Lakukan Hal Ini Jika Rem Mobil Blong Ketika Berkendara

28/01/2018 | Mobilmo.com

Rem Mobil blong merupakan salah satu masalah yang serius pada kendaraan. Tentunya hal tersebut sangat membahayakan, baik bagi pengendara itu sendiri dan juga pengendara lain yang bebarengan atau berpapasan. Biasanya rem blong terjadi saat melintasi jalanan yang menurun panjang atau terlalu tajam. Oleh sebab itu perlu kewaspadaan yang lebih serta berhati-hati ketika berkendara. Jadi untuk menghindari masalah tersebut tentunya harus dilakukan perawatan pada bagian pengereman secara berkala. Tentunya setiap pengendara tidak mau mengalami hal tersebut.

mengemudi juga sangat dibutuhkan untuk menghindari banyaknya korban akibat masalah tersebut. Bukan berarti jika mengalaminya harus pasrah tanpa melakukan apa-apa, Anda harus mengingat apa yang harus dilakukan ketika mengalami rem Mobil blong. Dengan melihat kondisi tersebut tentunya yang belum tahu menahu akan bertanya, apa yang harus dilakukan ketika rem Mobil blong. Nah bagi Anda yang tidak tahu bisa menyimak informasinya di bawah ini. Adapun langkah pertama yang harus dilakukan ketika rem Mobil blong adalah dengan engine brake. Jadi manfaatkan engine brake tersebut guna mengurangi kecepatan Mobil secara perlahan. Namun perlu diingat, jangan sampai melakukannya secara mendadak karena Mobil bisa terpanting dan oleng. Apabila kecepatan Mobil telah berkurang segeralah menepi kemudian secara perlahan berhentikan Mobil Anda. Jika di jalanan yang Anda lewati terdapat area darurat maka lebih baik menghentikan Mobil Anda pada area tersebut. Karena biasanya terdapat area darurat di jalanan yang memiliki turunan yang tajam.

rem tangan. Lakukanlah secara perlahan dengan ketenangan saat mengendarai Mobil. Dengan mengurangi kecepatan Mobil dan lakukan tahapan seperti langkah di atas yang menggunakan engine brake. Namun untuk penggunaan rem tangan juga jangan sampai dilakukan secara mendadak, karena bisa membahayakan pengendara lain yang berada di belakang Mobil Anda. Jika dilihat dari kondisi Mobil memang 2 cara tersebut yang bisa dilakukan ketika rem Mobil blong. Yang perlu menjadi perhatian selanjutnya saat melakukan 2 cara di atas adalah keadaan lalu lintas di sekitar Anda. Apakah ramai atau sepi, gunakanlah tanda dengan membunyikan klakson secara terus menerus atau sambil berteriak supaya pengendara lain menghindar dan menjauh dengan Mobil Anda. Selain itu pengendara di depan juga akan memberi jalan Anda untuk melakukan pengereman dan melakukan penepian.

kampas rem sudah menipis biasanya akan terasa kasar ketika dilakukan pengereman. Hal tersebut terjadi karena piringan rem bergesekan secara langsung dengan kaliper. Apabila piringan sudah tidak rata maka saat dilakukan pengereman akan bergetar. Yang kedua adalah saluran minyak rem yang mengalami kebocoran. Biasanya hal ini terjadi pada Mobil yang memiliki selang yang sudah lama atau tua. Apabila selang minyak rem terlalu lama digunakan maka bisa saja terjadi kebocoran yang tidak terlihat atau terjadi keretakan. Untuk pengecekannya harus dilakukan secara teliti. Selang saluran minyak rem yang umurnya sudah tua akan menjadi getas dan harus dilakukan pergantian agar tetap aman dan rem berfungsi dengan baik.