Review Ford Fiesta 2012, Spesifikasi Dan Harga

11/01/2018 | Mobilmo.com

Ford Fiesta 2012 atau yang lebih dikenal dengan Ford Fiesta 1.6 S merupakan mobil hatchback generasi keenam dari produk Ford Fiesta secara keseluruhan dan mobil pertama Fiesta di Indonesia. Mobil generasi keenam ini diluncurkan di pasar Indonesia pada 2008 silam. Mobil ini menawarkan perubahan yang kentara baik dari luar maupun dalamnya yang tidak dimiliki oleh mobil generasi sebelumnya. Apa saja perubahan yang ditawarkan oleh mobil generasi keenam ini? Selengkapnya bisa dibaca review Ford Fiesta 2012 di bawah ini.

PENGANTAR FORD FIESTA 2012

Mobil hatchback besutan Ford ini begitu mendapat banyak respon positif dari pasar otomotif dunia dan apresiasi dari majalah otomotif dari luar negeri berkat desain eksterior dan interior yang telah dirancang sempurna. Karena mobil ini dirancang dengan desain yang memikat dan performanya yang begitu luar biasa, sudah pasti mobil ini begitu menarik bagi semua kalangan yang ingin memiliki mobil ini. Ulasan tentang Ford Fiesta 2012 oleh mobilmo.com bisa dibaca di bawah ini.

EKSTERIOR FORD FIESTA 2012

Eksterior Ford Fiesta 2012 mengalami perubahan eksterior yang sangat berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Berkat lengkungan pada sisi body-nya, tampilan keseluruhan mobil ini terasa lebih modern dan futuristik.

  • Desain bagian depan

Untuk bagian depan dibekali dengan lampu depan berbentuk runcing dengan warna mika hitam. Di bagian bumper depan terdapat grille besar yang memiliki desain unik dan fog lamp berbentuk bulat sehingga membuat bagian depan mobil ini terlihat elegan dan sporty.

  • Desain bagian samping

Bagian samping memiliki kesan yang lebih kompak, sporty, dan aerodinamis karena menggunakan velg berukuran 16 inci serta memiliki garis body dan lekukan yang tajam di sekitaran pintu mobil.

  • Desain bagian belakang

Di bagian belakang terlihat lebih modern dan sporty berkat roof spoiler pada pintu bagasi belakang dan stop lamp yang didesain unik dan beraksen merah. Tidak lupa ada reflektor di bagian bumper belakang semakin memberikan kesan yang sporty. >>> Baca juga:   Harga dan Spesifikasi Ford Fiesta 2015, hatchback cerdas cocok untuk anak muda

INTERIOR FORD FIESTA 2012

Lanjut ke bagian interior Ford Fiesta 2012, kita akan melihat desain baru dan berbeda dibandingkan dengan desain pada mobil generasi sebelumnya. Menggunakan konsep ‘Fun to Drive’, mobil ini menghadirkan desain interior yang nyaman serta fitur-fitur penunjang yang lebih modern sehingga membuat penumpangnya betah untuk berlama-lama di mobil ini.

  • Dashboard dan setir

Bagian dashboard mobil ini menggunakan aksen hitam dan silver yang memberikan kesan sporty pada kabin mobil ini. Adanya LCD kecil di bagian tengah dashboard berfungsi untuk menampilkan informasi tentang mobil ini. Tombol-tombol pengaturan di bagian tengah dashboard didesain secara unik dan ada fitur Voice Command yang memudahkan anda mengatur pilihan hanya dengan suara. Di bagian setir kini dilengkapi dengan Audio Control yang akan memudahkan anda mengatur audio tanpa harus melepas setir.

  • Kursi

Kursi pada mobil ini menggunakan material yang cukup baik sehingga memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpangnya.
  • Ruang bagasi

Untuk bagasi pada mobil ini tidaklah terlalu luas namun masih mampu untuk menampung beberapa barang. Adanya tray tambahan mampu menambah kemampuan untuk menampung beberapa barang.

FITUR FORD FIESTA 2012

Fitur keselamatan pada mobil ini sudah cukup lengkap diantaranya ada Dual Front SRS Airbags yang menjadi fitur standar pada mobil ini. Selain itu ada fitur Hill Launch Assist yang akan memudahkan pengemudi menaklukan jalanan yang menanjak. Sektor keamanannya juga ditingkatkan dengan berbagai fitur seperti Smart Keyless Entry yang membuat mobil tidak akan menyala ketika kunci remot tidak berada di dekat mobil. Rear Parking Sensor juga dipasang untuk memudahkan pengemudi memarkirkan atau memundurkan mobilnya. Tidak lupa sistem alarm dan Immobilizer dipasang untuk meningkatkan keamanan pada mobil ketika tidak digunakan.

OPERASI FORD FIESTA 2012

Mesin yang digunakan Ford Fiesta 2012 berupa mesin Duratec Ti-VCT 1.6 dengan 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 120 Ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 152 Nm pada putaran 4.050 rpm. Mobil ini menggunakan sistem transmisi 6 percepatan.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN FORD FIESTA 2012

Kelebihan dan kekurangan mobil Ford Fiesta 2012 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior yang futuristik Jok belakang terasa keras
Desain interior yang memanjakan penumpang Bantingan terlalu empuk
Performa mobil begitu mumpuni Boros bahan bakar

SPESIFIKASI FORD FIESTA 2012

Spesifikasi Ford Fiesta 2012 bisa dilihat di tabel berikut.

Dimensi Ford Fiesta 2012

Panjang x Lebar x Tinggi 4358 mm x 1823 mm x 3950 mm
Bobot 1106 kg
Kapasitas Tempat Duduk 5 Orang

Sasis Ford Fiesta 2012

Suspensi Belakang Torsion Beam
Suspensi Depan Front independent suspension
Sistem Rem Belakang Ventilated Disc Brake
Sistem Rem Depan Ventilated Disc Brake
Ukuran Ban Belakang 16” x 6” Alloy Wheels
Ukuran Ban Depan 16” x 6” Alloy Wheels

Mesin Ford Fiesta 2012

Jenis Mesin Duratec Ti-VCT 1.6 4 silinder
Isi Silinder 1.600 cc
Bahan Bakar Pertamax
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi 6-percepatan otomatis
Torsi Maksimum 152 Nm @ 4.050 RPM
Daya Maksimum 120 Ps @ 6.000 RPM

DAFTAR HARGA FORD FIESTA 2012

Karena merupakan mobil lama, maka harga mobil Ford Fiesta 2012 dalam kondisi bekas berkisar antara Rp 90.000.000,- hingga Rp 120.000.000,-.

VIDEO FORD FIESTA 2012

Untuk menutup ulasan ini saya sertakan video Ford Fiesta 2012 di bawah ini.

KESIMPULAN FORD FIESTA 2012

Mobil hatchback Ford Fiesta 2012 ini mendulang sukses sama seperti generasi sebelumnya. Mobil ini menawarkan fitur-fitur mumpuni yang tidak ada pada mobil lain dikelasnya. Tidak hanya desain luar dan dalam yang terlihat elegan dan modern, namun performa mesinnya juga memiliki kemampuan yang sangat mumpuni dikelasnya.