Ini Alasan Mengapa Mobil Slalom Dominan Dengan Mobil Penggerak Roda Depan

01/08/2019 Arfian Alamsyah Perawatan mobil

Slalom merupakan salah satu olahraga otomotif yang hemat dan mengutamakan ketangkasan mengemudi. Olahraga ini diminati karena selain tidak membutuhkan lokasi yang terlalu luas untuk terselenggaranya acara, motorsport ini juga relatif hemat biaya. Dan inilah alasan mengapa mobil slalom dominan dengan mobil penggerak roda depan.

Olahraga slalom merupakan salah satu cabang olahraga otomotif yang berkembang dan mengutamakan ketangkasan mengemudi. Motorsport jenis ini cukup digemari di Indonesia karena relatif hemat biaya baik dalam hal penyelenggaraan dan biaya mempersiapkan mobil untuk berkompetisi. Dan jika diperhatikan mobil yang dominan ikut ajang ini adalah mobil dengan penggerak roda depan. Ini adalah alasan tekniknya.

>>> Anda berminat turun reli pertama kali? Ini alasannya kenapa harus mulai dari FWD

Mobil Toyota Agya Slalom

Toyota Agya merupakan mobil yang favorit untuk diajak slalom

Mobil dengan penggerak roda depan umumnya memiliki radius putar yang baik, sebab as roda menjadi satu dengan sistem penggerak. Jadi ackermann steering angle-nya lebih dapat dimaksimalkan kerebahannya. Hal tersebut membuat mobil FWD atau yang berpenggerak roda depan menjadi lebih dominan saat mengikuti ajang slalom. Mobil FWD atau Front Wheel Drive ini juga diklaim lebih presisi dalam melakukan manuver.

>>> Mending FWD atau RWD? Ini masing-masing kelebihan dan kekurangannya

Gambar Menunjukkan Toyota Agya Melakukan Slalom

Mobil FWD lebih sempit radius putarnya sehingga lebih lincah

Maka jangan heran jika mobil FWD lebih dominan ikut slalom dibandingkan dengan mobil berpenggerak roda belakang atau bahkan AWD (All Whell Drive). Jadi itulah alasan mengapa mobil slalom dominan dengan mobil berpenggerak roda depan dan marak digunakan untuk ajang slalom. Adapun mobil-mobil yang dominan di ajang slalom seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio hingga Honda Jazz.

>>> Temukan tips teknik dengan bahasan mendalam hanya di Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca