Pentingnya Mendeteksi Kaki-kaki Mobil Sejak Dini Sebelum Menjadi Besar

26/11/2018 Abdul Perawatan mobil

Memiliki mobil dengan kondisi prima merupakan harapan setiap pemilik. Dengan begitu saat menempuh perjalanan baik dekat atau jauh akan terasa lebih tenang dan nyaman. Namun kadang masalah sering terjadi seperti kaki-kaki mobil dan lainnya. Bisa jadi hal tersebut karena kurangnya perawatan dan juga faktor jalanan yang kerap dilalui. Untuk menghindari masalah tersebut, mendeteksi kaki-kaki mobil sejak dini sangat diperlukan.

Pada saat bagian kaki-kaki mengalami masalah, bisa beresiko merembet ke bagian lain di sekitarnya dengan tugas yang sama. Apabila terlanjur parah maka uang yang perlu dikeluarkan untuk perbaikan sangatlah mahal. Jadi dengan mendeteksi kaki-kaki mobil sejak dini sangatlah diperlukan supaya tidak terjadi masalah yang lebih besar.

Gambar ini menunjukkan bagian bawah pada mobil dengan beberapa komponen yang terlihat

Kaki-kaki mobil merupakan salah satu bagian pada mobil yang perlu diperhatikan

Dalam beberapa kasus, masalah yang sering terjadi adalah terlalu membawa beban berat bahkan berlebihan ataupun sering melintasi jalanan yang rusak. Apalagi di musim hujan, yang mana saat ada lubang di jalan dan terisi air maka tidak akan dapat diketahui kedalamannya. Jika tidak sengaja menerjangnya dan ternyata lubangnya terlalu dalam maka bisa membentur salah satu komponen pada kaki-kaki kendaraan.

Dalam mendeteksi kaki-kaki mobil sejak dini, umumnya masalah yang sering terjadi pada bagian ban, bearing, stabilizer, bushing arm, shockbreaker dan juga tie rod & ball joint. Apabila diketahui terdapat bagian yang bermasalah dapat segera ditangani dan tidak merembet pada bagian komponen lain.

>>> Simak Cara Kerja Variable Intake Manifold dalam mengoptimalkan Tenaga dan Torsi

Adapun hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mendengarkan suara pada saat mobil dalam kondisi bergerak. Jika ada suara yang terbilang ganjil seperti gemuruh maka bisa jadi sebuah isyarat yang perlu diperhatikan.

Gambar ini menunjukkan ball joint pada mobil dan terlihay sambungan besi dengan warna krome

Ball joint berfungsi untuk menopang knuckle arm ketika mobil sedang melewati belokan

Selanjutnya adalah pada bagian tie rod dan juga ball joint. Yang mana untuk fungsinya adalah untuk menopang knuckle arm saat ban berbelok. Umumnya bahan material yang dimiliki adalah logam. Untuk mengeceknya bisa dilakukan dengan mendongkrak roda depan, setelah itu dilanjutkan dengan  menahan setir atau kemudi mobil supaya tidak berputar. Apabila saat roda digerakkan menggunakan tangan terasa oblak maka komponen tersebut telah aus dan perlu segera dilakukan penggantian.

Dalam mendeteksi kerusakan pada bushing arm dapat dilakukan dengan mengendarai mobil di jalan yang lurus. Setelah itu lakukan dengan pelan untuk dapat merasakan apa yang terjadi. Jika mobil lebih dominan ke satu arah seperti bagian kiri atau kanan maka bisa dipastikan bahwa komponen ini mengalami masalah. Bushing arm sendiri merupakan selongsong besi yang disokong oleh karet. Untuk fungsinya adalah sebagai peredam antar komponen pada bagian suspensi mobil.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil lainnya

Gambar ini menunjukkan bushing stabilizer dan beberapa komponen seperti baut dan lainnya

Bushing stabilizer berfungsi untuk menyeimbangkan suspensi bagian kanan dan kiri

Sementara untuk bushing stabilizer mempunyai fungsi untuk menyeimbangkan antara suspensi bagian kiri dan kanan. Apabila bagian ini mengalami masalah maka akan menimbulkan suara ketika dilakukan pengereman. Untuk langkah dalam mendeteksinya sama dengan langkah cek bushing arm, hanya saja jika terjadi kerusakan pada bagian ini akan memberikan beban lebih dan membuat kemudi menjadi lebih berat.

>>> Lihat juga, Tanda Peringatan Kerusakan Katalitik Konverter Knalpot Mobil

Dalam mendeteksi kaki-kaki mobil sejak dini selanjutnya adalah pada bagian bearing. Komponen ini dijadikan sebagai bantalan roda dengan fungsi untuk menyeimbangkan roda serta menjaga kestabilan mobil saat melaju. Bila muncul suara yang tidak biasa dan terasa ganjil pada area roda, maka bisa jadi masalah ada pada bearingnya. Bisa juga dengan melihat putarannya, apabila terasa seret atau berputar bergoyang maka hal tersebut menjadi tanda kerusakan pada bearing.

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan memegang ban mobil dan terlihat juga velg dengan warna silver

Pengecekan ban dapat dilakukan dengan melihat ketebalan dan menjaga tekanan angin tetap ideal

Adapun yang terakhir dalam mendeteksi kaki-kaki mobil sejak dini adalah bagian ban. Yang mana komponen ini berhubungan langsung dengan permukaan jalan. Untuk mendeteksinya paling mudah, yakni dengan melihat permukaan ban apakah sudah menipis atau kembangannya masih tebal. Selain itu jangan lupa menjaga tekanan angin tetap ideal supaya tetap awet dan dapat bertahan lama.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Dengan Alasan Apapun, Modifikasi Tak Resmi 'Pantangan' Bagi Pabrikan
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Dengan Alasan Apapun, Modifikasi Tak Resmi 'Pantangan' Bagi Pabrikan

    15/06/2019

    Terdorong keinginan untuk tampil beda dengan yang lain, modifikasi dipilih sebagai cara alternatif. Sayangnya meski seribu satu alasan dikemukakan, memodifikasi mobil tidak resmi sangat tidak direkomendasikan dan jadi pantangan bagi pabrikan.

  • Jangan Sampai Keliru Dengan Istilah Asuransi Mobil All Risk

    Jangan Sampai Keliru Dengan Istilah Asuransi Mobil All Risk

    13/06/2019

    Mempunyai sebuah mobil merupakan salah satu kebanggaan tersendiri bagi kebanyakan orang. Hal tersebut bukan tanpa alasan, akan tetapi karena kenyamanan yang ditawarkan dan dapat digunakan untuk mendukung s egala aktivitas keseharian. Tidak hanya itu saja, mempunyai mobil juga bisa digunakan untuk pergi liburan ke tempat yang diinginkan. Dalam membeli mobil biasanya akan ada yang namanya asuransi mobil All Risk.

  • Mengetahui Pilar A,B,C,D Pada Mobil Dan Fungsinya

    Mengetahui Pilar A,B,C,D Pada Mobil Dan Fungsinya

    12/06/2019

    Mobil memiliki beberapa komponen yang saling terhubung sehingga bisa membentuk menjadi sebuah kendaraan yang nyaman. Mungkin yang banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya adalah bodi, interior dan juga mesin. Jarang sekali yang mengetahui akan adanya pilar A,B,C,D pada mobil.