Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman

07/05/2018 | Mobilmo.com

Mudik merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan oleh sebagian orang untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga. Pada umumnya dilakukan oleh keluarga yang tinggal jauh dengan orang tua saat libur panjang atau ketika lebaran tiba. Perjalanan tersebut dilakukan dengan berbagai cara, ada yang menggunakan motor, kendaraan pribadi dan juga mudik dengan kendaraan umum.

Tidak dipungkiri lagi, setiap tahunnya mudik dengan kendaraan umum mengalami peningkatan. Hal tersebut dikarenakan beberapa alasan tersendiri seperti capek saat mengendarai kendaraan pribadi atau alasan lainnya. dengan menggunakan kendaraan umum bisa duduk manis dan menunggu sampai tujuan.

Sebagai perhatian, bahwasanya jika pemudik menggunakan kendaraan umum pasti akan bertemu dengan banyak orang yang tidak dikenal. Oleh sebab itu perlu kewaspadaan lebih dan berhati-hati terhadap orang di sekitar. Anda harus dapat menjaga diri dan juga barang bawaan, apalagi barang berharga seperti kalung emas, handphone dan lain sebagainya.

Berikut ini merupakan beberapa informasi yang bisa dilakukan supaya mudik dengan kendaraan umum tetap aman dan nyaman.

  1. Merencanakan perjalanan dengan matang

Untuk merencanakan segala sesuatunya memang dibutuhkan, tujuannya agar dapat terencana dengan baik. Seperti halnya tiket kendaraan seperti bus atau kereta api harus dipesan jauh-jauh hari. tujuannya adalah agar mendapatkan tempat duduk yang nyaman.

Persiapan yang matang menghasilkan perjalanan menjadi lebih menyenangkan

Selain itu perencenaan juga sangat berpengaruh dengan barang bawaan. Pada saat sudah sampai tujuan, kira-kira ada berapa tujuan atau keluarga yang akan dihampiri. Dengan begitu dapat memperkirakan waktu dan juga baju yang nantinya akan dipakai. Ditambah lagi masalah oleh-oleh yang akan dibawa, dengan begitu bisa meminimalisir terjadinya barang berlebih untuk dibawa ke kampung halaman.

Apabila membawa barang menggunakan kardus atau benda lain, sebaiknya memberi nama dengan spidol supaya tidak tertukar ataupun tertinggal.

>>> Baca juga, Waspada, Berikut Ini Tips Perjalanan Mudik Untuk Pemula

  1. Membawa uang secukupnya

Di jaman sekarang semua sudah serba modern. Seperti dalam membawa uang tidak perlu pakai koper atau tas. Jadi cukup dengan ATM mau membawa uang sebanyak apapun akan tidak terlihat. Oleh sebab itu saat mudik dengan kendaraan umum bawakah uang secukupnya. Jangan lupa pula untuk membawa uang kecil atau receh untuk keadaan darurat seperti ingin ke toilet. Kadang juga saat berada di terminal berniat membeli cemilan untuk menunggu jam keberangkatan.

Memebawa uang berlebihan dapat menarik perhatian pencopet

Dengan kondisi seperti itu, membawa uang secukupnya sangat penting, akan tetapi jangan terlalu banyak karena bisa menarik perhatian orang yang berniat tidak baik. Untuk menghindari sesuatu yang buruk, dalam menyimpan uang jangan sampai pada satu tempat. Tempatkanlah secara tersebar seperti di beberapa kantong celana dan tas milik Anda.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

  1. Berpenampilan sederhana

Tips mudik dengan kendaraan umum selanjutnya adalah jangan berpenampilan mencolok. Seperti memakai perhiasan yang tidak wajar dan menggunakan pakaian serba baru dan mahal. Alangkah baiknya tidak usah memakai perhiasan apapun, jika ingin membawanya sebaiknya dimasukkan ke dalam tas. Selain itu pakaian yang digunakan cukup sederhana seperti orang kampung pada umumnya. Dengan begitu tidak akan menarik perhatian orang yang akan berbuat jahat.

Penampilan yang sederhana akan lebih aman dibanding berpakaian serba mewah

  1. Menjaga diri dan keluarga

Apabila melakukan perjalanan mudik harus waspada dan selalu berhati-hati. Jika bertemu orang yang baru dikenal sebaiknya tetap waspada. Bersikaplah biasa dan tetap memperhatikan gerak-gerik orang tersebut. Jika terlihat mencurigakan segera pindah ke tempat lain yang dirasa lebih aman.

Jaga diri anda dan keluarga supaya selamat sampai tujuan

Modus yang sering terjadi adalah hipnotis, untuk caranya dengan menyentuh target atau memberikan makanan dan minuman. Selain itu ada juga yang menghembuskan asap rokok dan korban akan tidak ingat apa-apa. Solusinya adalah jangan ngelamun dan selalu ingat pada yang kuasa. jangan terlalu percaya pada orang lain dan jangan menerima makanan atau minuman dari orang yang tidak dikenal.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik lainnya

  1. Menghindari tempat yang sepi

Carilah tempat istirahat yang terdapat banyak orang

Tips terakhir dalam mudik dengan kendaraan umum adalah jangan beristirahat di tempat yang sepi. Saat beristirahat di terminal ataupun stasiun sebaiknya mencari tempat yang aman dan ramai. Kalau bisa carilah tempat duduk orang yang berkeluarga dengan membawa anak mereka. Dengan begitu akan dirasa lebih aman dan bisa berbincang supaya akrab. Selain itu jangan lupa untuk menaruh bawaan Anda yang terlihat dan dekat dengan Anda, supaya saat ada orang lain ingin mengambilnya tidak ada celah.