Waspada, Berikut Ini Tips Perjalanan Mudik Untuk Pemula | Mobilmo.Com
Home / Tips Trik / Pengemudian mobil / Waspada, Berikut Ini Tips Perjalanan Mudik Untuk Pemula

Waspada, Berikut Ini Tips Perjalanan Mudik Untuk Pemula

Bagi pemudik yang sudah terbiasa melakukannya pasti akan lebih mudah dalam mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Akan tetapi bagi pemudik pemula yang baru saja pergi merantau dan pertama pulang ke kampung halaman, pasti akan canggung dan kebingungan melakukan persiapan. Perjalanan mudik untuk pemula bisa menggunakan Mobil pribadi, angkutan umum, kapal dan lainnya.

Gambar ini menunjukkan sebuah ilustrasi gambar banyak orang sedang naik mobil
Perjalanan mudik harus dilakukan persiapan dengan matang

Untuk pemudik pemula memang kadang merasa bingung atau takut ketinggalan angkutan saat menggunakan bus atau kereta api. Bahkan saat menggunakan Mobil pribadi juga merasa khawatir akan masalah di jalan dan juga kendala lainnya. Berikut ini merupakan tips perjalanan mudik untuk pemula supaya tidak ada kekhawatiran di jalan.

>>> Baca juga, Beberapa Persiapan Mobil Untuk Mudik Lebaran Yang Perlu Diperhatikan

  1. Apabila melakukan perjalanan menggunakan kapal ataupun kereta api, sebaiknya jangan turun bila belum sampai tujuan. Hal ini sangat berbahaya karena bisa saja tersasar dan tidak tahu arah mau kemana. Bahkan di tempat pemberhentian juga sering terdapat orang yang ingin berbuat jahat sehingga perlu ekstra waspada dengan menunggu saja di dalam kereta atau kendaraan umum yang Anda naiki.
  2. Bagi Anda yang mudik menggunakan bus jangan sampai keliru tujuannya. Pilih dengan benar bus jurusan mana yang akan Anda naiki. Selain itu pilih juga bus dengan kondisi yang baik, karena terdapat pula bus yang sudah tidak layak jalan namun tetap dioperasikan.
  3. Perjalanan mudik untuk pemula selanjutnya, jika menggunakan Mobil pribadi jangan sampai lupa mengecek isi bensin. jangan sampai di tengah perjalanan sampai kehabisan bensin sehingga harus mendorongnya. Iya kalau ada SPBU terdekat, tapi jika tidak akan sangat merepotkan bukan.
  4. Saat perjalanan mudik bagi pemula jangan sampai lupa membawa surat kendaraan dan surat penting lainnya. Surat tersebut meliputi KTP, SIM dan STNK yang tergolong penting dan sangat dibutuhkan di perjalanan. Dengan membawanya maka Anda tidak perlu khawatir jika berrtemu razia yang dilakukan oleh polisi karena telah lengkap suratnya.
  5. Tips selanjutnya yang dilakukan jika mudik untuk pemula adalah selalu waspada. Apalagi ketika di kendaraan umum yang ramai akan penumpang. Berhati-hatilah jika Anda mendapatkan tawaran minuman atau makanan dari orang yang tidak dikenal. Karena bisa saja mereka adalah pedagang asongan yang caranya memberi terlebih dahulu baru dimintai uang.
  6. Selalu berwaspada di perjalanan, jangan terkecoh dengan orang lain yang di pinggir jalan. Apalagi saat malam hari, jika ada orang di pinggir jalan meminta bantuan atau sebagainya dalam keadaan jalanan sepi sebaiknya tinggalkan saja. Hal tersebut bisa saja modus baru kejahatan untuk mengambil barang berharga milik pemudik.
  7. Jangan membawa barang yang tidak perlu seperti kulkas, meja makan, kursi dan lain sebagainya. Bawalah barang seperlunya saja supaya tidak terlalu berat dan membebani perjalanan Anda.
Gambar ini menunjukkan seseorang membawa koper akn dimasukkan ke bagasi belakang mobil
Saat ingin mudik bawalah barang seperlunya saja

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik lainnya

Perjalanan mudik untuk pemula memang harus mendapatkan pengarahan terlebih dahulu. Untuk langkah amannya, bisa melakukan perjalanan dengan teman atau keluarga yang telah paham betul soal perjalanan mudik. Dengan begitu kekhawatiran masalah di jalan akan hilang dan rasa nyaman didapatkan.

Perjalanan mudik yang paling nyaman adalah dengan Mobil pribadi, entah itu menyewa Mobil atau Mobil milik sendiri. Hal tersebut dikarenakan tidak dikejar waktu seperti naik bus umum atau kereta api. Selain itu juga tidak perlu berdesak-desakan berebut kursi yang sangat tidak menyenangkan.

Demikianlah informasi tentang tips perjalanan mudik untuk pemula. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

 Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com