag race.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 10/10/2019 | Abdul

    Beresiko Putus, Begini Cara Merawat Fan Belt Agar Lebih Awet

    Mobil terdiri dari beberapa komponen yang sangat penting pada kendaraan. Salah satunya adalah fan belt yang mempunyai fungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju ke komponen pendukung lain seperti misalnya adalah kompresor AC mobil. Agar dapat bekerja dengan baik maka perlu dilakukan perawatan. Lantas bagaimana cara merawat fan belt pada mobil.

  • 08/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Masih Banyak Beredar, Begini Cara Mengenali Pelek Palsu Atau Asli

    Mengganti pelek merupakan cara termudah untuk mempercantik tampilan mobil. Para penjual pelek pun bisa ditemui dengan mudah, lengkap dengan berbagai model serta jenis peleknya. Namun hati-hati, masih ada pelek palsu beredar di pasaran. Berikut cara mengenali pelek palsu atau asli.

  • 07/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Ada 5 Kebiasaan Buruk Membuat Kopling Cepat Rusak

    Harga yang lebih murah, dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit menjadi beberapa alasan mobil manual tetap digemari. Bagi Anda pengemudi yang masih menggunakan mobil manual, keberadaan kopling tentu saja sangat penting. Ada 5 kebiasaan buruk yang kerap membuat kopling cepat rusak. Tentunya kelima kebiasaan ini harus ditinggalkan. Apa saja?