Mau Mobil Daihatsu Prima Digunakan Sehabis Mudik? Cek Lima Komponen Ini!

19/06/2019 | HAFIZH FAUZAN

Momen mudik lebaran 2019 bisa dikatakan menjadi salah satu momen ‘stress’ bagi sebuah mobil. Maklum saja, jika kebiasaan mobil hanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari di perkotaan, untuk momen mudik lebaran harus melewati perjalanan jarak jauh dengan potensi bertemu kemacetan sangat tinggi. 

Pelayanan Service oleh teknisi Daihatsu

Teknisi Daihatsu siap melakukan pengecekan hingga perbaikan kendaraan Daihatsu sehabis mudik libur lebaran

Untuk itulah, seusai momen Idul Fitri 1440 H dan libur panjang lebaran, sangat direkomendasikan untuk melakukan pengecekan kondisi mobil agar bisa terus dikemudikan secara optimal. “Pelanggan dapat menjaga kendaraan Daihatsu agar tetap dalam kondisi prima setelah digunakan dalam perjalanan panjang. Sahabat dapat mempercayakan kendaraan Sahabat ke bengkel resmi Daihatsu terdekat agar pengecekan kendaraan lebih maksimal karena ditangani oleh mekanik handal Daihatsu,”, ujar Bambang Supriyadi, Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Sebagai rekomendasi untuk menjaga kondisi mobil kembali prima sehabis penggunaan mudik lebaran, Daihatsu memberikan lima rekomendasi area komponen yang patut diperiksa di dalam mobil. Cara ini bisa dilakukan secara mandiri atau menggunakan layanan teknisi di bengkel resmi Daihatsu terdekat. Dan berikut tipsnya:

1. Rem

kampas rem perlu diganti

Kampas rem jadi komponen yang perlu dicek sehabis perjalanan mudik lebaran 2019

Komponen rem banyak bekerja secara maksimal selama momen perjalanan jauh, khususnya mudik lebaran 2019. Hal ini disebabkan perjalanan panjang yang macet, mengakibatkan beban pada area pengereman juga ikut lebih besar. Untuk itu, direkomendasikan untuk mengecek kampas rem apakah masih kondisi baik dan memiliki ketebalan yang belum melewati batas maksimal. Jangan luap untuk isi minyak rem apabila sudah berkurang dari takaran yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan.

>>> Bisa Dicoba, Begini Tips Mencegah Rem Mobil Bermasalah Untuk Keamanan

2. Kaki-kaki

bagian suspensi Mobil

Komponen kaki-kaki berperan dalam menjaga kestabilan mobil saat melewati jalanan bervariasi

Untuk urusan kaki-kaki, juga tak kalah penting di-cek kondisinya. Berdasarkan rekomendasi Daihatsu, Shock Absorber dan Lower Arm termasuk dari sebagian komponen kaki-kaki yang bekerja ekstra dalam menopang bodi kendaraan saat melewati jalanan bervariasi. Ban juga tak kalah penting untuk diperhatikan, baik kondisi alur dan tapak ban, serta terkanan angin juga harus sesuai rekomendasi pabrikan agar tidak mengalami kerusakan seusai perjalanan mudik lebaran 2019.

>>> Ini Penyebab Kaki-Kaki Isuzu Panther Sering Rusak

3. Filter Bahan Bakar

Foto saringan bahan bakar pada mobil

Filter bahan bakar penting untuk dijaga kondisinya

Apabila momen perjalanan mudik lebaran 2019 Anda diharuskan melewati jalanan pedesaan yang tidak memiliki SPBU dengan oktan bahan bakar di bawah rekomendasi pabrikan, ada baiknya sempatkan waktu untuk mengecek atau mengganti filter bahan bakar. Hal ini diperlukan untuk meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

4. Oli

Foto seseorang sedang mengisi oli

Pergantian oli mobil diperlukan sehabis perjalanan mudik jarak jauh

Sembari melakukan pergantian filter bahan bakar, jangan lupa untuk juga mengganti komponen cairan oli. Pasalnya, kendaraan yang digunakan untuk perjalanan jarak jauh dengan waktu lebih lama dari biasanya, seringkali mengakibatkan suhu mesin tinggi dan beresiko membuat volume oli berkurang beserta kekentalan lebih dari biasanya. Untuk itu direkomendasikan untuk ganti oli baru, serta jangan lupa cek ada rembesan oli atau tidak.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

5. Interior dan Filter AC

Foto seseorang sedang vacuum jok mobil

Cara vacuum bisa menjadi solusi menjaga kebersihan interior dari kotoran debu dan bekas makanan

Sangat penting untuk menjaga kebersihan interior sehabis perjalanan mudik lebaran. Caranya dengan membuang kotoran makanan dan minuman, hilangkan aroma bau tak sedap di kabin, serta lakukan pembersihan menyeluruh mulai dari kabin sampai bagasi. Saringan udara AC juga perlu dibersihkan karena bisa dipastikan kondisinya sudah kotor setelah perjalanan mudik jarak jauh.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Berita sama topik

  • 10/10/2019 | Abdul

    Beresiko Putus, Begini Cara Merawat Fan Belt Agar Lebih Awet

    Mobil terdiri dari beberapa komponen yang sangat penting pada kendaraan. Salah satunya adalah fan belt yang mempunyai fungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju ke komponen pendukung lain seperti misalnya adalah kompresor AC mobil. Agar dapat bekerja dengan baik maka perlu dilakukan perawatan. Lantas bagaimana cara merawat fan belt pada mobil.

  • 08/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Masih Banyak Beredar, Begini Cara Mengenali Pelek Palsu Atau Asli

    Mengganti pelek merupakan cara termudah untuk mempercantik tampilan mobil. Para penjual pelek pun bisa ditemui dengan mudah, lengkap dengan berbagai model serta jenis peleknya. Namun hati-hati, masih ada pelek palsu beredar di pasaran. Berikut cara mengenali pelek palsu atau asli.

  • 07/10/2019 | Mahmudi Restyanto

    Ada 5 Kebiasaan Buruk Membuat Kopling Cepat Rusak

    Harga yang lebih murah, dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit menjadi beberapa alasan mobil manual tetap digemari. Bagi Anda pengemudi yang masih menggunakan mobil manual, keberadaan kopling tentu saja sangat penting. Ada 5 kebiasaan buruk yang kerap membuat kopling cepat rusak. Tentunya kelima kebiasaan ini harus ditinggalkan. Apa saja?