Review Ford Escape 2009, Spesifikasi Dan Harga Lengkap

06/01/2018 | Mobilmo.com

Ford memperkenalkan mobil bertipe SUV bernama Ford Escape yang memulai penjualannya pada tahun 2002 silam. Mobil ini begitu terkenal tidak pernah mengeluarkan model terbaru kecuali facelift atau penambahan fitur di bagian eksterior dan interiornya. Apa saja yang ditambahkan pada mobil ini? Review Ford Escape 2009 bisa dilihat di bawah ini.

PENGANTAR

Mobil yang awalnya diperkenalkan pada tahun 2002 silam ini mengalami facelift pertama atau penambahan fitur pertama mulai di tahun 2006 dan facelift kedua di tahun 2009 sebelum Ford tidak memasarkan mobil ini lagi hingga tahun 2013. Walaupun sampai saat ini mobil Ford Escape dengan versi terbarunya masih dijual di luar Indonesia khususnya negara Eropa atau Amerika, untuk di Indonesia sendiri mobil ini tidak pernah didatangkan lagi, mengingat keseluruhan penjualan unit mobil dari perusahaan ini mencatat hasil yang kurang baik. Namun walaupun begitu, mobil ini pernah berjaya di Indonesia sebelum akhirnya benar-benar dihentikan produksinya. Review Ford Escape 2009 oleh mobilmo.com akan dijabarkan di bawah ini.

EKSTERIOR FORD ESCAPE 2009

Eksterior Ford Escape 2009 mengusung tampilan yang kekar dan berotot serta memiliki Ground Clearance yang cukup tinggi dipadukan dengan sasis monokok mengingat mobil ini merupakan mobil yang dibuat dengan desain SUV.

  • Desain bagian depan

Desain bagian depan mobil ini terlihat lebih maskulin karena memiliki bentuk grille berbentuk sarang lebah yang kembali mengikuti versi pre-facelift. Tidak lupa bonnet, bumper depan, dan lampu depan memiliki bentuk sangat jauh berbeda dibandingkan dengan facelift pertamanya, serta fog lamp mobil ini tetap mengikuti versi facelift pertama yang berbentuk bulat.

  • Desain bagian samping

Bagian samping mobil ini terlihat tangguh berkat Ground Clearance yang tinggi. Namun desain samping mobil ini tidak mengalami perubahan apapun kecuali velg, side skirt, dan spion yang mengalami perubahan.

  • Desain bagian belakang

Di bagian belakang mobil ini dilengkapi stop lamp yang memanjang hingga ke pintu bagasi belakang dan reflektor ditaruh di bagian bumper belakang yang terlihat sporty sehingga memberikan kesan mobil yang tangguh.

INTERIOR FORD ESCAPE 2009

Lanjut ke bagian interior Ford Escape 2009. Desain interior mobil ini mengusung konsep yang cukup sederhana namun tidak melupakan kenyamanan dalam ruang kabinnya. Luas kabin mobil ini juga cukup luas sehingga memberikan ruang kaki yang cukup lega bagi semua penumpang.

  • Dashboard dan setir

Bagian dashboard mobil ini material sederhana namun dilengkapi dengan lampu berwarna biru yang membuat mobil ini terlihat elegan. Tidak lupa mobil ini memiliki fitur-fitur canggih seperti fitur multimedia melalui CD player atau MP3 di bagian tengah dashboard yang akan menghibur anda di sepanjang perjalanan. Di bagian setir memiliki fitur Electric Power Steering dan Tild Adjustment Steering Wheel yang akan memudahkan pengemudi dalam mengendalikan setir dan mengatur posisi setir yang sesuai dengan keinginan pengendara.
  • Kursi

Kursi pada mobil ini menggunakan material kulit yang berkualitas tinggi dan akan memberikan kenyamanan yang lebih ketika diduduki.

  • Bagasi

Bagian bagasi belakang memiliki ruang yang cukup luas sehingga mampu menampung banyak barang. Terlebih jika kursi bagian belakang tidak dipakai dan dilipat maka ruang bagasi belakang menjadi jauh lebih luas.

FITUR FORD ESCAPE 2009

Fitur keselamatan pada mobil ini pastinya cukup lengkap mengingat mobil besutan Amerika selalu mengedepankan keamanan pada mobilnya. Karena minimnya informasi tentang fitur keselamatan pada mobil ini, namun fitur standar berupa Dual Airbags di sisi depan dan memakai sistem pengereman Anti-lock Braking (ABS) sudah pasti disematkan pada mobil ini. Fitur keamanan pada mobil ini berupa sensor parkir untuk memudahkan pengemudi ketika memarkirkan atau memundurkan mobil dan Immobilizer with Keyless Entry yang akan menjaga mobil tetap aman ketika tidak digunakan ketika kunci mobil berada jauh dari mobil.

