Banyak Merek Oli Beredar, Bagaimana Cara Memilih Oli Yang Tepat?

07/08/2019 Arfian Alamsyah Perawatan mobil

Jika diibaratkan sebagai spare part, oli mobil merupakan komponen fast moving atau yang cepat untuk diganti baru karena aus. Yang jadi masalah adalah banyak merek oli beredar di pasaran, lantas bagaimana cara terbaik memilih oli yang tepat untuk mobil Anda?

Saat ini dipasaran sangat banyak merek oli yang beredar. Masing-masing oli tersebut dipasarkan dengan cara yang berbeda dan mentargetkan pasar yang berbeda pula. Tentu saja hal tersebut kerap membuat bingung pemilik mobil dalam memilih oli mobil yang pas untuk mereka. Lantas, jika banyak merek oli beredar, bagaimana cara memilih oli yang tepat untuk mobil Anda? 

>>> Mengapa pipa saringan udara mobil Anda penuh oli? Ternyata ini sebabnya

Tampak komponen internal mesin Mercedes-Benz W211

Ketika dibongkar, piston yang bersih menjadi salah satu indikator pembakaran sempurna dan oli cocok

Pertama yang harus dilakukan adalah, Anda harus tahu dulu berapa nilai visikotas oli standar mobil Anda. Misalnya 10W-30 atau 5W-40 berarti oli mobil Anda standarnya adalah sesuai dengan kode tersebut. Anda bisa bebas memilih oli yang beredar di pasaran. Kedua, setelah oli dituang masuk kedalam mesin, Anda harus rasakan apakah mesin mobil Anda lebih halus atau tidak, dan selalu pantau temperatur, apakah terjadi perubahan.

>>> Apa itu engine flushing dan kapan harus dilakukan?

Gambar menunjukkan Oli mobil Toyota Rush

Jangan sampai salah spesifikasi oli mobil Anda ya!

Bila tidak, berarti oli yang Anda pilih tersebut cocok di mesin mobil Anda. Apalagi jika ditambah akselerasi mobil menjadi lebih ringan dan konsumsi BBM jadi tambah irit, berarti oli mobil yang Anda pilih sudah pas. Namun, jika yang terjadi sebaliknya, maka Anda perlu memilih ulang oli mobil Anda. Bisa jadi tidak pas dengan karakter internal mesin mobil Anda atau spesifikasinya tidak cocok. 

>>> Dapatkan tips and trick menarik seputar teknis mobil hanya di Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca