Perbedaan Toyota Yaris Heykers dengan Toyota Yaris Biasa | Mobilmo.Com
Thursday , January 19 2017
Home / Berita / Toyota / Perbedaan Toyota Yaris Heykers dengan Toyota Yaris Biasa

Perbedaan Toyota Yaris Heykers dengan Toyota Yaris Biasa

Mobil yang cocok untuk anak muda – Untuk menjaga kesuksesan di segmen mobil hatchback medium, PT Toyota Astra Motor merilis produk baru Yaris Heykers. Dengan mengusung nama New Heykers hadir menyapa konsumen sebagai pendamping setia Toyota All New Yaris. Lantas pertanyaannya, samakan antara Yaris Heykers dengan New Yaris? …

Untuk mengetahui selengkapnya, berikut ini adalah perbedaan Toyota Yaris Heykers dengan All New Yaris atau perbedaan Yaris Heykers dengan Yaris biasa.

Perbedaan pertama bisa ditemukan pada sisi penampilannya. Tentunya hal ini sudah maklum, produk baru yang bisa dikatakan sebagai pengembangan produk lama sudah seharusnya memiliki tampilan yang lebih nyentrik. Jika All New Yaris kegantengannya didukung dengan bumper spoiler, roof spoiler, side stripe, dan alloy wheel. Beda dengan Yaris Heykers yang dibekali dengan overfender roofrail, side skirt, rear spoiler, dan juga rear bumper.

yaris-heykers-indonesia

Perbedaan yang kedua terlihat pada ground clearance. Dibagian ini, ground clearance Yaris Heykers dibuat lebih tinggi 35 mm, yakni184 mm jika dibanding dengan ground clearance All New Yaris yang hanya 149 mm.

Dijelaskan bahwa peningkatan ground clearance pada Yaris Heykers ini berkat penerapan ban berprofil 195/55 R16 sehingga ketinggian bertambah 15 mm serta suspensi TRD Sportivo yang juga menambah ketinggian 20 mm.

Sutrimono selaku Deputy Division Head Product Planning & Development mengklaim bahwa ground clearance yang lebih tinggi pada Yaris Heykers tersebut tidak akan mengganggu stabilitas dalam berkendara. Ia menjelaskan, Toyota mampu memformulasikan agar stabilitas Heykers sama dengan Yaris standar.

Kami bekerjasama dengan TRD Indonesia mengembangkan suspensi khusus. Selain itu kami juga memilih karakter ban yang sesuai dengan mobil,” imbuh dia.

Pengujian Toyota Yaris Heykers

Lebih lanjut, Yaris Heykers 2016 juga sudah memenuhi sejumlah standar ketika melakukan uji coba di Toyota Jepang. Sutrimono mengemukakan, setidaknya ada dua tes penting yang dilakukan di sana.

Pertama, tes suspensi dengan cara mensimulasikan Yaris Heukers dalam kondisi emergency escape. “(Di sini) kendaraan dituntut untuk bermanuver dan di sinilah kami mendapat level yang cukup soal stabilitas,” papar dia.

Sedangkan tes yang kedua adalah tes performa. “Selain itu kami juga ada tes performa. Ini dilakukan untuk mendapatkan level riding comfort.”

toyota-all-new-yaris-2016

Secara performa dan stabilitasnya, Sutrimono mengklaim baik untuk Toyota Yaris Heykers maupun Toyota All New Yaris 2016 tidak ada bedanya. Meskipun pada dasarnya, All New Yaris Heykers memang dirancang untuk mempunyai kemampuan jelajah di medan jalan yang lebih bervariasi ketimbang Toyota Yaris standar.

Sementara untuk mesin antara All New Yaris dengan Yaris Heykers sama-sama mengusung mesin dengan kode 2NR-FE dengan kapasitas 1.496 cc serta berteknologi dual VVT-i. tenaga dari mesin tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual lima percepatan atau CVT Squential 7 percepatan.

“Mesinnya sama dengan Toyota Sienta, tapi dari sisi power ada sedikit penyesuaian lebih rendah,” ucap dia.