OPERASI FORD ESCAPE 2009

Mesin Ford Escape 2009 menggunakan mesin 2.3 liter Duratec, 4 silinder segaris DOHC 16V with VICS, ETCS, dan VVT dengan kapasitas silinder sebesar 2.261 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 157 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm serta menghasilkan torsi maksimal sebesar 207 Nm pada putaran 4.500 rpm. Sistem transmisinya memiliki sistem transmisi 4 percepatan untuk versi otomatis, dan transmisi 5 percepatan untuk versi manual.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN FORD ESCAPE 2009

Kelebihan dan kekurangan mobil Ford Escape 2009 bisa dilihat di tabel berikut.
Kelebihan Kekurangan
Performa mobil sangat mumpuni Walaupun kabinnya luas, mobil ini hanya mampu menampung 5 orang
Ruang kabin mobil begitu luas Boros bahan bakar
Ground Clerance yang tinggi Desain interior terlihat biasa saja
Harganya terjangkau

SPESIFIKASI FORD ESCAPE 2009

Spesifikasi Ford Escape 2009 bisa dilihat di tabel berikut.

Mesin Ford Escape 2009

Jenis mesin Duratec In line 4 Cylinders DOHC 16V with VICS, ETCS, and VVT
Daya Maksimum (PS/rpm) 157 / 6.000
Torsi Maksimum (Nm/rpm) 207 / 4.500
Transmisi Versi Manual 5 Kecepatan
Transmisi Versi Matic 4 Kecepatan

Dimensi Ford Escape 2009

PxLxT 4.480 x 1.845 x 1.770 mm
Jarak Pijak depan/belakang 1.545 / 1.535 mm
Jarak Poros Roda 2.620 mm
Jarak Terendah 205 mm

Suspensi/ Kaki-kaki Ford Escape 2009

Suspensi Depan Independent MacPherson Strut
Suspensi Belakang Independent Double Lateral Link with Trailing Arm
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Disc
Ukuran Ban 215 / 70 R16

DAFTAR HARGA FORD ESCAPE 2009

Karena merupakan mobil lama dan tidak diproduksi lagi, maka harga mobil Ford Escape 2009 dalam kondisi bekas berkisar antara Rp 50.000.000 hingga Rp 100.000.000.

VIDEO FORD ESCAPE 2009

Sebagai penutup ulasan mobil ini silahkan melihat video Ford Escape 2009 di bawah ini.

KESIMPULAN FORD ESCAPE 2009

Walaupun mobil sudah tidak diproduksi, kemampuannya untuk menaklukan jalanan yang tangguh patut diacungi jempol walaupun tidak bisa digunakan untuk jalanan off-road. Walaupun desain interiornya terlihat biasa saja, namun semua itu terobati oleh desain eksteriornya yang mendapat fitur-fitur tambahan sehingga terlihat lebih menarik.

Review mobil serupa

  • 27/04/2019 | Abdul

    Review Ford Focus 2019: Mobil Hatchback Dengan Tampilan Menarik

    Ford Focus merupakan sebuah mobil Hatchback yang melegenda. Saat ini terdapat generasi terbaru yang dapat diandalkan untuk menemani aktivitas keseharian dengan lebih menyenangkan. Untuk kejelasannya, berikut review Ford Focus 2019.

  • 07/01/2019 | Arfian Alamsyah

    Review All New Ford Fiesta R2 2019

    Ini adalah mobil terbaik yang dibuat oleh M-Sport selaku divisi teknik yang biasa mengembangkan mobil reli dan balap turing. Berikut ini pendapat kami mengenai review All New Ford Fiesta R2 2019

  • 04/10/2018 | Metodius Getan Plue

    Review Ford Focus RS 2018

    Sejak lama hatchback sudah digandrungi oleh masyarakat dunia, dengan desain yang kompak dan kemudahannya, hatchback mampu menjadi magnet kuat setiap orang. Hampir semua pabrikan punya hatchback andalan, tidak terkecuali Ford. Pabrikan asal Amerika ini terbilang sukses dalam melahirkan beberapa model, SUV hingga yang populer adalah hatchback. Ford Focus namanya, mobil ini diproduksi sejak tahun 1998, maka tidak heran ketenarannya bukan hanya di Amerika saja, melainkan juga Asia.