Jangan Dibiarkan, Lima Hal Ini Bikin Mobil Boros BBM

13/10/2018 | Fatchur Sag

Berbicara soal irit dan boros BBM pada mobil sebenarnya hanya karena satu alasan, yaitu soal biaya atau pengeluaran. Semua orang pasti lebih suka mobil kesayangannya irit BBM karena pengeluaran yang dikeluarkan bisa lebih hemat. Pada kenyataannya banyak dari pemilik mobil mengeluhkan mobilnya boros BBM dan tak tahu jalan keluar untuk mengatasi. Mereka memilih menyerah dan mengambil jalan pintas dengan cara JARANG-JARANG pakai mobil. Om Heron, ahli oprek mesin dari bengkel R Speed Jakarta dalam perbincangannya dengan salah satu media otomotif belum lama ini menjelaskan mobil boros BBM tidak hanya disebabkan cara mengemudi, tapi karena faktor mobilnya juga.

Setidaknya ada lima hal yang menyebabkan mobil boros BBM dan harus diatasi:

1. BBM kotor

Seseorang Sedang mengisi BBM

Tak semua BBM bersih dan berkualitas bagus

Memakai BBM kotor dalam waktu lama mengakibatkan penumpukan kerak di beberapa bagian seperti di dalam mesin dan saluran injektor. Ini membuat kinerja mesin semakin berat dan berujung pada konsumsi bahan bakar lebih besar. Solusinya, bersihkan mesin, saluran injektor dan bagian lain dari kerak lalu ganti BBM yang biasa dipakai dengan BBM yang lebih bersih atau yang beroktan lebih tinggi

“Jadi bahan bakar itu tidak semuanya bersih, jadi lama kelamaan pasti akan ada penumpukkan misalnya seperti kerak di dalam mesin, kemudian juga di saluran injektornya pasti dia akan lebih boros,” tutur Om Heron.

>>> Berapa Sebenarnya Cadangan Bahan Bakar Di Tangki BBM Pada Mobil?

2. Filter udara bertumpuk debu

Foto filter udara pada mesin mobil

Jangan biarkan debu menutupi saringan udara

Namanya juga filter udara tugasnya adalah menyaring udara dari debu dan kotoran agar tidak masuk ke ruang bakar mesin. Lambat laun debu yang tersaring pada filter ini bakal menumpuk dan berpotensi menghambat saluran udara. Solusinya, lakukan servis berkala agar filter udara dibersihkan oleh bengkel.

>>> Mungkin Anda tertarik, Banyak tulisan review mobil yang tertarik hanya ada di sini

3. BBM tidak sesuai kompresi mesin

Gambar Rasio kompresi BBM

Makin tinggi nilai oktan BBM makin bagus buat mesin mobil

Maksud hati ingin berhemat dengan memilih BBM paling murah, justru hal ini bakal jadi masalah di kemudian hari. Produsen biasanya sudah merekomendasikan kepada konsumen memilih BBM yang sesuai kompresi mesin. Pemilihan BBM yang lebih rendah selain bikin mobil boros BBM juga bisa menimbulkan masalah baru seperti mesin ngelitik. So, pilih BBM yang sesuai kompresi mesin.

>>> Pemeriksaan Tekanan Kompresi Untuk Memeriksa Komponen Mekanikal Mesin

4. Salah setelan klep

Gambar seorang mekanik sedang melakukan pemeriksaan klep

Mungkin ada klep yang setelannya tidak pas, bawa ke bengkel untuk dibenahi

Ada kemungkinan mobil boros BBM disebabkan karena setelan klep yang kurang pas. Untuk mengetahui hal ini, pemilik perlu membawa mobilnya ke bengkel untuk didiagnosa serta dilakukan perbaikan kalau ada yang kurang pas. “Ketika mobil boros, bisa jadi juga permasalahan ada di setelan klep, jadi perlu dicek ulang setelannya dan disesuaikan kembali kerenggangannya,” kata Om Heron.

>>> Membeli mobil baru, cek daftar harga mobil terupdate dan terlengkap di Mobilmo.com

5. Ban gundul

Foto ban mobil dalam kondisi bagus

Ban bagus daya cengkeram bagus dan tak mudah spin

Mungkin Anda bertanya apa hubungannya ban gundul dengan pemakaian BBM. Om Heron menjelaskan ban yang sudah gundul memiliki daya cengkeram yang rendah. Efeknya ban mudah spin dan putaran mesin naik. Ini yang menyebabkan pemakaian BBM lebih boros saat ban mobil masih bagus dengan kembangan yang sempurna. Solusinya tak ada yang lain kecuali ganti dengan ban yang lebih bagus atau dengan ban baru.

Kesimpulan, penting bagi pemilik mobil untuk mengambil tindakan solutif manakala mobil kesayangannya dideteksi boros BBM. Kalau tak bisa melakukannya sendiri, serahkan pada yang ahli seperti bengkel resmi atau bengkel lain yang bisa dipercaya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Berita sama topik

  • 10/10/2019 | Abdul

    Beresiko Putus, Begini Cara Merawat Fan Belt Agar Lebih Awet

    Mobil terdiri dari beberapa komponen yang sangat penting pada kendaraan. Salah satunya adalah fan belt yang mempunyai fungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju ke komponen pendukung lain seperti misalnya adalah kompresor AC mobil. Agar dapat bekerja dengan baik maka perlu dilakukan perawatan. Lantas bagaimana cara merawat fan belt pada mobil.

  • 08/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Masih Banyak Beredar, Begini Cara Mengenali Pelek Palsu Atau Asli

    Mengganti pelek merupakan cara termudah untuk mempercantik tampilan mobil. Para penjual pelek pun bisa ditemui dengan mudah, lengkap dengan berbagai model serta jenis peleknya. Namun hati-hati, masih ada pelek palsu beredar di pasaran. Berikut cara mengenali pelek palsu atau asli.

  • 07/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Ada 5 Kebiasaan Buruk Membuat Kopling Cepat Rusak

    Harga yang lebih murah, dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit menjadi beberapa alasan mobil manual tetap digemari. Bagi Anda pengemudi yang masih menggunakan mobil manual, keberadaan kopling tentu saja sangat penting. Ada 5 kebiasaan buruk yang kerap membuat kopling cepat rusak. Tentunya kelima kebiasaan ini harus ditinggalkan. Apa saja?